Hewan-hewan yang Hidup di Kutub Utara

beruang kutub

BIBLIOTIKA - Daerah kutub utara adalah laut beku yang dikelilingi tanah. Secara sosial dan politik, daerah itu meliputi wilayah utara Kanada, Greenland (sebuah wilayah Denmark), Rusia, Islandia, Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Amerika Serikat. Pada musim dingin, rata-rata suhu di sana mencapai minus 29 derajat Fahrenheit (minus 34 derajat Celcius), dan menjadi lebih hangat di musim panas.

Meski suhunya masih tergolong “lumayan” jika dibandingkan kutub selatan, namun tidak setiap hewan dapat hidup di sana. Di antara sedikit yang mampu bertahan di kutub utara, berikut ini beberapa di antaranya.

Beruang kutub

Beruang kutub mampu bertahan hidup di kutub utara, berkat adanya bulu tebal berminyak serta lapisan lemak di bawah kulit mereka. Hewan ini memangsa anjing laut sebagai makanannya, dan biasa menghabiskan waktunya untuk berkumpul di atas es atau berenang di dalam air untuk memburu mangsa.

Pada waktu musim panas, anjing laut sulit didapat. Karenanya, beruang kutub pun makan sebanyak-banyaknya sebelum musim panas tiba untuk menggemukkan badan, sehingga mereka mampu hidup dari lemak yang mereka kumpulkan dalam tubuhnya.

Pada waktu musim dingin tiba, beruang kutub betina membuat gua yang terbuat dari es, dan berlindung dari cuaca ekstrim saat musim dingin. Anak-anak beruang kutub juga lahir saat induknya berada dalam gua tersebut.

Anjing laut

Ada dua jenis anjing laut yang hidup di kutub utara, yaitu anjing laut putih dan anjing laut cincin. Anjing laut putih dewasa memiliki panjang sekitar 1,8 meter, dengan berat antara 202 sampai 250 kilogram. Sedangkan anjing laut cincin memiliki ukuran lebih kecil—panjangnya tidak lebih dari 1,5 meter, dengan berat sekitar 81 kilogram.

Anjing laut putih memiliki lapisan lemak dan bulu yang tebal namun pendek berwarna putih, untuk membantu menghadapi dinginnya kutub utara. Mereka dapat menyelam sedalam 180 meter, dan mampu menahan napas selama seperempat jam untuk mencari makanan. Makanan favorit anjing laut ini adalah kerang dan ikan kecil.

Seperti anjing laut putih, anjing laut cincin juga memiliki lapisan lemak sangat tebal, namun tidak memiliki bulu yang tebal. Mereka juga memangsa kerang dan ikan-ikan kecil. Anjing laut ini mendapatkan namanya dari pola bulat yang berada di kulitnya yang menyerupai cincin.

Rusa karibu

Karibu adalah anggota dari keluarga rusa. Hewan ini memiliki bulu yang tebal sekaligus halus, dan bulu-bulu itulah yang membantu tubuh mereka tetap hangat di cuaca yang dingin.

Karibu menjalani hidupnya di kutub utara dengan cara berkelompok. Mereka memakan lumut-lumutan dan tumbuhan hijau lainnya. Pada waktu musim dingin, mereka pergi ke hutan bagian selatan kawasan kutub utara untuk berlindung dari angin dan salju. Ketika musim semi tiba, karibu meninggalkan hutan dan pergi ke kawasan tundra, tempat mereka melahirkan anak-anaknya.

Lembu musk

Lembu musk (musk ox) memiliki penampilan seperti hewan bermantel. Tubuhnya ditumbuhi bulu-bulu tebal yang tergerai lurus ke bawah, bahkan sampai ke tanah. Pada waktu musim panas, bulu-bulu mereka rontok, untuk kemudian kembali tumbuh pada waktu musim dingin yang berfungsi menjaga kehangatan tubuh mereka.

