Hewan-hewan Paling Lamban di Dunia

siput

BIBLIOTIKA - Jika cheetah dianggap sebagai hewan paling cepat di dunia, maka siput adalah hewan paling lambat di dunia. Kecepatan siput dalam berjalan hanya 0,03 meter per jam, sehingga “mengalahkan” hewan-hewan lain yang juga lambat semisal kura-kura, bintang laut, atau koala. Berikut ini adalah hewan-hewan paling lambat di dunia, dengan tingkat “kelambatan” yang luar biasa.

Siput

Siput menjadi hewan paling lamban di dunia, karena kecepatan berjalannya hanya 0,03 meter per jam. Lambatnya jalan mereka menjadikan siput mudah ditangkap sejak zaman prasejarah. Siput memiliki tubuh lunak berlendir yang rentan terhadap pengeringan, sehingga mereka hidup terbatas pada lingkungan lembap, dan harus mundur ke tempat persembunyian ketika cuaca mulai kering.

Kura-kura raksasa

Kura-kura raksasa merupakan hewan khas pulau tropis. Mereka adalah salah satu hewan di dunia yang paling panjang umur, dengan rata-rata usia 100 tahun atau lebih. Kura-kura memiliki kecepatan bervariasi menurut spesies. Kura-kura paling lambat di dunia telah dihitung memiliki kecepatan 0,13 hingga 0,30 meter per jam. Namun, ketika berenang, kecepatan mereka bisa mencapai 22 meter per jam.

Three-toed sloth

Three-toed sloth adalah anggota dari genus Bradypus dan keluarga Bradypodidae. Hewan ini seukuran anjing kecil, dengan kepala dan tubuh setinggi kurang lebih 60 sentimeter, dengan berat antara 3,5 sampai 4,5 kilogram. Hewan ini terkenal malas, dan lamban bergerak. Kecepatan jalannya hanya mencapai 0,15 meter per jam.

Bintang laut

Starfish atau bintang laut umumnya ditemukan dengan lima lengan yang menempel pada tubuh pusat. Bintang laut tidak tergantung pada kerangka, dan memiliki sistem vaskular air hidrolik yang membantu mereka bergerak. Hewan ini sangat lamban, karena kecepatan berjalannya hanya 8 meter per jam.

Manatee

Manatee adalah mamalia laut yang besar, yang juga dikenal sebagai sapi laut. Hewan ini memiliki berat rata-rata lebih dari 500 kilogram, dan dapat tumbuh hingga lebih dari 4,5 meter. Karena ukurannya yang besar tersebut, manatee pun sangat lamban berjalan. Kecepatan berjalannya hanya 13 meter per jam. Meski begitu, hewan ini dapat bertahan hidup hingga 70 tahun.

Manatee menghabiskan sebagian besar waktunya di antara tanaman yang ada di perairan dangkal yang hangat. Ia hewan herbivora, dan karena itu hanya memakan tanaman air seperti rumput laut dan ganggang.

Gila monster

Gila monster (Heloderma suspectum) adalah spesies kadal besar, awalnya ditemukan di Amerika Serikat, juga Meksiko utara dan selatan. Hewan ini memiliki kaki kuat dan cakar panjang yang digunakan untuk menggali, dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di liang bawah tanah.

Karena kebiasaan hidupnya, kadal ini pun sangat lamban berjalan—hanya 15 meter per jam. Ia memakan tikus, kelinci kecil, dan telur burung-burung yang ditemukan di dalam tanah.

Koala

Koala adalah mamalia marsupial dan merupakan hewan malam. Tangan dan kakinya secara khusus sesuai untuk memanjat pohon, namun tidak untuk berjalan. Karenanya, hewan ini termasuk sangat lambat, kecepatan jalannya hanya 25 meter per jam.

Koala biasa tidur di pohon-pohon kayu putih di siang hari. Hewan yang habitatnya terancam punah ini merupakan spesies yang dilindungi.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.