Hewan-hewan Predator dari Amazon

piranha

BIBLIOTIKA - Kawasan Amazon sering dijadikan setting lokasi untuk kisah-kisah menegangkan dalam film-film Hollywood, khususnya kisah yang melibatkan hewan-hewan mengerikan. Di Amazon memang terdapat beberapa predator yang terkenal berbahaya, di antaranya ikan piranha, pirarucu, lele (Amazon catfish), dan ular anaconda. Berikut ini profil singkat hewan-hewan predator tersebut.

Piranha

Piranha adalah ikan air tawar omnivora yang hidup di sungai-sungai di Amerika Selatan. Di sungai-sungai Venezuela, mereka disebut caribes. Mereka terkenal dengan ciri gigi tajam dan pemakan daging.

Keganasan ikan ini telah menjadi legenda, khususnya karena sering diangkat ke layar lebar. Namun, meski begitu, ikan piranha kadang juga dibudidayakan sebagai hewan peliharaan.

Pirarucu

Ikan yang kadang juga disebut araipama atau paiche ini adalah ikan air tawar terbesar di dunia, yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Pirarucu dapat tumbuh hingga sepanjang 3 meter, dengan berat 200 kilogram.

Meski begitu, pada saat ini sudah jarang terdapat ikan pirarucu yang berukuran lebih dari 2 meter, karena sering ditangkapi untuk konsumsi penduduk atau diekspor ke negara lain.

Amazon catfish

Amazon adalah ibukota lele sedunia. Amazon catfish adalah sebutan spesies lele yang hidup di Amazon. Tidak ada sungai mana pun di dunia ini yang memiliki spesies lele sekaya Amazon. Diperkirakan lebih dari 2.800 spesies ikan yang berbeda hidup di Amazon, dan setengah dari jumlah itu adalah ikan lele.

Dengan 15 keluarga dan lebih dari 1.200 spesies, lele tidak hanya mendominasi di Amazon, tetapi juga di dunia. Ukuran ikan-ikan itu beragam, mulai dari 2 sentimeter, hingga 3 meter panjangnya. Beberapa menghuni sawah, sedang yang lainnya hidup di perairan. Amazon catfish berukuran besar adalah pemangsa yang berbahaya. 

Anaconda

Ini salah satu ular paling terkenal di dunia, karena sering menjadi “tokoh” dalam film-film Hollywood. Ular mengerikan ini merupakan predator yang sangat ditakuti, baik oleh sesama hewan maupun manusia. Hewan-hewan besar semacam kambing atau kuda pun menjadi mangsa ular ini.

Karena keganasannya, anaconda menjadi bagian cerita rakyat Amerika Selatan, dan ular ini digambarkan sebagai makhluk yang dapat berubah bentuk, yang disebut encantados. Sementara bagi masyarakat Amerika lainnya, anaconda mewakili “ular besar yang dapat menghancurkan mangsanya”.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.