Mengapa Ngengat Memakan Pakaian Kita?

Ngengat Memakan Pakaian

BIBLIOTIKA - Mendapati pakaian kita berlubang, padahal selama ini tersimpan dengan baik di lemari, benar-benar pengalaman menjengkelkan. Kita pun seperti langsung tahu, bahwa biang keladi lubang-lubang pada pakaian itu adalah ngengat. Mengapa ngengat memakan pakaian kita hingga meninggalkan lubang-lubang yang tak enak dilihat itu?

Sebenarnya, bukan ngengat dewasa yang menggerogoti pakaian kita. Ngengat hanya memiliki mulut pada waktu berada pada fase larva atau ulat, yang biasanya berlangsung dari umur dua minggu hingga satu bulan.

Beginilah cara hewan-hewan kecil itu sampai di tempat pakaian kita tersimpan. Mula-mula, ngengat betina akan menempatkan sejumlah telur yang telah dibuahi ke sebuah pakaian yang ia anggap tepat untuk keturunannya. “Pakaian yang ia anggap tepat” itu di antaranya pakaian yang terbuat dari sutera, wol, atau bahan-bahan yang mengandung keratin. Sementara jumlah telur yang diletakkannya di sana berkisar antara 50 hingga 1.000 butir. Ketika kemudian telur-telur itu menetas, proses “pelubangan” pada pakaian kita pun dimulai.

Larva ngengat memiliki pola makan yang cukup spesifik, sehingga lubang hasil “pekerjaannya” sering kali terlihat familier. Seperti yang disebutkan di atas, larva ngengat sengaja diletakkan pada pakaian yang terbuat dari serat hewan, seperti sutera, wol, kasmir, bulu, atau bahan-bahan yang mengandung keratin. Keratin terdiri dari protein struktural berserat, yang juga bisa ditemukan pada kulit dan rambut kita. Karena itu, larva ngengat kadang-kadang juga akan memakan kulit dan bulu, gulungan rambut manusia atau hewan.

Larva ngengat tidak menyukai kain sintetis dan katun, karena sintetis dan bahan katun tidak mengandung keratin. Karenanya, pakaian kita yang terbuat dari dua bahan itu pun sering kali aman dari gangguan ngengat, kecuali jika kedua bahan itu mengandung campuran serat hewan.

Larva ngengat pakaian (Tineola bisselliella) merupakan perusak pakaian yang paling umum. Berbeda dengan kebanyakan ngengat lain, ngengat pakaian membenci terang dan lebih suka bersembunyi di kedalaman lemari tempat mereka diam-diam menyimpan larva mereka ke pakaian yang cocok. Karena itu pula, salah satu cara mengusir ngengat dari lemari adalah dengan memasang lampu di dalam lemari.

Fakta:

Ngengat tidak memiliki perut.

Ngengat tidak dapat terbang jika terjadi gempa bumi.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.