Hewan-hewan Sungai Paling Mengerikan

Goliath tigerfish

BIBLIOTIKA - Tak jauh beda dengan hutan, sungai adalah tempat hidup bagi ribuan jenis hewan air tawar. Tidak hanya udang atau ikan-ikan yang biasa kita kenal, di sungai juga hidup ikan-ikan aneh dengan penampilan yang menyeramkan, sehingga sering disebut monster sungai. Berikut ini adalah hewan-hewan sungai yang dianggap paling mengerikan di dunia.

African lungfish

Penampilan ikan ini mirip lele yang biasa kita lihat. Namun, karena hidup dalam lingkungan yang kurang oksigen, penampilan hewan ini pun jadi menyeramkan layaknya ikan-ikan yang biasa hidup di kedalaman dasar laut. Meski tampilannya menyeramkan, namun hewan ini sesungguhnya tidak berbahaya.

Goliath tigerfish

Goliath tigerfish merupakan varian terbesar dalam keluarga tigerfish, dan merupakan predator yang hebat. Dengan tubuh sepanjang 1,5 meter lebih, ikan ini terkenal karena kekuatan dan kecepatannya. Sementara gigi-giginya yang tajam dan besar-besar menjadikan ikan ini sebagai predator sungai yang mengerikan.

Piranha vampir

Ikan ini merupakan kerabat dekat ikan piranha yang terkenal ganas dari sungai Amazon. Ia dinamai piranha vampir karena giginya sangat tajam, dengan panjang mencapai 6 inci. Ikan mengerikan ini jarang ditemui, dan hanya hidup di sungai Orinoco, Venezuela.

Mekong giant catfish

Dianggap sebagai ikan air tawar terbesar, mekong giant catfish memiliki ukuran tubuh yang setara dengan ikan paus—tidak umum bagi ikan yang hidup di air tawar. Ikan rakasasa ini ditemukan di perairan Cina.

Bagarius yarelli

Ikan ini dijuluki “Yeti dari sungai”, selain juga disebut lele pemakan daging. Bagarius yarelli yang habitatnya tersebar di beberapa negara di Asia ini memiliki gigi-gigi yang tajam dengan panjang hingga 1 inci.

Alligator gar

Hewan sungai ini penampilannya tampak seperti perpaduan antara ikan dan aligator, karena memiliki moncong yang panjang dan tampak buas. Hewan yang hidup di Amerika Utara ini jarang berburu mangsa, namun biasa menunggu mangsa yang lewat di depan mulutnya. Begitu ada mangsa muncul, ia akan menerkamnya dengan kecepatan yang luar biasa.

Pirarucu

Tampilan fisik ikan ini sekilas mirip ikan arwana, dengan tubuh berukuran panjang. Ia juga suka meloncat ke permukaan air untuk mencari mangsa atau menghirup udara. Selain itu, ia juga menggunakan kepalanya untuk senjata pertahanan diri, khususnya jika terdesak. Meski tampak menyeramkan, ikan ini sesungguhnya tidak berbahaya.

Chinese paddle fish

Ikan yang berasal dari Cina ini memiliki tampilan yang buruk layaknya monster, sehingga dijuluki ikan dengan wajah terburuk di dunia. Ia ditemukan pertama kali di sungai Yangtze, Cina, namun sekarang sudah sangat jarang ditemukan sehingga diperkirakan telah punah.

Piraiba catfish

Ikan raksasa ini dapat tumbuh hingga sepanjang 3 meter, dengan berat lebih dari 272 kilogram. Selain ukurannya yang luar biasa, ikan ini juga terkenal sangat kuat, sehingga beredar rumor yang menyatakan bahwa hilangnya para pemancing di sungai karena diseret ikan ini hingga tenggelam.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.