Mengapa Hidung Kita Letaknya di Tengah Wajah?

hidung

BIBLIOTIKA - Selain untuk menarik dan mengembuskan udara demi keperluan pernapasan, hidung juga berfungsi sebagai indra penciuman. Meski lubang hidung yang terlihat hanya dua, namun sebenarnya hidung kita memiliki empat lubang.

Dua lubang hidung yang tak terlihat menjadi hidung internal yang disebut choannae, yang berarti saluran. Mereka terhubung ke tenggorokan, dan memungkinkan kita bernapas melalui hidung. Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa kita dapat menggunakan setiap lubang hidung untuk mendeteksi berbagai jenis bau.

Melalui hidung, kita dapat mencium aneka bebauan, dari bau parfum sampai aroma sampah. Di bagian atas hidung terdapat sensor bau yang menangkap partikel-partikel bau, kemudian sinyalnya diteruskan oleh saraf ke otak. Di dalam otaklah bau itu muncul, dan dari situ kita bisa membedakan aneka macam bau.

Kadang-kadang, sumber yang kita baui tidak bisa disentuh atau dilihat. Berbeda dengan bau masakan yang jelas tampak, misalnya, kadang ada sumber bau yang membuat kita harus mencari-carinya terlebih dulu untuk menemukannya. Misalnya, kita mencium bau tak sedap di tempat tidur. Untuk menemukan sumber bau tak sedap itu, kita pun membaui, atau bahkan mengendus-endus untuk menemukan sumber bau. Dalam proses itu, kita menggunakan hidung sebagai indra pembau.

Sekarang bayangkan jika hidung terletak di belakang leher atau di punggung, misalnya. Kita akan kesulitan membaui jika terjadi hal di atas. Kita juga akan kesulitan menutup hidung ketika melewati tempat sampah yang menguarkan bau busuk.

Atau, jika hidung berada di bagian tubuh yang tertutup pakaian, hidung juga tidak akan bisa mencium sesuatu dengan baik. Kita juga pasti akan susah kalau hidung terletak di telapak kaki, karena akan terus-menerus terinjak, dan mungkin kita juga tidak akan bisa berenang karena hidung terus-menerus kemasukan air.

Jadi, untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik—yakni sebagai indra pembau dan alat pernapasan—tempat paling tepat untuk hidung memang di tengah-tengah wajah, dengan lubang menghadap ke bawah. Selain itu, letak hidung di tengah wajah juga memungkinkannya sebagai tempat bersandar kacamata, juga bisa memberikan keasyikan yang mudah bagi pemiliknya untuk... ngupil.

Fakta:

Indra penciuman kita adalah indra yang paling tajam. Sepuluh ribu kali lebih sensitif dibanding indra pengecap kita. Memang, sekitar 90 persen yang kita cecap sebenarnya adalah bau.

Orang-orang dengan indra penciuman normal bisa menentukan sekitar 10.000 bau yang berbeda.

Secara umum, wanita memiliki indra penciuman yang lebih tajam dibanding pria. Indra penciuman wanita paling tajam terjadi sekitar masa ovulasi.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.