Hewan-hewan yang Hidup di Kutub Selatan

anjing laut

BIBLIOTIKA - Dibanding kutub utara, kutub selatan jauh lebih dingin. Jika kutub utara dikelilingi wilayah yang dapat dihuni manusia, kutub selatan adalah benua dengan pegunungan dan danau yang dikelilingi oleh lautan.

Wilayah itu adalah satu-satunya tempat di bumi yang tidak dimiliki siapa pun, juga tidak ditempati siapa pun, karena udaranya yang amat dingin. Benua paling selatan memiliki sekitar 90 persen es di dunia, yang berarti hampir tiga perempat air tawar bumi terhimpun di sana.

Antartika atau kutub selatan begitu dingin, sehingga salju tidak pernah mencair di sana. Suhu rata-ratanya sekitar minus 56 derajat Fahrenheit (minus 49 derajat Celcius), dan merupakan iklim paling dingin di bumi. Karenanya sangat sulit untuk dapat bertahan hidup di sana, meski ada sebagian kecil hewan yang mampu melakukannya. Berikut ini adalah hewan-hewan yang mampu bertahan dalam dinginnya wilayah Antartika.

Penguin

Penguin merupakan kelompok burung, namun tidak dapat terbang. Ada empat spesies penguin yang hidup di kutub selatan, yaitu Emperor, Adelie, Chinstrap, dan Gentoo. Mereka memiliki lemak yang tebal dan susunan bulu yang saling tumpang tindih pada tubuhnya, yang menjaga mereka tetap hangat dalam cuaca dingin yang ekstrim.

Selain itu, bentuk tubuh penguin juga memungkinkan mereka beradaptasi dengan kemampuan berenang dan menyelam. Mereka hidup secara berkoloni, dan mengkonsumsi ikan yang hidup di laut.

Anjing laut

Ada lima spesies anjing laut yang hidup di kutub selatan, yaitu Waddle, Ross, Crabeater, Leopard, dan Fur. Mereka memakan ikan, krill, serta cumi-cumi, dan biasa berburu mangsa dengan menggunakan echolocation, yaitu kemampuan “penglihatan” dengan menggunakan gelombang sonar. Di Antartika, populasi anjing laut berkembang pesat karena kurangnya predator alami.

Ikan paus

Spesies paus yang hidup di kutub selatan adalah spesies paus baleen (paus yang lebih besar dan memiliki dua lubang sembur), serta jenis paus bergigi (yang berburu mamalia besar seperti cumi dan ikan besar).

Mereka tinggal dan makan di kutub selatan pada waktu musim dingin, dan bermigrasi jauh ke Arktik atau kutub utara untuk berkembang biak selama musim panas.

Burung laut

Burung laut adalah burung yang mampu terbang jauh, dan dapat hidup di darat maupun di laut. Mereka memiliki selaput kaki, dan bulu-bulu yang lebat, yang memungkinkannya bertahan hidup dalam cuaca yang ekstrim. Ada 35 spesies burung laut (termasuk penguin) yang hidup di kutub selatan.

Pada waktu musim panas, ketika makanan berlimpah, mereka berdatangan ke sana untuk makan dan berkembang biak. Ketika musim dingin tiba, mereka pun bermigrasi ke utara. Salah satu spesies tersebut, yakni elang laut, adalah burung laut terbang terbesar di dunia, dengan lebar sayap yang mencapai 4 meter.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.