Hewan-hewan Terbesar dan Terkecil di Dunia

gajah afrika

BIBLIOTIKA - Berbeda di zaman purba yang masih banyak hewan besar, di masa kini hewan-hewan memiliki ukuran yang relatif kecil. Namun bukan berarti di zaman modern tidak ada hewan besar sama sekali. Berikut ini adalah jenis-jenis hewan yang dianggap terbesar yang dapat ditemukan di zaman modern—dari hewan laut, hewan darat, reptil, amfibi, sampai serangga.
  1. Hewan terbesar di dunia adalah paus biru, dengan berat 190 ton, dan panjang 30 meter.
  2. Hiu terbesar adalah hiu paus, dengan panjang 13,6 meter dengan berat 22 ton.
  3. Hewan darat terbesar adalah gajah Afrika, dengan berat 13,5 ton, dan panjang (dari gading sampai ekor) 10,6 meter.
  4. Karnivora darat terbesar adalah beruang kutub, dengan berat hampir 1 ton, dan tinggi 3 meter.
  5. Reptil terbesar adalah buaya, yang pernah tercatat memiliki berat 1,9 ton dan panjang 6,3 meter.
  6. Hewan darat tertinggi adalah jerapah, dengan berat 2 ton dan tinggi 5,8 meter.
  7. Burung terbesar adalah burung unta, dengan berat 156 kilogram dan tinggi 2,7 meter.
  8. Amfibi terbesar adalah salamander raksasa Cina, dengan berat 4 kilogram dan panjang 1,83 meter.
  9. Invertebrata terbesar adalah cumi raksasa, dengan berat 494 kilogram dan panjang 14 meter.
  10. Serangga terbesar adalah kumbang goliat, dengan berat 115 gram dan panjang 11,5 sentimeter.

Jika ada hewan terbesar, maka ada pula hewan terkecil. Hewan-hewan terkecil yang dimaksud di sini adalah hewan-hewan yang biasanya dapat tumbuh hingga besar, namun—entah mengapa—pertumbuhannya berhenti sehingga ukurannya sangat mini.

Spesies-spesies tersebut menjalani hidup dengan normal sebagaimana hewan lain, namun ukurannya yang mini menjadikan mereka aneh, unik, dan langka. Berikut ini beberapa spesies hewan yang dianggap terkecil di dunia.

Anjing terkecil

Ducky, seekor anjing di Massachusetts, USA, dinobatkan sebagai anjing terkecil di dunia oleh Guinness Book of World Records, karena ukurannya cuma 4,9 inci (12,4 sentimeter). Anjing terkecil sebelumnya yang pernah memegang rekor Guinness World Records adalah seekor Yorkshire terrier yang memiliki tinggi 2,8 inci.

Ular terkecil

Leptotyphlops carlae adalah spesies ular terkecil di dunia, karena rata-rata panjangnya tidak mencapai 4 inci. Ular kecil ini ditemukan di kepulauan Karibia, Barbados, dengan ukuran yang kecil mirip mie, dan dapat melingkar nyaman di atas uang logam.

Ikan terkecil

Pada bulan Januari 2006, seekor ikan yang merupakan spesies dari ikan gurami (Paedocypris progenetica) ditemukan di pulau Sumatera, Indonesia, dan dinyatakan sebagai ikan terkecil di dunia, karena panjangnya hanya 7,9 milimeter (0,3 inci).

Kucing terkecil

Kucing yang masuk dalam daftar Guinness Book of World Records sebagai kucing terkecil sedunia adalah seekor kucing berusia 2 tahun yang tinggal di Illinois, USA. Kucing itu hanya berbobot 3 pon.

Hamster terkecil

Peeweee adalah nama yang diberikan untuk seekor hamster yang dinobatkan sebagai hamster terkecil di dunia. Ukurannya tidak lebih dari ukuran uang logam, dengan berat kurang dari 1 ons. Pertumbuhan badan hamster ini berhenti ketika ia berusia 3 minggu.

Bunglon terkecil

Brookesia minima adalah spesies bunglon yang terkecil sedunia, karena panjangnya cuma setengah inci. Ditemukan di utara pantai barat Madagaskar.

Kuda terkecil

Kuda thumbelina adalah kuda terkecil di dunia, yang dilahirkan di pembiakan kuda kerdil Paulus & Goessling Kay. Tinggi badannya hanya 17 inci.

Kadal terkecil

Nama ilmiah kadal ini adalah Sphaerodactylus ariasae, dan merupakan kadal terkecil di dunia. Ukuran panjangnya hanya sekitar 16 milimeter.

Sapi terkecil

Sapi terkecil berasal dari India, dan di sana disebut sapi vechur. Rata-rata tinggi sapi tersebut hanya sekitar 31 inci.

Kuda laut terkecil

Kyla adalah kuda laut terkecil di dunia, dengan ukuran panjang badan hanya 13 melimeter. Kyla hidup di perairan tropis samudera Pasifik barat, antara 13 sampai 90 meter di bawah permukaan laut.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.