Hewan-hewan Terbesar Sepanjang Sejarah

Ornithocheirus

BIBLIOTIKA - Pada masa sekarang, mungkin hewan terbesar yang masih hidup hanya paus biru. Namun, di zaman dinosaurus hidup, hewan-hewan memiliki ukuran raksasa yang besarnya puluhan kali lipat dari hewan-hewan yang biasa kita lihat di masa sekarang. Di antara hewan-hewan besar yang pernah hidup di bumi, berikut ini adalah beberapa yang dianggap paling besar sepanjang masa.

Argentinosaurus, hewan darat terbesar

Argentinosaurus adalah hewan darat paling besar sepanjang masa. Ia hidup pada zaman Cretaceous, atau 100 juta tahun yang lalu. Dengan tubuh sepanjang 45 meter dan berat hingga 95 ton, hewan ini tiga puluh kali lebih besar dibanding gajah Afrika. Mereka biasa hidup berkelompok, dan sering kali menjadi sasaran predator raksasa lainnya semacam Giganotosaurus.

Ornithocheirus, hewan terbang terbesar

Ornithocheirus merupakan hewan terbesar yang pernah terbang. Bentangan sayapnya dari ujung ke ujung mencapai 18 meter atau 46 kaki. Hewan besar ini dapat terbang karena tubuhnya berongga, sehingga memudahkannya untuk mengangkasa di udara.

Ornithocheirus menjadikan ikan sebagai santapannya. Meskipun hewan ini besar, namun sering kali ia menjadi santapan hewan besar lainnya, semisal Deinosuchus atau Sarchosucus.

Giganotosaurus, predator darat terbesar

Struktur tubuh Giganotosaurus mirip Tyrannosaurus-rex, tetapi lebih tinggi. Jika tubuh T-rex hanya setinggi 9 meter, Giganotosaurus dewasa mencapai tinggi 13 meter. Ia dinobatkan sebagai predator darat terbesar sepanjang masa. Hewan ini hidup berkelompok, dan biasa memangsa hewan besar lain, semisal Argentinosaurus dewasa.

Liopleurodon, predator laut terbesar

Jika Giganotosaurus menjadi penguasa daratan, Liopleurodon adalah predator lautan. Hewan yang hidup pada 140 juta tahun yang lalu itu memiliki panjang hingga 25 meter, ukuran tengkorak sepanjang 5 meter, dan dilengkapi gigi-gigi mengerikan sepanjang 30 sentimeter. Ia biasa memangsa paus dan berbagai makhluk berdaging lain di lautan.

Megalodon, hiu purba terbesar

Dianggap sebagai hiu yang hidup di masa purba, Megalodon merupakan nenek moyang hiu modern, dan tentunya memiliki ukuran tubuh yang luar biasa besar. Megalodon kecil berukuran sekitar 6 meter panjangnya, sedang Megalodon dewasa berukuran sekitar 18 meter atau sebesar kapal. Makanan raksasa laut ini biasanya seekor paus. Cara mereka makan pun sama dengan hiu modern.

Sarcoshucus, predator amfibi terbesar

Sarcosuchus adalah keluarga dekat buaya, dan merupakan buaya paling besar dalam keluarga buaya. Sebagaimana buaya modern, Sarcoshucus juga bisa hidup di air maupun darat.

Tubuh hewan ini sepanjang 50 kaki, dengan berat sekitar 8 sampai 10 ton, atau setara dengan ukuran sebuah bus. Sebegitu besarnya, Sarcosuchus kadang bisa memakan seekor dinosaurus raksasa yang sedang minum air di sungai tempat ia tinggal.

Deinosuchus, hewan amfibi terbesar

Deinosuchus merupakan nenek moyang keluarga buaya. Jika Sarcosuchus memiliki mulut panjang, mulut deinosuchus lebih pendek. Hewan ini diperkirakan memiliki gigi sepanjang 10 sentimeter, dan mulutnya memiliki kekuatan gigitan dua kali gigitan singa.

Tubuh hewan ini sepanjang 45 kaki, dan berat sekitar 12 ton. Meski ukuran tubuhnya besar, namun ia juga bisa meloncat sampai tinggi. Deinosuchus bisa memakan seekor Pterodactyl ukuran dewasa.

Paus biru, hewan terbesar modern

Paus biru (blue whale) adalah hewan terbesar di zaman modern, dan dianggap sebagai hewan paling besar di masa kini. Anggapan itu memang pantas, karena hewan ini memiliki panjang sekitar 100 kaki, dengan berat lebih dari 50 ton. Uniknya, meski tubuhnya sangat besar, hewan ini hanya memakan plankton dan organisme kecil di air.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.