Panduan Lengkap Seputar Asuransi

Panduan Lengkap Seputar Asuransi

BIBLIOTIKA - Salah satu alokasi dana yang juga tidak boleh dilupakan dalam pengelolaan anggaran rumah tangga adalah dana untuk asuransi. Mengapa harus memiliki program asuransi? Jawabannya begitu simpel, yakni agar kita memiliki jaminan ketika hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi atas diri kita, ataupun atas aset-aset yang kita miliki.

Ada berbagai jenis asuransi yang dapat kita pilih, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita, dari asuransi jiwa atau asuransi kesehatan, asuransi rumah atau kendaraan, dan lainnya. Produk-produk asuransi pada saat sekarang pun telah beraneka ragam, mulai dari asuransi yang murni sebagai jaminan atas hal-hal yang tak diinginkan, sampai jenis asuransi yang juga berfungsi sebagai investasi.

Perbedaan antara asuransi yang murni dengan asuransi yang juga berfungsi sebagai investasi biasanya adalah pada pembayaran premi bulanannya. Asuransi yang juga bersifat investasi memiliki tingkat pembayaran premi yang lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi yang murni. Namun pilihannya tentu saja akan terpulang kembali kepada kita dalam memilihnya, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Untuk jenis asuransi yang murni, kebanyakan orang akan berpikir bahwa mereka akan kehilangan uangnya kalau tidak ada klaim sama sekali dalam program asuransi itu. Sebaiknya hindarkan pikiran seperti itu. Tujuan kita memiliki asuransi tentu saja bukanlah mengharapkan terjadinya kecelakaan, misalnya, namun setidaknya kita memiliki jaminan apabila hal yang semacam itu benar-benar terjadi.

Sebagaimana halnya kalau kita mengadakan perjalanan dengan mobil dan membawa ban serep dengan tujuan agar tidak terlalu repot kalau terjadi masalah ban meletus dan perlu mengganti ban mobil kita dalam perjalanan. Kalau kemudian ternyata ban mobil kita tidak mengalami masalah selama dalam perjalanan, apakah kita harus merasa rugi karena telah membawa ban serep?

Nah, begitu pula halnya dengan asuransi. Kita merasa perlu memilikinya bukan karena mengharapkan hal yang buruk terjadi, namun sebagai bentuk kewaspadaan dan persiapan kalau-kalau hal yang buruk terjadi.

Tips sebelum membeli polis asuransi

Biasanya, waktu mendengar kata asuransi, maka yang terbayang adalah berbagai kasus yang sulit untuk dicairkan. Entah karena pemegang polis atau pewaris yang mempunyai masalah dan kerap juga perusahaan asuransi yang disebut-sebut mengelak dari kewajibannya.

Apabila Anda ingin menjadi salah satu pelanggan atau nasabah asuransi, maka berikut ini beberapa hal menyangkut klaim asuransi yang perlu anda ketahui.

Pada dasarnya, perusahaan asuransi bisa menyelesaikan klaim secepat mungkin, bahkan dalam satu dua hari pun bisa selesai. Dengan catatan, si ahli waris atau pemegang polis telah memenuhi persyaratan seperti prosedur yang berlaku.

Yang menjadi masalah, informasi tentang klaim ini tidak selalu disampaikan secara lengkap oleh agen asuransi. Dengan alasan karena mengejar target, maka keterangan yang seharusnya penting disampaikan pun terlewatkan. Jadi, mintalah penjelasan mengenai hal ini ketika akan memutuskan membeli polis asuransi.

Adanya perbedaan pengertian antara pemegang polis dengan agen asuransi tentang beberapa ketentuan asuransi biasanya dikarenakan penjelasan yang kurang lengkap atau si pemegang polis yang enggan bertanya secara lebih mendetail. Karenanya, bacalah seluruh syarat dan keterangannya.

Dalam penutupan polis dan menggantikannya dengan yang baru, pemegang polis (juga perusahaan asuransi) perlu berhati-hati, karena bisa jadi ada pihak lain yang menggunakan kesempatan untuk mengambil keuntungan bagi diri sendiri. Misal, dalam pengubahan pemegang waris oleh satu ahli waris. Dengan berbagai alasan, hal tersebut bisa dilakukan tanpa sepengetahuan si pemegang polis.

Khusus untuk asuransi pendidikan, perhatikan nilai preminya, jangka waktu, dan waktu jatuh temponya. Cermati karena ada beberapa produk asuransi yang tidak fleksibel.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.