Mengenal SyncML dan Cara Kerjanya

Mengenal SyncML dan Cara Kerjanya

BIBLIOTIKA - Di dalam kehidupan bermasyarakat, bertemunya beragam manusia kemudian mencetuskan suatu standar agar mereka semua dapat berkomunikasi satu sama lain dengan baik. Itulah yang disebut sebagai ‘lingua franca’. Sebagaimana halnya dalam lingkup pergaulan internasional, kita pun mengenal bahasa Inggris sebagai bahasa yang menjadi standar dalam lingkup pergaulan internasional. Nah, bagaimana halnya dengan penggunaan teknologi bernama handphone?

Hal yang sama dengan ilustrasi di atas itu juga dibutuhkan dalam ruang lingkup perangkat elektronik, khususnya dalam hal ini adalah handphone. Beragam jenis perangkat yang ada dengan membawa standar bahasa masing-masing tentu kemudian menimbulkan kebingungan dan ketidak-sinkronan karena perangkat-perangkat tersebut tidak ada yang bisa berkomunikasi satu sama lain.

Karena tidak adanya kesamaan dan kemudian menyebabkan adanya ketidak-sinkronan, maka tentu saja ‘komunikasi’ di masing-masing perangkat handphone itu kemudian tidak nyambung. Jadi pemecahannya tentu saja mencari cara untuk dapat menghubungkan atau mensinkronkan keanekaragaman tersebut. Dari sinilah kemudian diciptakan apa yang kemudian disebut sebagai SyncML.

Dalam lingkup perangkat komunikasi seperti halnya handphone, sinkronisasi tersebut dimaksudkan untuk menyambungjkan beragam perangkat yang ada. Namun tentu saja bukan dilihat secara fisik, tetapi lebih pada hal protokolnya.

SyncML dimaksudkan sebagai suatu bahasa komunikasi yang memungkinkan sinkronisasi yang halus dan juga efisien. Sinkronisasi tersebut tidak terbatas pada jaringan mobile semata-mata, namun juga bersifat personal dan informasi melalui jaringan PSTN pun juga dimungkinkan. Jadi singkatnya, SyncML ini bertujuan untuk memfasilitasi sinkronisasi jaringan informasi dari perangkat-perangkat yang kompatibel dengan aplikasi SyncML.

Ketika SyncML belum diciptakan, maka hampir dapat dikatakan belum ada protokol sinkronisasi yang dapat mewujudkan maksud yang bersifat universal ini. Maka dengan hadirnya aplikasi yang kompatibel dengan SyncML, informasi seperti e-mail, kalender, to-do list, contact information dan juga data-data penting lainnya akan dapat diakses dengan mudah dan up to date apapun platform, produsen atau bentuk aplikasinya.

Salah satu produsen handphone terkemuka, yakni Nokia, menyatakan visinya yang berkaitan dengan hal tersebut. Nokia menyatakan bahwa SyncML merupakan masa depan komunikasi mobile. Tidak pasti apakah itu berarti nantinya hanya akan ada satu saja teknologi yang dikembangkan.

Namun, sebagai protokol sinkronisasi pertama, SyncML menawarkan kebebasan kepada pengguna perangkat mobile. Kebebasan di sini memungkinkan pengguna-pengguna tersebut untuk menerima dan mengirim informasi up to date antara aplikasi mobile dan sistem kantor ataupun rumahnya.

Yang lebih hebat lagi, SyncML ini juga tidak terbatas kepada penggunaan handphone saja, tetapi juga memungkinkan sinkronisasi melalui kanal transmisi lainnya seperti jaringan PSTN, infra merah, kabel, bluetooth, ataupun teknologi wireless yang sekarang banyak dipakai.

Lebih dari itu, SyncML akan mampu melakukan sinkronisasi informasi yang tersimpan pada aplikasi web. Tentu saja fleksibilitas semacam ini, jika digabung dengan desain yang tepat, akan membantu  terwujudnya standar sinkronisasi bagi aplikasi-aplikasi ataupun perangkat yang termasuk mobile information society.

Dilihat dari tujuan penciptaannya, maka SyncML menawarkan berbagai keuntungan, mulai dari betambahnya pilihan konsumen sampai kepada potensi pasar yang besar bagi perusahaan penyedia handphone.

Bagi pengguna handphone, keuntungan penggunaan teknologi SyncML ini tentu saja sudah jelas. Dengan beragam perangkat yang dimiliki, seperti handphone, komputer dan lainnya, tentunya mereka ingin tetap tersinkronisasi mengingat perangkat-perangkat tersebut menjalankan aplikasi yang sama.

Nah, SyncML memungkinkan sinkronisasi universal di antara perangkat-perangkat yang kompatibel, menawarkan akses secara real time dan up to date terhadap kalender, to-do list dan contact information serta hal lainnya. Tidak masalah perangkat atau aplikasi apa yang digunakan, SyncML akan mampu mensinkronkan.

Cara kerja SyncML

Sebagaimana yang telah dinyatakan di atas, maksud dan tujuan dari penciptaan SyncML adalah untuk menyediakan protokol sinkronisasi yang bersifat umum yang bisa menghubungkan perangkat apapun asalkan kompatibel dengan beragam jaringan. Jadi SyncML ini berfungsi untuk mengisi missing link (ruang yang kosong) yang selama ini terjadi di antara produk-produk sejenis. SyncML juga mesti memiliki kemampuan untuk mengisi permintaan yang dibutuhkan oleh komunikasi wireless.

Masalah-masalah seperti High Network Latency, keterbatasan bandwidth, biaya transmisi yang relatif besar, membuat protokol sinkronisasi sangat dibutuhkan di dalam jaringan wireless.

Namun sebuah produsen handphone terkemuka, yakni Nokia, mengungkapkan bahwa mereka secara berkala telah berhasil menemukan solusi yang efektif terhadap permasalahan di atas itu. Sebagai contoh, untuk mengatasi dampak keterbatasan bandwidth, SyncML mempergunakan WAP Binary XML (WBXML) untuk menjaga paket-paket dari data yang ditrasmisikan sekecil mungkin.

Penggunaan SyncML juga akan mengurangi jumlah interaksi data yang diminta di antara perangkat-perangkat dalam rangka meminimalisasikan biaya transmisi. Terlebih lagi, SyncML juga memiliki kemampuan untuk menjaga kekonsistenan komunikasi dengan perangkat-perangkat bahkan ketika terjadi interupsi di dalam koneksi-koneksi tesebut.

SyncML juga akan memiliki kemampuan untuk mensinkronkan data yang berasal dari beragam protokol data yang dipergunakan di dalam aplikasi wireless dan jaringan. SyncML ini dapat bekerja secara halus dan efisien pada internet (HTTP), Wireless Section Protocol, OBEX (bluetooth, infrared dan lain-lainnya), standar e-mail (MTP, POP3, IMAP), jaringan TCP/IP dan protokol untuk aplikasi wireless lainnya.

SyncML juga dapat mensinkronkan data dari beragam bahasa pemrograman atau aplikasi sinkronisasi yang digunakan oleh perangkat-perangkat individual. Komunikasi semacam ini yang berjalan di berbagai bahasa dan beragam perangkat juga dimungkinkan.

Lebih dari itu, dengan menjaga implementasi protokol, SyncML bisa jadi merupakan pilihan yang ideal bagi mobile computing. Mengapa? Karena dengan demikian, SyncML ini akan membebaskan memori untuk digunakan bagi jenis aplikasi lainnya.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.