Makanan dan Minuman untuk Menangkal Flu

brokoli

BIBLIOTIKA - Flu adalah masalah kesehatan yang populer, dan bisa menyerang siapa saja tanpa kenal waktu. Flu biasanya menyerang orang-orang yang kebetulan memiliki pertahanan fisik lemah. Karenanya, ketika terjadi perubahan cuaca yang ekstrim, orang-orang yang ketahanan fisiknya lemah mudah terkena flu.

Flu biasanya ditandai dengan bersin-bersin, kepala pusing, pilek, hingga batuk-batuk. Untuk mengatasinya, sebagian orang biasanya mengonsumsi pil atau obat-obatan yang ditujukan untuk mengatasi flu. Namun, Anda juga bisa mengonsumsi makanan atau minuman tertentu yang memiliki khasiat sama. Makanan dan minuman berikut ini juga dapat menjauhkan Anda dari masalah flu.

Brokoli

Selain mengandung kalsium dan serat tinggi, brokoli juga mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, brokoli juga termasuk sayuran yang mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan sel darah putih yang berguna dalam melawan infeksi.

Bluberi

Dibandingkan buah-buahan lain, bluberi mengandung antioksidan yang lebih tinggi. Bluberi juga mengandung senyawa quercetin dan flavonoid yang berfungsi seperti antihistamin dan anti-inflamasi, yang dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan kanker.

Salmon

Salmon mengandung asam lemak Omega-3. Selain dapat mendorong pertumbuhan sel limfosit untuk meningkatkan kekebalan tubuh, salmon juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kemudian, salmon juga kaya vitamin D yang membantu melindungi sistem pernapasan terhadap infeksi.

Ubi-ubian

Ubi-ubian mengandung betakaroten yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A di dalam ubi-ubian juga membantu menjaga kesehatan selaput lendir yang melapisi hidung dan tenggorokan.

Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt dapat menjadi cara mudah dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain baik untuk sistem pencernaan, yoghurt juga mengandung kalsium yang juga merupakan sumber mineral penting untuk kekebalan tubuh.

Jus buah dan sayur

Anda dapat membuat jus yang berasal dari buah atau sayur, untuk menjauhkan tubuh dari ancaman flu. Tomat atau wortel bisa dijadikan pilihan utama dalam membuat jus yang ditujukan untuk kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain  jus, salad yang kaya sayuran juga baik untuk penyembuhan masalah badan.

Sup ayam

Sup ayam adalah sajian lezat yang berkhasiat. Cairannya dapat membantu memberikan asupan bagi tubuh, sementara nutrisi di dalamnya memiliki efek menyehatkan, di antaranya sebagai antiradang yang baik. Mengonsumsi sup ayam juga dapat mengaktifkan sel-sel tubuh, sehingga membantu tubuh melawan virus dan bakteri.

Bawang putih

Bawang putih telah terkenal sebagai sumber antibakteri. Selain itu, mengonsumsi bawang putih juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu melegakan hidung tersumbat.

Jahe

Anda dapat memanfaatkan jahe untuk bumbu makanan, atau menjadikannya sebagai minuman yang menghangatkan. Jahe dapat membantu meredakan gejala mual dan sakit perut, serta membantu mengatasi radang pada flu dan pilek.

Teh hangat

Di antara yang lain, teh hangat mungkin paling mudah dibuat dan paling mudah didapat. Meski begitu, teh hangat juga punya khasiat, khususnya dalam mengatasi flu. Ada banyak pilihan teh, dari teh hitam, teh hijau, sampai teh herbal.

Apa pun teh kesukaan Anda, mengonsumsi teh hangat bisa membantu melegakan tenggorokan saat terserang batuk pilek. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa menambahkan madu dan sedikit jeruk nipis pada teh hangat Anda.

Pisang

Pisang adalah makanan yang lembut, sehingga baik dikonsumsi orang yang kebetulan mengalami masalah pencernaan, dan sedang dalam masa peralihan untuk makanan padat. Selain itu, pisang juga baik dikonsumsi orang berusia 40-an, untuk anak-anak, juga untuk orang yang sedang mengalami masalah flu, pilek, dan batuk.

Roti bakar

Percaya atau tidak, mengonsumsi roti bakar bisa membantu Anda mengatasi masalah flu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, konsumsi pula sup ayam setelah Anda menikmati roti bakar.

Bayam

Secangkir bayam mengandung 37 persen vitamin A, 30 persen vitamin C, 20 persen vitamin E, dan 15 persen zinc, yang merupakan kebutuhan nutrisi harian kita. Selain itu, nutrisi tersebut juga membantu menunjang daya tahan tubuh dalam melawan penyakit, khususnya flu.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.