Panduan Memahami Handphone Anda

Panduan Memahami Handphone Anda

BIBLIOTIKA - Kalau handphone yang Anda gunakan termasuk model baru, atau setidaknya handphone yang memiliki harga di atas lima ratus ribuan sampai satu jutaan, maka bisa dikatakan Anda perlu lebih memahami handphone Anda, karena perangkat itu cukup rumit dibandingkan handphone-handphone keluaran lama atau yang berharga di bawahnya.

Handphone-handphone yang dianggap “cukup rumit” itu biasanya karena memiliki sistem operasi sendiri-sendiri, atau yang biasa disingkat OS. Nah, tidak setiap orang memahami apa itu OS yang ada di handphone, bahkan tidak jarang orang tidak tahu sama sekali OS apa yang ada di handphone miliknya. Karena ketidaktahuan ini, maka tidak jarang orang pun salah mendownload sesuatu, yang kemudian berakibat handphone menjadi hang atau bahkan sampai rusak dan tak dapat berfungsi.

Umpamakan Anda memiliki sebuah handphone yang telah dilengkapi dengan suatu OS atau sistem operasi. Kemudian, suatu hari Anda mendapati suatu software atau aplikasi tertentu, misalnya di internet, dan Anda kemudian tertarik ingin mendownload aplikasi itu. Nah, kalau kemudian aplikasi itu ternyata tidak sesuai dengan OS di handphone Anda, maka aplikasi itu bukan hanya tidak bisa dijalankan, tetapi handphone Anda juga akan bermasalah.

Atau bisa pula Anda masuk ke sebuah situs di internet dengan tujuan untuk mendownload suatu software atau aplikasi tertentu bagi handphone milik Anda. Saat akan mendownload, situs itu memberikan pilihan download yang disesuaikan dengan OS handphone yang dipakai. Nah, Anda bisa saja kebingungan untuk memilih jika Anda sebelumnya tidak tahu OS apa yang digunakan oleh handphone Anda.

Karenanya, agar Anda tidak menghadapi kenyataan sebagaimana di atas, dan agar Anda bisa lebih mengenali serta memahami handphone Anda, ada baiknya sekarang kalau Anda mulai mempelajari OS apa yang digunakan oleh handphone agar tidak salah dalam memperlakukannya.

Mengenal EDGE

Selain OS, hal lain yang juga sering terkait atau dikaitkan dengan handphone adalah EDGE. Apa itu EDGE?

Diluncurkan pertama kali pada kuartal pertama tahun 2004, EDGE (Enhanched Data Rates for GSM Evolution) bisa dikatakan menandai masuknya layanan seluler generasi ketiga atau 3G di Indonesia. EDGE merupakan salah satu standar data nirkabel yang diimplementasikan pada jaringan seluler GSM dan merupakan tahapan lanjutan dalam evolusi mobile multi media communication.

Menurut GSM World Association, secara teoritis EDGE dapat mencapai kecepatan hingga 478,8 kbps. Dengan EDGE, operator seluler dapat memberikan layanan komunikasi data dengan kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan GPRS yang hanya mampu melakukan pengiriman data dengan kecepatan sekitar 25 kbps. Kecepatan EDGE mencapai tiga sampai empat kali kecepatan akses jalur kabel telepon (biasanya sekitar 30 sampai 40 kbps) dan hampir dua kali lipat kecepatan CDMA 2000 1x yang hanya sekitar 70 sampai 80 kbps.

Layanan berbasis teknologi EDGE ini berkemampuan memberikan berbagai aplikasi layanan 3G seperti audio streaming berkualitas tinggi, video streaming, online gaming, download berkecepatan tinggi, koneksi jaringan berkecepatan tinggi, push to talk dan lain-lain.

Semenjak pertengahan tahun 2000, platform teknologi internasional GERAN (GSM EDGE Radio Access Network) telah mengadopsi seluruh spesifikasi 3GPP (Third Generation Project Partnership). Hal ini menjadikan teknologi EDGE masuk dalam kelompok teknologi yang memenuhi kualifikasi generasi ketiga UMTS 3G.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.