Lembu musk sering menjadi mangsa serigala kutub. Untuk itu, mereka pun lebih suka berkumpul bersama untuk melindungi diri, sekaligus untuk saling menghangatkan. Ketika serigala menyerang, para lembu musk membentuk lingkaran untuk mengelilingi anak-anak mereka. Lembu musk dewasa membela diri dan menyerang dengan tanduknya yang tajam.

Cerpelai

Di kawasan kutub utara, cerpelai dapat hidup di mana pun selama bisa membuat sarang. Sarang hewan ini biasanya terbuat dari kumpulan batu atau retakan-retakan tanah. Di sarang itu pula mereka membesarkan anak-anaknya, dan menyimpan makanan. Hewan ini biasa memangsa leming sebagai santapannya.

Cerpelai jantan dewasa memiliki panjang sekitar 30 sentimeter, sementara cerpelai betina berukuran lebih kecil. Mereka sangat langsing, sehingga dapat menyelinap masuk ke lubang-lubang yang dibuat leming.

Selain itu, cerpelai juga memiliki gerakan yang lincah sekaligus cepat, sehingga leming yang menjadi mangsanya sering kesulitan menyelamatkan diri. Ketika telah mendapatkan cukup makanan, cerpelai akan membawa makanannya ke sarang untuk disimpan.

Leming

Leming memiliki penampilan mirip hamster gemuk berbulu tebal. Ada dua jenis leming yang hidup di kutub utara, yaitu leming cokelat dan leming berkerah (collared lemming).

Leming cokelat hidup di wilayah agak basah, sedangkan leming berkerah lebih senang tinggal di kawasan berbatu. Ketika musim dingin tiba, kedua jenis leming itu tinggal di lubang-lubang di bawah es yang mereka jadikan sarang.

Ketika musim panas datang, mereka meninggalkan sarang untuk mencari makanan berupa dedaunan, rumput, akar, dan buah beri. Pada waktu makanan sedang banyak, leming betina mampu melahirkan enam anak sekaligus.

Kelinci arktik

Kelinci arktik hidup di wilayah lebih utara dibanding hewan-hewan lainnya. Mereka biasanya tinggal di bebatuan lereng bukit, sehingga dapat bersembunyi dari serigala, rubah, burung hantu, atau predator lain yang biasa memangsanya.

Kelinci arktik memakan rumput, batangan pohon, dan tumbuhan lain. Mereka biasa hidup dalam kawanan yang jumlahnya bisa mencapai ratusan, dan mereka bersama membentuk kelompok agar tetap hangat serta terlindung dari predator. Ketika bunyi kegaduhan muncul, misalnya karena kedatangan serigala, mereka akan melompat ke segala arah.

Burung arktik

Ketika salju mulai meleleh di kutub utara, ratusan hingga ribuan burung berdatangan ke sana untuk bersarang, membesarkan anak, juga untuk memakan tumbuh-tumbuhan dan serangga yang ada di sana.

Burung arktik terdiri atas burung laut, unggas air, dan jenis lainnya, dan mereka biasa bermigrasi ke sana hingga bulan Mei atau awal Juni. Mereka membuat sarang di tebing-tebing berbatu atau di sepanjang laut, sementara yang lain membuat sarang di rerumputan atau di bawah tanah.

Ketika musim dingin kembali datang, burung-burung migran itu pun meninggalkan kutub utara, dan pergi mencari tempat lain yang lebih hangat. Namun ada beberapa jenis burung, semisal jenis ptarmigan dan burung hantu salju, yang tetap tinggal di kutub utara sepanjang tahun.

Walrus

Seperti hewan-hewan kutub lainnya, walrus juga memiliki lapisan lemak tebal yang melindunginya dari dinginnya kutub utara. Mereka menjadikan krill dan kerang sebagai makanan sehari-hari, dan kumisnya yang tebal membantu mereka dalam mencari udang-udangan serta kerang di dasar laut.

Walrus suka berbaring menghabiskan hari di atas dinginnya es kutub utara, dan bulu tubuhnya yang tebal memungkinkan mereka bersantai dalam lingkungan salju. Walrus juga sering terlihat berkumpul dengan sesamanya di dalam air yang membeku atau di pantai, dan senang mengeluarkan suara yang kencang.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.