Hewan-hewan yang Buta Sejak Lahir

Star nosed mole

BIBLIOTIKA - Kemampuan melihat atau persepsi visual memiliki peran penting bagi makhluk hidup, termasuk hewan. Indera penglihatan sangat penting bagi hewan, terutama dalam mengindentifikasi sumber makanan, serta menghindari predator.

Karena itu, penemuan atas beberapa hewan yang ternyata ditakdirkan buta sejak lahir cukup mengejutkan para ilmuwan. Bagaimana hewan-hewan buta itu menjalani hidupnya? Berikut ini ulasannya.

Star nosed mole

Meski tidak terlalu dikenal, Star nosed mole adalah hewan istimewa karena ia buta sejak lahir. Habitat hewan ini berkisar dari Kanada ke Georgia, dan biasa hidup di rawa-rawa serta lahan basah.

Karena buta, hewan itu pun mengandalkan indra penciumannya, menggunakan hidungnya yang berbentuk bintang, dalam mengenali makanan atau mengendus adanya predator.

Cave fish

Disebut ikan gua, karena cave fish hanya dapat ditemukan di dalam gua yang memiliki aliran air ke dalamnya. Selain buta, ikan ini juga tidak memiliki zat pigmen di kulit mereka.

Dalam mencari makanan, ikan ini mengandalkan sensor khusus—yang disebut papillae—yang membentuk baris pada kulit mereka. Dengan cara itu, cave fish pun dapat menavigasi lingkungan yang gelap.

Blind snakes

Persis seperti namanya, ular ini tidak dapat melihat alias buta. Blind snakes memiliki bentuk seperti cacing tanah yang panjang, dan mereka biasa hidup di liang bawah tanah.

Spesies ular ini ada yang memiliki warna merah muda, ungu, cokelat, atau berwarna perak, mengkilap, dan kecokelatan. Sebagai pengganti mata yang tak bisa melihat, ular ini memiliki detektor ruangan yang disebut light-detecting black eyespots pada sekujur tubuhnya.

Texas blind salamander

Salamander ini biasa hidup di dalam gua, dan di masa dewasanya dapat mencapai panjang hingga 13 sentimeter. Kedua matanya kecil, dan tersembunyi di bawah kulit.

Kenyataannya, salamander ini tidak bisa melihat, dan menghabiskan hidupnya di dalam gua-gua yang gelap. Sebagai ganti indra penglihatan, mereka menggunakan indra perasa di kulitnya.

Blind spider

Selama tahun 2009, para ilmuwan di Australia mencari dan menemukan spesies-spesies baru yang hidup di habitat bawah tanah. Hasilnya, mereka menemukan sekitar 850 spesies baru yang sebelumnya tidak dikenal.

Namun, di antara 850 spesies baru tersebut, yang paling mencengangkan adalah penemuan blind spider, yakni laba-laba buta, yang dianggap “penemuan tak terduga di tempat yang tak terduga”. Laba-laba itu ditemukan di lahan kering bagian barat Australia, dan mengandalkan bulu-bulu di kakinya untuk mengenali lingkungan sekitar.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.