Hewan-hewan Paling Peduli dengan Sesamanya

bullfrog afrika selatan

BIBLIOTIKA - Di hutan Amazon, ada spesies semut yang memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap sesamanya. Ketika banjir datang melanda hutan tersebut, ribuan semut dalam koloni itu saling bekerjasama dan berpegangan membentuk rakit yang terdiri atas tubuh mereka. Melalui rakit yang terbuat dari ribuan tubuh semut tersebut, ratu semut dan anak-anak semut menyelamatkan diri dari genangan banjir menuju ke tempat yang aman.

Di antara banyaknya semut yang mengorbankan dirinya menjadi rakit itu, sebagian hilang atau tewas, karena dimakan ikan atau tenggelam. Tapi semut-semut yang lain akan terus menggantikannya, hingga semua anggota koloni mereka selamat. Kepedulian semut Amazon terhadap sesamanya benar-benar membuat kagum dan takjub para ilmuwan yang mengamati mereka melalui rekaman video.

Selain semut Amazon, hewan lain yang juga memiliki kepedulian tinggi adalah kelelawar vampir, bullfrog Afrika Selatan, dan lumba-lumba. Berikut ini uraiannya.

Bullfrog Afrika Selatan

Bullfrog Afrika Selatan adalah katak berukuran besar, yang penampilannya mirip gumpalan bergerak. Hewan ini sangat peduli dengan anak-anaknya yang masih berupa kecebong. Ketika berhadapan dengan hewan lain yang lebih besar, misalnya gajah atau singa, bullfrog ini tidak lari selama ada anak-anaknya. Ia benar-benar melindungi mereka.

Ketika sekumpulan kecebong berjuang untuk bertahan hidup saat melewati air yang dangkal, bullfrog jantan juga menunjukkan kepeduliannya dengan cara menggali parit kecil di tempat yang akan dilalui kecebong-kecebong itu, agar mereka bisa terus berenang hingga sampai di air yang lebih dalam.

Kelelawar vampir

Namanya mungkin terkesan menyeramkan, dan kenyataannya kelelawar vampir memang penghisap darah. Namun mereka memiliki kepedulian tinggi terhadap sesamanya. Ketika ada anggota mereka yang sedang sakit sehingga tak bisa mencari makanan sendiri, kelelawar vampir akan membagikan makanannya dengan cara memuntahkan darah yang telah dihisapnya, untuk dibagikan pada sesamanya yang sedang sakit itu.

Lumba-lumba

Lumba-lumba memang sudah terkenal sebagai hewan cerdas, dan bersahabat dengan manusia. Namun, lebih dari itu, lumba-lumba juga hewan yang peduli dengan sesamanya. Berdasarkan catatan, beberapa tahun lalu lumba-lumba diketahui menanggapi panggilan darurat dari sekelompok paus yang sekarat karena terdampar di sebuah pantai di Selandia Baru, dan menolong mereka kembali ke laut.

Di Selandia Baru pula, sejumlah perenang sangat terkejut ketika mendapati beberapa lumba-lumba berenang mengelilingi mereka, kemudian lingkaran lumba-lumba itu memercikkan air dengan cara menggerak-gerakkan ekor mereka. Itu tingkah yang tidak biasa dari lumba-lumba. Sampai kemudian diketahui bahwa ulah lumba-lumba itu untuk menjauhkan beberapa hiu yang sedang mendekati para perenang tersebut.

Semut Amazon

Ketika banjir meluap di hutan Amazon, sekumpulan semut akan beradaptasi dengan cepat, dengan cara menghubungkan kaki mereka secara bersama-sama dan membentuk rakit. Hal menakjubkan itu pernah terekam lewat video, dan diperlihatkan bagaimana rakit yang terdiri atas para semut itu kemudian digunakan untuk berjalan ratu semut dan bayi-bayi mereka melewati air.

Untuk pengorbanan itu, beberapa semut memang hilang karena termakan ikan atau tenggelam, tetapi semut yang lain terus menggantikannya, hingga semua semut dalam koloni mereka selamat melewati genangan banjir.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.