Koneksi Handphone dengan Komputer dan Internet

Koneksi Handphone dengan Komputer dan Internet

BIBLIOTIKA - Saat ini, bisa dikatakan kalau handphone dan komputer adalah saudara kembar yang hampir selalu hadir bersamaan. Meskipun pada awal penciptaannya dulu belum terbayangkan untuk dapat menghubungkan kedua peangkat ini, namun sekarang kenyataan semacam itulah yang terjadi. Handphone dapat difungsikan untuk mengakses data selain juga untuk berkomunikasi.

Cara menghubungkan atau mengkoneksikan antara perangkat handphone dengan komputer bisa menggunakan beberapa media. Yang umum adalah dengan menggunakan kabel data yang dihubungkan antara handphone dengan komputer. Selain menggunakan kabel data, ada juga cara lain untuk menghubungkan kedua perangkat itu, yaitu dengan menggunakan infra red atau infra merah dan atau menggunakan bluetooth.

Mengapa orang butuh mengkoneksikan handphone dengan komputer? Ada beberapa jawaban, di antaranya adalah untuk mentransfer data dari komputer ke handphone atau dari handphone ke komputer. Tujuan lainnya, dan ini yang paling banyak diminati orang pada jaman sekarang, adalah untuk mengakses internet.

Dengan menggunakan handphone, orang pun kini dapat mengakses internet dengan cara yang lebih mudah, lebih praktis, bahkan lebih cepat. Dengan handphone, maka orang dapat memanfaatkan sinyal dari SIM card yang digunakannya untuk dapat mengakses internet, dan pulsa dari kartu yang ada di handphone itulah yang kemudian akan digunakan untuk membiayai akses internetnya.

Selain itu, handphone juga dapat berfungsi sekaligus sebagai modem sehingga orang pun tak lagi repot harus menyediakan modem untuk dapat mengakses internet di komputernya.

Sebagaimana yang disebutkan di atas, ada tiga cara untuk dapat menghubungkan komputer dengan handphone, yaitu dengan menggunakan kabel data, infra merah atau dengan menggunakan bluetooth.

Di antara ketiga cara tersebut, koneksi yang paling direkomendasikan adalah dengan menggunakan kabel data. Karena dengan penghubung kabel data ini, maka koneksi akan lebih terjaga kualitasnya, dalam arti akan lebih stabil. Hal itu akan terasa sekali ketika kita mengakses internet. Koneksinya akan lebih stabil dan tidak terputus-putus.

Meskipun penggunaan bluetooth dapat menjangkau hingga sepuluh meter, namun kualitas bluetooth untuk koneksi kedua perangkat ini masih kalah jika dibandingkan dengan menggunakan kabel data. Apalagi kalau hanya menggunakan infa merah.

Nah, untuk dapat mengakses internet dengan menggunakan handphone sebagai penghubung ini, kita memerlukan suatu perangkat penghantar, yang disebut sebagai GPRS. Dengan GPRS inilah kita dapat melakukan transfer data, sehingga kita dapat mengakses internet secara langsung di handphone, atau menggunakan handphone untuk penghubung komputer dengan internet.

Cara koneksi GPRS dengan internet

Lalu bagaimana cara menggunakan handphone untuk dapat berinternet dengan memakai GPRS ini?

Kalau handphone yang kita gunakan memang telah memenuhi standar untuk itu, maka secara mudahnya kita dapat melakukan setting seperti berikut ini:

Aktifkan fitur GPRS dengan cara menelusuri Menu > Setup > Connectivity, kemudian aktifkan kotak GPRS yang tersedia. Jangan lupa untuk menyetting Baud Rate dengan 57,6 kb/s karena itu adalah date rate maksimum yang dapat dilalui oleh kabel data serial.

Instal driver modem GPRS pada komputer. Driver ini biasanya telah kita peroleh dalam paket penjualan handphone yang kita miliki sebagai kelengkapan paket penjualan. Apabila driver ini tidak tersedia, maka kita dapat mendownloadnya melalui situs resmi dari handphone yang kita miliki.

Cara penginstalannya tidak jauh berbeda dengan penginstalan modem biasa, tetapi jangan lakukan auto-detect modem. Artinya, kita harus mengarahkan directory ke CD atau drive mana yang menyimpan driver modem tersebut.

Apabila sudah terinstal dengan sempurna, maka kita tinggal menambahkan folder koneksi dial up baru dengan nama apapun yang kita suka.

Gunakan kabel data untuk meyambungkan modem GPRS yang ada pada handphone kita dengan komputer. Kabel data ini juga biasanya telah ada dalam paket penjualan handphone kita.

Tinggalkn parameter standar yang ada dalam profil dial up, kecuali pada bar Network pilih hanya TCP/IP. Jangan isi apapun dalam dialog TCP/IP Setting.

Masukkan username dan password di dalam dialog nomor yang harus di-dial.

Nah, setelah Password verified dan Register into Network berjalan, maka kita pun sudah dapat terkoneksi dengan internet via GPRS.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.