Hewan-hewan Termahal di Dunia

White lion cubs

BIBLIOTIKA - Beberapa hewan diperjualbelikan karena keindahannya, atau karena kelangkaannya. Meski di beberapa negara telah diberlakukan pelarangan memperjualbelikan hewan-hewan tertentu—karena kelangkaannya—namun di pasar gelap masih terjadi aktivitas jual beli yang melibatkan beberapa hewan yang dilarang.

Berikut ini beberapa hewan yang dianggap memiliki harga sangat mahal di dunia, karena faktor keindahan atau kelangkaannya. Umumnya, konsumen hewan-hewan ini adalah para kolektor yang ingin menjadikan hewan-hewan tersebut sebagai peliharaan.

White lion cubs

White lion cubs adalah anak singa yang tubuhnya berwarna putih. Hewan ini sangat langka, karena tampilannya mirip hewan dalam dongeng. Warna matanya hampir sama dengan singa umumnya, namun hewan satu ini memiliki lapisan pigmen kulit yang berbeda dengan singa lain, sehingga tampak putih mengkilap.

Di pasaran, harga hewan ini mencapai 138.000 dolar per ekor. Mahalnya harga tersebut karena permintaan yang tinggi, namun ketersediaannya yang sangat langka.

Simpanse

Simpanse, yang merupakan primata dengan kekerabatan paling dekat dengan manusia, memang dianggap sebagai hewan yang sangat pintar. Hewan yang habitat aslinya di Afrika Tengah dan Afrika Barat ini dapat mencapai berat 52 kilogram, dan yang jantan biasanya lebih besar dibanding yang betina.

Hewan ini terancam punah, namun di beberapa negara masih dilegalkan praktik jual belinya. Satu simpanse rata-rata dihargai 60.000 sampai 65.000 dolar.

Lavender albino python

Lavender albino python adalah ular dengan kulit berwarna lavender yang dihiasi pola-pola indah berwarna kuning. Hewan ini sangat langka, sehingga harganya pun dibandrol cukup tinggi, yaitu 20.000 dolar per ekor.

Reticulated albino type II tiger python

Hewan ini juga seekor ular, dan merupakan spesies yang langka. Di pasaran, harga ular ini mencapai 15.000 dolar. Yang menjadikannya mahal, spesies ular ini memiliki kulit dengan pola menyerupai tutul-tutul harimau, sehingga menjadikannya unik.

Hyacinth macaw

Hyacinth macaw adalah burung besar yang sangat indah menyerupai cendrawasih. Panjang burung ini mencapai 1 meter, dengan sayap selebar 1,2 meter ketika mengembang, dan umumnya memiliki warna biru terang. Seekor burung ini dibandrol seharga 6.500 sampai 12.000 dolar.

Striped ball python

Striped ball python adalah ular besar dengan tubuh berpola garis-garis yang sangat unik. Garis-garis itu berwarna kuning dengan tepi berwarna hitam. Dibandrol dengan harga sekitar 10.000 dolar, ular ini dianggap sebagai ular yang sangat unik karena memiliki warna tubuh yang sangat berbeda dibanding ular-ular lain.

Monyet debrazzas

Monyet debrazzas dikenal keunikannya berkat janggut putih yang khas, dan bulu abu-abu yang menghiasi tubuhnya. Beberapa spesies kadang ada yang berbulu kuning. Hewan ini dapat hidup hingga mencapai usia 22 tahun, dan umumnya dijual ketika masih bayi dengan harga sekitar 10.000 dolar. Ketika masih kecil, hewan ini sangat jinak, namun kadang menjadi buas ketika mencapai dewasa.

Mona guenon

Mona guenon memiliki habitat asli di hutan tropis Afrika Barat, namun hewan ini dapat menyesuaikan diri dengan kondisi hutan apa pun. Untuk dapat memiliki hewan ini diperlukan lisensi khusus, sehingga setiap orang yang ingin memilikinya harus mengantungi surat izin. Di pasaran, hewan ini dijual dengan harga 6.000 dolar.

Kucing sabana

Kucing sabana adalah hasil perkawinan silang antara kucing liar (serval) Afrika, dengan kucing rumah. Hewan ini dibiakkan dengan proses yang hampir mirip dengan kucing bengali, namun jauh lebih sulit.

Kucing serval Afrika memiliki ukuran besar, dengan berat mencapai 18 kilogram, sementara kucing rumah berukuran kecil dengan berat yang jauh dari itu. Karenanya, proses mengawinkannya bukan hal mudah, sehingga harganya pun menjadi mahal. Di pasar, rata-rata kucing ini dijual dengan harga antara 4.000 sampai 10.000 dolar.

Chinese crested hairless puppies

Chinese crested hairless puppies adalah anjing yang kuat, penuh semangat, juga dapat bersahabat baik dengan manusia. Karenanya, anjing ini pun dapat diandalkan sebagai sahabat yang menyenangkan. Spesies hewan ini termasuk langka, dan diketahui berasal dari Afrika. Mereka dapat hidup antara 10 sampai 12 tahun. Di pasaran, hewan ini dijual dengan harga antara 4.000 sampai 5.000 dolar.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.