Panduan Memanfaatkan Ponsel Dalam Perjalanan

Panduan Memanfaatkan Ponsel Dalam Perjalanan

BIBLIOTIKA - Kalau Anda akan melakukan perjalanan dalam jarak jauh, semisal ke luar kota, maka tentunya ponsel juga perlu disiapkan karena siapa tahu ada orang yang akan menghubungi selama Anda masih ada di perjalanan.

Selain itu, ponsel juga dapat dimanfaatkan untuk memperlancar perjalanan Anda. Kalau ponsel Anda telah dilengkapi fasilitas GPS (Global Positioning System), maka Anda akan dapat memantau rute perjalanan yang akan Anda tempuh, sekaligus juga dapat menemukan rute-rute yang baru untuk menghindari jalan-jalan yang macet.

Tetapi, terlepas dari apakah ponsel yang Anda gunakan dilengkapi dengan GPS atau tidak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan Anda nantinya dapat lancar, selamat, aman serta nyaman, khususnya yang berhubungan dengan ponsel:

Sebelum berangkat, isilah baterai ponsel Anda sampai penuh. Jangan sampai baterai habis di tengah jalan hanya karena Anda lupa mengisinya saat masih di rumah. Kehabisan baterai di tengah jalan biasanya akan membuat Anda merasa ‘kehilangan’ karena itu berarti terputusnya kemungkinan komunikasi Anda dengan ‘dunia luar’. Akan lebih baik kalau Anda juga memiliki baterai cadangan, hingga apabila baterai kehabisan tenaga di tengah jalan, Anda tinggal menggantinya dengan baterai cadangan.

Jangan lupa membawa perangkat charger. Meskipun mungkin Anda telah memiliki dan mempersiapkan baterai cadangan, tetapi charger tetap saja diperlukan, khususnya kalau akan bepergian selama beberapa hari atau dalam waktu yang cukup lama. Dengan membawa charger, Anda akan tetap dapat mengisi energi baterai saat di penginapan, di hotel atau di tempat yang Anda tuju.

Siapkan phone-book di ponsel yang Anda bawa. Saran ini penting, khususnya bagi Anda yang memiliki ponsel lebih dari satu. Yakinlah bahwa nama-nama orang yang dekat dengan Anda telah terisikan semua di dalam phone-book ponsel yang Anda bawa. Jangan sampai terjadi masalah dimana Anda ingin menghubungi seseorang yang penting tapi ternyata nama orang itu belum dimasukkan di ponsel karena Anda hanya memasukkannya di ponsel Anda yang satunya, yang Anda tinggal di rumah.

Isilah pulsa ponsel dalam jumlah secukupnya. Tentunya akan membuat Anda tidak nyaman kalau sewaktu di perjalanan Anda ingin menghubungi seseorang dan kemudian mendapati pulsa di ponsel Anda sudah tidak cukup untuk digunakan menelepon.

Tidak perlu iseng mengirimkan kabar yang tak perlu. Mungkin saja Anda sedang menikmati suatu pemandangan indah selama di perjalanan dan kemudian berkeinginan untuk membagikan hal itu kepada orang lain melalui SMS atau dengan menelepon langsung. Hindari saja keinginan itu. Anda dapat langsung menceritakannya nanti kepada orang yang Anda tuju apabila sudah kembali ke rumah dari perjalanan.

Selain hal itu akan membuang-buang pulsa secara tidak perlu, orang yang Anda kabari juga belum tentu senang mendengarnya. Ingat, Andalah yang menikmati perjalanan dan pengalaman itu, bukan orang yang Anda kabari. Siapa yang tahu kalau ternyata orang yang Anda kabari itu ternyata sedang gusar karena masalah kerja, atau sedang bingung karena keluarganya masuk rumah sakit.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.