Hewan-hewan Terkuat di Dunia

Beruang Grizzly

BIBLIOTIKA - Bagaimana menakar ukuran “terkuat” untuk hewan? Kita tentu tidak bisa langsung menyatakan bahwa hewan bertubuh besar seperti gajah atau badak yang paling kuat—meski dalam beberapa hal memang begitu. Agar penilaian itu adil, kita juga harus membandingkan ukuran tubuh masing-masing hewan dengan ukuran beban yang mampu dibawa atau dipindahkannya. Dalam hal itu, tidak semua hewan bertubuh besar layak dianggap kuat.

Berikut ini adalah hewan-hewan yang dianggap terkuat di dunia, berdasarkan penilaian di atas.

Beruang grizzly

Beruang grizzly adalah hewan pegunungan yang paling kuat. Beruang ini mampu mengangkat beban hingga 0,8 kali berat tubuhnya. Jadi, umpama berat tubuhnya 600 kilogram, dia mampu mengangkat beban yang memiliki berat sekitar 480 kilogram.

Kerang

Hewan ini mampu membawa beban yang beratnya dua kali berat tubuhnya. Cangkang kerang sangat berat, dibandingkan dengan tubuhnya yang relatif kecil.

Anaconda

Berat seekor anaconda bisa mencapai 250 kilogram, dan ular sebesar itu mampu melilit serta menelan hewan lain yang memiliki ukuran sama dengan dirinya hingga mati.

Harimau

Jika seekor harimau memiliki berat tubuh 300 kilogram, dia dapat membawa beban yang beratnya 600 kilogram. Selain dapat membawa benda yang beratnya dua kali berat tubuhnya, harimau juga bisa melakukannya sambil meloncati pagar setinggi 3 meter.

Kerbau jantan

Hewan ini mampu mendorong dan mengangkut beban yang memiliki berat 1,5 kali berat tubuhnya di atas permukaan tanah yang sangat kasar. Jika berat tubuhnya 600 kilogram, dia mampu membawa beban hingga 1 ton.

Elang

Elang adalah burung paling kuat. Ia dapat membawa beban seberat empat kali berat tubuhnya sambil terbang.

Gorila

Gorila dapat memindahkan sesuatu yang sepuluh kali berat tubuhnya. Jika seekor gorila memiliki berat 250 kilogram, dia dapat memindahkan benda yang beratnya 2,5 ton. Itu setara dengan kekuatan sekitar 30 orang laki-laki dewasa.

Semut pemotong daun

Spesies semut ini mampu mengangkat daun yang beratnya 50 kali berat tubuhnya. Jika kemampuan relatif semacam itu dimiliki manusia, maka ia bisa mengangkat truk.

Gajah

Gajah adalah hewan mamalia paling kuat. Berat tubuhnya sekitar 6 ton, dan dia dapat membawa beban sekitar 10 ton. Karena itu, kekuatan seekor gajah hampir sama dengan kekuatan 130 orang laki-laki dewasa.

Kumbang badak

Hewan ini bukan hanya serangga paling kuat, tetapi juga hewan terkuat di dunia—jika dibandingkan dengan ukuran dan berat tubuhnya. Seekor kumbang badak mampu memindahkan sesuatu yang beratnya 850 kali berat tubuhnya.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.