Hewan-hewan Transparan yang Menakjubkan

katak transparan

BIBLIOTIKA - Keragaman hayati tidak hanya berwujud dalam banyaknya jenis hewan, namun juga pada penampilan mereka. Di dunia ini, ada hewan-hewan yang memiliki penampilan sangat unik, karena tubuhnya tembus pandang alias transparan. Karena transparan, organ-organ tubuh mereka pun bisa dilihat dengan mudah, seperti kita memandang isi gelas kaca yang bening.

Berikut ini adalah beberapa hewan istimewa yang memiliki penampilan sangat unik, yaitu kulit tubuh yang transparan.

Katak transparan

Katak transparan, yang juga disebut katak gelas, adalah anggota keluarga amfibi Centrolenidae (order Anura), dan merupakan hewan asli Venezuela. Jika umumnya katak memiliki warna kusam, katak transparan memiliki kulit yang tembus pandang.

Menyaksikan katak ini tak ubahnya melihat sebuah gelas bening, dan kita bisa melihat isi di dalamnya. Karenanya, kita pun dapat melihat organ tubuh katak transparan dengan jelas, karena kulitnya serupa gelas bening.

Ikan transparan

Ikan ini bernama Barreleye (Macropinna microstoma), dan memiliki bentuk tubuh sebagaimana ikan-ikan lain pada umumnya. Namun, yang menjadikannya unik, bagian kepalanya transparan, sehingga tampak bening seperti gelas kaca.

Selain itu, ikan ini memiliki mata yang dapat bergerak maju mundur serta ke atas dan ke bawah, sehingga dapat melihat ke belakang melalui bagian kepalanya yang transparan. Ikan bermulut kecil ini masuk dalam genus Macropinna, dari ordo Opisthoproctidae, dan dari keluarga Barreleye.

Kupu-kupu transparan

Kupu-kupu istimewa ini ditemukan di Amerika Tengah, dari Meksiko hingga Panama. Ia disebut Glasswing Butterfly (Greta Oto). Sebagaimana namanya, kupu-kupu ini memiliki sepasang sayap yang transparan mirip kaca bening, sehingga urat-urat pada sayapnya bisa terlihat dengan jelas. Jika kupu-kupu biasa sudah tampak indah, maka kupu-kupu transparan ini indah sekaligus unik.

Cumi-cumi transparan

Cumi-cumi ini bernama Glass squid (Teuthowenia pelusida), dan ditemukan di belahan bumi bagian selatan. Hewan ini memiliki tubuh yang transparan, serta memiliki organ cahaya pada matanya. Selain itu, cumi-cumi ini memiliki kemampuan menggulung tubuhnya seperti landak laut. Sayangnya, cumi-cumi unik ini sering menjadi mangsa ikan-ikan besar di laut, serta ikan paus.

Ikan es transparan

Di perairan dingin Antartika, ada spesies yang disebut ikan es. Namun, ada satu jenis ikan es yang istimewa, yang disebut Channichthyidae, karena memiliki tubuh yang transparan. Bahkan darah mereka pun transparan, karena tidak memiliki hemoglobin.

Secara keseluruhan, ikan ini benar-benar seperti gelas bening. Metabolisme mereka hanya bergantung pada oksigen yang terlarut dalam cairan darah, yang akan diserap secara langsung melalui kulit dari air. Mereka biasa memakan krill, dan ikan-ikan kecil.

Ubur-ubur transparan

Ubur-ubur transparan, yang disebut Phylum cnidaria, memiliki bentuk tubuh sebagaimana ubur-ubur umumnya. Namun, yang membedakan, tubuh ubur-ubur ini transparan sehingga tampak bening, dan biasanya sulit terlihat.

Mereka bisa ditemukan di berbagai wilayah laut, dan dapat tumbuh hingga sepanjang 10 sentimeter, serta biasa memakan tanaman kecil dalam air yang disebut fitoplankton (ganggang laut). Ubur-ubur unik ini berasal dari genus Arctapodema.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.