Monyet-monyet Paling Terkenal di Dunia

king kong

BIBLIOTIKA - Di dunia ini, setidaknya ada sepuluh monyet yang sangat terkenal. Keterkenalan mereka bisa karena muncul dalam film-film atau video game populer, bisa pula karena terlibat dalam teknologi bikinan manusia. Albert, misalnya, adalah monyet yang sangat terkenal di dunia karena menjadi monyet pertama yang dikirim ke luar angkasa pada 11 Juni 1948, dengan sebuah roket. Film Hollywood terkenal berjudul Planet of the Apes diilhami oleh peristiwa tersebut.

Berikut ini adalah monyet-monyet paling fenomenal di dunia, yang layak kita ketahui.

King Kong

King Kong menjadi terkenal di seluruh dunia sejak pemunculannya pertama kali dalam film hitam putih pada tahun 1933, yang dibintangi oleh Fay Wray. Sejak itu, kisah roman-tragedi antara King Kong dengan seorang wanita pun menjadi legenda yang terkenal, hingga dibuat remake-nya pada tahun 2005, yang disutradarai oleh Peter Jackson. Sampai saat ini sudah ada 7 film mengenai King Kong yang pernah dibuat.

Donkey Kong

Donkey Kong pertama kali muncul pada tahun 1981 bersama seorang tokoh bernama Mario dalam video game buatan Nintendo. Kreator di balik video game terkenal itu bernama Shigeru Miyamoto, dan pengisi suaranya adalah seorang komedian bernama Souply Sales.

Permainan video game itu adalah melompat ke atas melewati Donkey Kong, untuk menyelamatkan seorang tokoh bernama Pauline. Popularitas video game itu pun mengangkat sosok Donkey Kong ke seluruh dunia.

Joe

Joe adalah nama monyet dalam film Mighty Joe Young produksi Disney, yang dirilis pada tahun 1998. Joe dibesarkan oleh seorang wanita bernama Jill (diperankan oleh Charlize Theron), yang membawanya ke Amerika.

Kehidupan Joe kemudian terancam dengan munculnya seorang penjahat yang sebelumnya telah membunuh ibu Joe dan ibu Jill. Film ini sangat mengesankan, sekaligus heroik, sehingga kemunculan monyet bernama Joe menjadi terkenal ke seluruh dunia.

Bear

Dalam serial televisi BJ & The Bear, aktor Greg Evigan berperan sebagai supir truk yang selalu ditemani sahabat spesialnya, yaitu Bear, seekor simpanse. Nama asli Bear adalah Sam. Selama syuting berlangsung, Bear sangat protektif terhadap Greg, dan dia akan menggigit siapa saja yang memusuhi Greg.

Peristiwa itu menjadi sangat terkenal dalam industri pertelevisian Amerika, dan monyet bernama Sam atau Bear itu pun menjadi terkenal ke seluruh dunia.

Clyde

Clyde adalah nama orangutan yang muncul dalam film populer yang dibintangi Clint Eastwood, berjudul Every Which Way But Loose. Dalam film itu, Clint Eastwood berperan sebagai tokoh bernama Phil Beddoe, yang memenangkan orangutan tersebut dalam sebuah taruhan.

Kisah dramatis film itu menjadikan orangutan tersebut menjadi terkenal. Keterkenalannya semakin mendunia setelah hewan itu mati beberapa waktu setelah sekuel film tersebut dirilis.

Curious George

Curious George adalah nama seekor monyet yang juga menjadi judul film kartun Amerika yang telah terkenal bagi anak-anak sejak tahun 1941. Monyet itu terkenal karena sifat alami keingintahuannya.

Dalam film, diceritakan Curious George dibawa dari Afrika oleh seorang pria bertopi kuning untuk tinggal di kota besar. Di kota itulah petualangan demi petualangan unik dan lucu terjadi, dan menjadikan Curious George sebagai sosok kartun yang populer.

Koko

Koko adalah nama seekor gorila betina yang lahir pada 4 Juli 1971 di San Fransisco. Yang menjadikannya terkenal di seluruh dunia adalah kemampuannya dalam menguasai lebih dari 2.000 kata dalam bahasa isyarat Amerika, yang membuatnya bisa berkomunikasi dengan manusia.

Namun, meski begitu, ada beberapa pihak yang menganggap bahwa Koko hanya membuat isyarat tanpa mengerti arti sebenarnya.

Albert

Albert merupakan nama monyet yang dikirim ke luar angkasa pada 11 Juni 1948, dengan sebuah roket. Albert adalah monyet pertama yang dikirim ke luar angkasa untuk menguji keamanan luar angkasa bagi manusia.

Pengiriman Albert ke luar angkasa itu pula yang kemudian menjadikan monyet tersebut sangat terkenal, hingga berbagai media massa waktu itu menurunkan headline yang sama, “The First Monkey In Space”.

Grape Ape

Grape Ape adalah karakter kartun klasik yang diciptakan oleh Hanna-Barbera pada tahun 1975. Great Ape dikenal atas warnanya yang ungu dan sweater-nya yang berwarna hijau. Monyet itu juga terkenal atas kata-katanya yang sering diucapkan ketika karakter lain berbicara dengannya, “Grape Ape, Grape Ape!” Dia memiliki seorang teman, bernama Beegle Beegle, yang selalu menemaninya berpetualang.

Bubbles The Chimp

Bubbles The Chimp adalah monyet yang sangat beruntung, karena dapat menikmati hidup yang indah serta menyenangkan di Neverland Ranch. Ia merupakan salah satu hewan peliharaan sang superstar Michael Jackson. Selama beberapa waktu, Bubbles selalu melakukan tugasnya, yaitu membersihkan debu dan jendela di taman indah yang menjadi tempat tinggalnya. Keberadaannya di sana pun menarik perhatian banyak orang.

Namun, seiring berjalannya waktu, monyet itu mulai menunjukkan perilaku aneh, yang diperkirakan karena tidak nyaman tinggal di tempat yang dianggapnya aneh. Semenjak itu, ia suka menyerang dan menggigit beberapa pengunjung di Neverland Ranch. Karena perilakunya tersebut, dia pun lalu dikeluarkan dari kediaman Michael Jackson.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.