Mengapa Lutut Nenek Bisa Meramalkan Cuaca?

Lutut Bisa Meramalkan Cuaca

BIBLIOTIKA - Kakek dan nenek kita sepertinya punya bakat alam dalam menghubung-hubungkan sesuatu, dan anehnya memang sering terhubung. Mungkin cukup sering kita mendengar mereka mengeluh, “Aduh, pinggang, lutut, dan tubuhku rasanya sakit semua. Pasti nanti sore turun hujan.”

Kedengarannya kok tidak ilmiah. Apa hubungannya sakit di tubuh mereka dengan kemungkinan turunnya hujan? Tapi, meski terdengar tidak ilmiah, anehnya hujan benar-benar turun sore harinya. Jadi, hujan yang menuruti ramalan mereka, atau memang mereka punya kemampuan meramal cuaca dengan lutut dan pinggangnya?

Sebenarnya, mungkin tanpa mereka ketahui, kakek dan nenek kita mengeluhkan sakit pada persendiannya akibat tekanan udara. Tekanan udara adalah gaya atmosfer dalam mendorong permukaan Bumi, dengan menggunakan berat udara di atas permukaan Bumi.

Ada dua jenis tekanan udara, yaitu tekanan udara tinggi dan tekanan udara rendah. Tekanan udara rendah terjadi di tempat yang ketinggian permukaannya sama, tetapi tekanan udaranya lebih rendah dibanding tekanan udara di sekitarnya. Biasanya, di pusat daerah bertekanan udara rendah, keadaan udaranya tidak stabil, awannya tebal, dan mengandung air hujan.

Pada waktu cuaca cerah, sendi-sendi di tubuh kita akan mencapai keseimbangan. Namun, ketika tekanan udara menurun, kekuatan persendian melemah dan celah di antara sendi-sendi melebar. Kita yang masih muda mungkin tidak terlalu merasakan hal itu. Namun orang-orang tua, khususnya kakek dan nenek kita—khususnya lagi yang mengidap radang sendi—memiliki persendian yang lebih lemah. Ketika tekanan udara menurun, sendi-sendi mereka membengkak dan terasa sakit.

Ketika hujan akhirnya turun, cuaca pun jadi sejuk dan suhu tubuh jadi lebih dingin. Otot-otot di sekitar persendian juga menegang dan menambah rasa tidak nyaman, sehingga kakek dan nenek kita biasanya makin merasakan sakit.

Jadi, kakek dan nenek kita bisa menggunakan rasa sakit di tubuhnya untuk meramal hujan, karena pengaruh perubahan tekanan udara terhadap persendian mereka. Biasanya, untuk mengurangi rasa sakit pada persendian, kakek dan nenek bisa melakukan olahraga ringan yang dapat merangsang daerah-daerah di sekitar persendian.

Fakta:
  1. Berdiri lama tanpa menekuk lutut akan mengakibatkan pingsan.
  2. Di Moskow, penyiar ramalan cuaca bisa didenda jika ramalannya tidak akurat.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.