Keunikan dan Hal-hal Menakjubkan dari Dunia Hewan

kebun binatang tertua

BIBLIOTIKA - Seekor anak kuda di Amerika, yang merupakan keturunan langsung kuda juara dalam acara pacuan, terjual dengan harga 13,1 juta US dollar (sekitar 127 miliar rupiah). Itu menjadi kuda paling mahal di dunia. Sementara di Damaraland, Namibia, ada seekor gajah yang tingginya mencapai 4 meter atau setinggi rumah, dengan bobot mencapai 9 ton. Gajah itu pun menjadi gajah terbesar di dunia yang pernah ditemukan.

Berikut ini ragam fakta unik sekaligus menakjubkan dari dunia hewan, yang mungkin belum pernah kita bayangkan.

Kebun binatang tertua

Mungkin jarang yang tahu, bahwa kebun binatang telah ada semenjak 2000 tahun Sebelum Masehi. Menurut para ahli sejarah, kebun binatang pertama kali didirikan oleh Shulgi dari Dinasti Ur, yang memerintah Puzurish pada 2097-2094 SM di Irak bagian tenggara. Sedangkan kebun binatang tertua yang dibuka pertama kali untuk umum adalah Regent’s Park di London, Inggris, yang didirikan pada tahun 1826.

Kuda termahal

Kuda pacuan yang dapat berlari cepat serta sering tampil menjadi juara dalam arena pacuan kuda menjadikan anak turunannya memiliki harga yang mahal. Pada 23 Juli 1985, Robert Sangster, pria asal Amerika Serikat, membeli seekor anak kuda seharga 13,1 juta US dollar (sekitar 127 miliar rupiah). Anak kuda yang merupakan kuda termahal itu adalah keturunan murni salah satu kuda juara dalam acara pacuan.
   
Hewan termalas

Armadillos dianggap sebagai hewan paling malas sedunia, karena hewan ini hampir menghabiskan seluruh hidupnya untuk tidur. Jika seekor armadillos berumur 10 tahun, maka ia telah tidur setidaknya selama 8 tahun!

Jerapah tertinggi

Jerapah sudah dikenal sebagai hewan yang tinggi. Namun rupanya hewan itu dapat tumbuh lebih tinggi dari yang biasa kita lihat. Pada 8 Januari 1959, Chester Zoo, kebun binatang di Inggris, mendatangkan seekor jerapah berusia 9 tahun dari Kenya.

Namun ternyata kandang yang disediakan pengelola kebun binatang itu tidak cukup untuk menmpung hewan berleher panjang itu, karena tingginya mencapai 12 meter—setara dengan gedung 3 lantai.

Mamalia termungil

Kelelawar bumblebee menjadi mamalia paling mungil, karena rentangan sayapnya hanya selebar 16 sentimeter, dengan bobot hanya 1,7 gram. Kelelawar mungil itu banyak ditemukan di sungai Kwae Noi, Kanchanaburi, Thailand.

Hewan paling berbahaya

Kebanyakan orang mungkin mengira kalau hewan berbahaya memiliki ukuran besar, buas, sekaligus mengerikan. Namun ternyata, gelar hewan paling berbahaya disandang oleh hewan yang amat kecil, yaitu nyamuk Anopheles dan Aides aigepty.

Nyamuk itu adalah pembawa parasit yang menyebabkan malaria serta demam berdarah, dan telah mengakibatkan 50 persen kematian manusia sejak zaman batu. Hingga saat ini, setidaknya ada 200 juta orang yang mati akibat malaria dan demam berdarah setiap tahun.

Kaki seribu terpanjang

Meski dinamai kaki seribu, rata-rata hewan ini tidak memiliki seribu kaki. Namun, mungkin kaki seribu asal Afrika yang dimiliki Jim Klinger asal Texas, Amerika, memiliki kaki yang berjumlah seribu. Panjang hewan itu mencapai 39 sentimeter, padahal rata-rata hewan ini hanya memiliki panjang sekitar 10 sampai 20 sentimeter. Kaki seribu itu pun menjadi kaki seribu terpanjang di dunia.

Kera tercantik

Kera mandriil memiliki penampilan yang istimewa, sehingga dianggap sebagai kera tercantik. Hidung kera asal Afrika Barat itu berwarna merah, pipinya bergurat biru, sementara bulu di bagian bawah dagunya berwarna kuning. Kera itu tergolong berukuran raksasa, karena tingginya dapat mencapai 61 sampai 76 sentimeter, dengan bobot seberat 25 sampai 54 kilogram.

Gajah setinggi rumah

Mamalia terbesar adalah gajah, karena tinggi hewan ini dapat mencapai 2 sampai 2,5 meter. Namun ada gajah yang dapat melebihi ukuran rata-rata itu.

Di Damaraland, Namibia, ada seekor gajah yang tingginya mencapai 4 meter atau setinggi rumah. Bobotnya pun mencapai 9 ton. Itu gajah paling besar yang pernah ditemukan, namun kemudian penduduk setempat memilih untuk membunuhnya karena gajah raksasa itu dianggap berbahaya.

Kelinci bertelinga terpanjang

Kelinci memang memiliki telinga yang panjang. Namun kelinci bernama Nipper’s Geronimo asal Bakersfield, California, AS, dinobatkan sebagai kelinci bertelinga paling panjang, karena panjang dari ujung telinga kiri ke ujung telinga kanan mencapai 79 sentimeter. Rata-rata kelinci lain hanya mencapai ukuran 30 sentimeter.

Kambing bertanduk panjang

Di Pennsylvania, Amerika Serikat, ada seekor kambing yang bertanduk panjang, bahkan dianggap sebagai kambing yang memiliki tanduk paling panjang di dunia. Panjang dari ujung tanduk kanan ke ujung tanduk kiri mencapai 132 sentimeter. Karena hal itu, kambing yang diberi nama Uncle Sam itu pun masuk dalam Guinnes Book of World Records.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.