Jenis-jenis Dinosaurus Pemegang Rekor Dalam Sejarah

Dinosaurus terbodoh

BIBLIOTIKA - Dinosaurus, hewan purba berukuran raksasa yang hidup di masa lampau, selalu menarik perhatian, karena wujudnya yang luar biasa—tidak seperti umumnya hewan di masa sekarang. Karena itu pula, pencarian dan penemuan fosil dinosaurus selalu menyita banyak perhatian. Di Inggris saja, ada sekitar 108 spesies dinosaurus yang telah ditemukan.

Berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan, berikut ini adalah sembilan dinosaurus yang dianggap pemecah rekor dalam sejarah—berdasarkan ukuran, kemampuan, keunikan, maupun usianya.

Dinosaurus terberat

Brachiosaurus dianggap dinosaurus paling berat, karena bobotnya diperkirakan mencapai 80 ton, atau setara dengan 17 gajah Afrika. Kerangka Brachiosaurus memiliki tinggi 16 meter dan panjang 26 meter, sehingga merupakan kerangka dinosaurus terbesar yang terdapat di museum.

Dinosaurus terkecil

Fosil dinosaurus terkecil yang ditemukan seluruhnya berasal dari jenis burung pemakan tumbuhan, seperti Lesothosaurus, yang hanya seukuran ayam. Contoh fosil yang lebih kecil juga pernah ditemukan, namun masih berupa bayi.

Dinosaurus tertinggi

Selain menjadi dinosaurus terberat, Brachiosaurus juga menjadi dinosaurus paling tinggi. Hewan dari kelompok sauropoda ini diketahui memiliki tinggi hingga 16 meter, bahkan ada yang dapat tumbuh hingga 18,5 meter.

Ia memiliki kaki depan yang lebih panjang dibanding kaki belakang. Dikombinasikan dengan lehernya yang sangat panjang, hewan ini dapat berdiri tegak, sehingga bisa menjelajahi pohon-pohon tertinggi.

Dinosaurus terpintar

Troodon dianggap dinosaurus yang paling pintar. Hewan dengan panjang sekitar 2 meter ini tergolong dinosaurus pemburu yang memiliki otak mirip mamalia, dengan pengelihatan tajam (stereoskopik vision), sekaligus lengan dengan cengkeraman tajam.

Dinosaurus terbodoh

Stegosaurus dianggap dinosaurus paling bodoh, karena ukuran otaknya paling kecil di antara dinosaurus lainnya. Otak Stegosaurus hanya seukuran buah kenari, dengan panjang 3 sentimeter dan berat 75 gram.

Dinosaurus tercepat

Dromiceiomimus adalah dinosaurus yang memiliki penampilan mirip burung unta. Ia dapat berlari di darat dengan kecepatan hingga 60 kilometer per jam, sehingga dianggap sebagai dinosaurus yang dapat berlari paling cepat.

Dinosaurus tertua

Dinosaurus paling tua yang diketahui berusia 230 juta tahun, dan ditemukan di Madagaskar. Dinosaurus ini belum diberi nama. Sebelumnya, ada dinosaurus dari jenis Eoraptor yang usianya diperkirakan 228 juta tahun.

Dinosaurus dengan nama terpanjang

Dinosaurus dengan nama paling panjang adalah Micropachycephalosaurus, yang berarti “kadal tebal berkepala mini”. Fosil dinosaurus jenis ini ditemukan di Cina, dan diberi nama pada tahun 1978 oleh ahli paleontologi Cina.

Dinosaurus dengan telur terkecil

Telur dinosaurus paling kecil yang telah ditemukan hanya sepanjang 3 sentimeter, namun para peneliti belum dapat menentukan telur itu dari spesies dinosaurus apa.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.