Makanan-makanan Terbaik untuk Otak Anak

daging salmon

BIBLIOTIKA - Otak adalah bagian paling penting dalam tubuh, karena menjadi pusat semua aktivitas manusia. Pentingnya fungsi otak telah dimulai sejak masa kanak-kanak. Karenanya, asupan makanan yang sehat dan baik untuk otak dibutuhkan untuk membuat otak anak bekerja secara optimal.

Bethany Thayer, seorang pakar nutrisi dari Detroit, yang juga jurubicara American Dietetic Association (ADA), menyatakan bahwa otak adalah salah satu organ yang “sangat kelaparan”. Otak adalah organ pertama dalam tubuh yang menyerap nutrisi dari makanan yang kita santap sehari-hari.

Para ahli nutrisi menganjurkan agar para orangtua memilih jenis-jenis makanan bergizi yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak anak mereka. Beberapa jenis makanan diketahui dapat mendukung perkembangan otak di usia pertumbuhan, selain juga dapat memperbaiki fungsi, daya ingat, serta konsentrasi. Untuk hal tersebut, berikut ini adalah makanan-makanan yang diketahui sangat baik untuk menunjang pertumbuhan otak anak Anda.

Ikan

Ikan yang disarankan dalam hal ini adalah jenis-jenis ikan yang mengandung asam lemak Omega-3, semisal salmon. Omega-3 sangat penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak. Kenyataannya, beberapa studi menemukan bahwa mereka yang gemar menyantap ikan dengan kandungan Omega-3 memiliki pikiran yang tajam, dan mencatat hasil yang baik dalam tes kemampuan mental.

Telur

Telur mudah didapatkan, harganya murah, namun mengandung gizi yang baik, khususnya dalam mendukung pertumbuhan otak anak. Selain merupakan sumber protein, kuning telur adalah sumber zat kolin yang sangat baik dalam membantu perkembangan otak anak. Anda bisa memberikan telur sebagai menu sarapan atau makan malam yang sehat untuk anak Anda.

Selai kacang

Kacang, terutama kacang macadamia dan almond, adalah makanan yang kaya vitamin E dan antioksidan yang membantu melindungi membran sel-sel otak dari radikal bebas. Untuk hasil terbaik, pilihlah selai kacang yang rendah gula dan natrium.

Sayuran berwarna

Sayuran berwarna semisal tomat, wortel, bayam, atau labu, adalah makanan yang kaya antioksidan. Sayuran-sayuran tersebut dapat membantu mempertahankan kekuatan dan kesehatan membran sel. Semakin segar dan cerah warna sayuran, semakin tinggi kandungan antioksidannya. Selain baik untuk perkembangan otak, beberapa sayuran juga memiliki manfaat mencegah kanker.

Oat

Oat atau oatmeal bisa dijadikan sarapan yang baik untuk anak Anda. Makanan ini mengandung karbohidrat yang secara bertahap akan diserap otak anak selama proses belajar di sekolah. Oat juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin E, B, potasium, dan zinc, yang membantu tubuh dan otak bekerja secara optimal.

Buah-buahan beri

Buah-buahan beri, seperti stroberi, bluberi, juga blackberry, mengandung zat antioksidan seperti vitamin C. Sejumlah studi menunjukkan bahwa buah-buahan beri memiliki manfaat yang baik dalam memperbaiki daya ingat.

Kacang hijau

Anak-anak umumnya menyukai kacang hijau. Selain enak, kacang hijau juga sangat direkomendasikan untuk anak-anak, karena kandungan nutrisinya yang sangat lengkap.

Selain tinggi kadar protein dan karbohidrat kompleks, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potasium, magnesium, tembaga, mangan, fosfor, dan thiamin, yang semuanya memiliki peran penting bagi tubuh dan perkembangan otak.

Susu dan yoghurt

Produk susu, termasuk di dalamnya yoghurt, adalah makanan yang kaya protein, vitamin D, dan vitamin B, yang berperan penting dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Yoghurt adalah makanan yang semi padat, sehingga lebih mudah dicerna dalam proses metabolisme tubuh.

Selain itu, studi juga menunjukkan, bahwa anak-anak dan remaja memerlukan vitamin D sepuluh kali lebih banyak dari yang direkomendasikan. Vitamin D berguna untuk memelihara siklus hidup sel serta fungsi saraf dan otot.

Daging sapi bebas lemak

Daging sapi tanpa lemak adalah sumber zat besi yang membantu anak tetap berenergi dan berkonsentrasi. Daging sapi tanpa lemak juga merupakan sumber terbaik zat besi, karena mudah diserap oleh tubuh. Kenyataannya, mengonsumsi satu ons daging sapi setiap hari membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber makanan lainnya. Daging sapi juga mengandung zinc yang membantu memelihara daya ingat.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.