Mengubah Foto Menjadi Uang di Internet

menjual Foto di Internet

BIBLIOTIKA - Kalau Anda suka memotret atau menekuni hobi fotografi, maka ada peluang khusus untuk Anda di internet, dimana Anda dapat mengubah foto-foto hasil karya Anda menjadi uang. Ada cukup banyak situs di internet yang bersedia membeli foto-foto hasil karya Anda, dengan catatan kalau foto-foto tersebut sesuai dengan keinginan mereka atau memenuhi kualifikasi yang telah mereka tetapkan.

Selain menjual foto secara langsung, Anda juga bisa menggunakan cara lain, yakni dengan memberikan foto Anda untuk dipajang di situs-situs yang Anda pilih, untuk kemudian akan di-download oleh para pengunjung situs itu. Nantinya, Anda tetap akan memperoleh bayaran uang apabila foto Anda tersebut di-download oleh pengunjung situs, dan besarnya bayaran tersebut akan ditentukan oleh banyak atau sedikitnya pengunjung yang mendownload foto-foto karya Anda. Program semacam ini disebut sebagai Paid to Take Picture.

Karenanya, kalau selama ini Anda suka bermain-main dengan kamera digital dan menyimpan hasil foto-fotonya di komputer, kinilah saatnya bagi Anda untuk mengubah foto-foto itu untuk menjadi uang.

Cara mengubah foto menjadi uang di internet

Situs-situs yang menyediakan layanan ini memiliki beberapa persyaratan yang mereka buat berdasarkan kebijaksanaannya sendiri-sendiri. Ada situs yang hanya mau membeli foto saja, namun ada pula yang juga menerima tawaran untuk memajangnya di halaman situs mereka. Ada yang mensyaratkan resolusi dan bentuk file foto yang akan di-upload, dan lain-lain sebagainya.

Karenanya, Anda harus mempelajari terlebih dulu masing-masing syarat yang diberlakukan oleh masing-masing situs sebelum Anda mendaftar dan bergabung untuk menjadi member mereka.
Selain itu, ada situs-situs yang membayar mahal, ada pula situs-situs yang hanya berani membayar sejumlah tertentu yang terbilang murah. Jadi, sekali lagi, Anda perlu mempelajari masing-masing situs yang akan Anda gunakan untuk menjual atau memajang foto-foto hasil karya Anda.

Nah, setelah Anda menentukan situs mana yang akan Anda gunakan untuk menjual atau memajang foto-foto karya Anda, maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri ke situs tersebut. Anda akan diberi formulir yang harus diisi, atau terkadang diharuskan menjawab beberapa pertanyaan yang mirip ujian.

Setelah Anda dinyatakan diterima untuk menjadi member dari situs tersebut, maka Anda pun dapat mulai meng-upload foto-foto hasil karya Anda ke situs tersebut, atau bisa langsung menjualnya.

Tips sukses

Seperti yang telah disinggung di atas, masing-masing situs memberlakukan syarat tersendiri menyangkut foto-foto yang mereka inginkan. Karenanya, agar foto yang ingin Anda jual bisa berharga mahal, maka Anda harus mengikuti apa yang mereka inginkan, dan kemudian membuat foto sebagaimana yang mereka inginkan tersebut.

Yang menjadi inti dari hal ini adalah membuat foto yang seunik mungkin dan semenarik mungkin. Jadi, selain mengikuti apa yang diinginkan oleh situs-situs yang memberikan layanan seputar foto tersebut, Anda juga harus dapat menghasilkan foto yang unik, menarik, dan kalau bisa juga lain daripada yang lain.

Dengan metode seperti itulah nantinya foto-foto hasil karya Anda akan memiliki keunikan serta nilai lebih yang khas, yang nantinya akan dapat membuat foto Anda dihargai secara lebih mahal.

Situs-situs penyedia layanan

Berikut ini adalah beberapa situs yang menyediakan layanan seputar fotografi. Anda bisa mengunjungi situs-situs ini untuk mencari dan menentukan yang paling cocok untuk menjual atau memajang foto-foto hasil karya Anda. (Saat artikel ini ditulis, situs-situs berikut ini masih aktif):
  1. http://www.stockxpert.com
  2. http://www.shutterstock.com
  3. http://www.bigstockphoto.com
  4. http://www.cameradollar.com
  5. http://www.fotolia.com
  6. http://www.dreamstime.com

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.