Hewan-hewan Paling Ganjil di Dunia

olm

BIBLIOTIKA - Tidak semua hewan tampak seperti hewan yang biasa kita lihat. Di antara banyaknya spesies hewan yang ada di bumi ini, ada cukup banyak hewan yang memiliki penampilan aneh, jauh dari kebanyakan hewan yang biasa kita saksikan, sehingga dianggap ganjil. Di antara hewan-hewan yang dianggap ganjil itu, berikut ini adalah beberapa di antaranya yang perlu diketahui.

Olm

Olm (Proteus anguinus) adalah hewan amfibi yang biasa menempati gua-gua terdalam dan tergelap di Eropa  (yang paling terkenal di Slovenia), dan dulu pernah disangka sebagai “anak naga”. Hewan ini merupakan salah satu hewan yang dianggap ganjil, karena penampilannya yang sangat berbeda dari kebanyakan hewan yang biasa kita kenal.

Olm terlahir dalam keadaan buta total, serta mengalami kekurangan pigmentasi (zat warna) tubuh. Meskipun buta, olm mampu menangkap sinyal-sinyal kimiawi dan sinyal-sinyal kelistrikan melalui reseptor-reseptor yang ada di seluruh badannya. Hewan itu memiliki kulit lunak serta pucat, yang menyerupai warna kulit manusia yang sangat pucat.

Gurita mantel

Gurita mantel (Tremoctopus violaceus) adalah spesies gurita yang sangat tidak mirip dengan umumnya gurita lainnya.

Biasa hidup di kedalaman laut, gurita mantel juga memiliki ciri yang sangat unik, yaitu hewan betinanya memiliki ukuran yang 40.000 kali lebih besar dari jantannya. Jika jantannya hanya memiliki panjang sekitar 2,4 sentimeter, betinanya dapat memiliki panjang 2 meter. Ketika merasa terancam, gurita yang betina dapat memperbesar membran di tubuhnya yang mirip mantel di antara lengan-lengannya, sehingga tampak lebih besar lagi.

Katak gelas


Katak gelas (Centrolenidae) adalah spesies katak berukuran kecil yang hidup di wilayah tropis Amerika. Yang menjadikan katak ini sangat ganjil adalah penampilan tubuhnya yang tembus pandang atau tembus cahaya.

Tubuh katak ini bagaikan gelas, sehingga kita dapat melihat anatomi tubuhnya tanpa harus membedahnya. Beberapa organ internalnya, seperti jantung, usus, dan hati, dapat terlihat sempurna jika dilihat dari bawah.

Blobfish

Blobfish (Psychrolutes marcidus) adalah ikan yang hidup di perairan dalam. Penampilan ikan ini tampak muram, tidak terlihat segar atau bersemangat sebagaimana umumnya ikan lain.

Ditemukan di perairan sekitar Australia dan Tasmania, blobfish merupakan ikan yang sangat pasif dalam hidupnya. Mereka hanya memakan apa pun yang dapat dijangkaunya, dan tidak bergerak ke sana kemari sebagaimana ikan-ikan lain. Hewan ini memiliki berat badan yang lebih ringan dibanding air, sehingga ia nyaris tidak menggunakan energi ketika berenang di kedalaman air.

Assassin spider

Namanya terdengar menyeramkan. Namun, assassin spider (Archaeidae) hanya berukuran sekitar 2 milimeter. Meski penampilannya terlihat mengerikan, hewan ini tergolong tidak berbahaya bagi manusia.

Yang unik, laba-laba ini memiliki “leher” yang panjang, karena dibutuhkan untuk mendukung berat rahangnya yang besar. Selain itu, laba-laba ini juga memiliki gigi yang beracun.

Hatchetfish

Hatchetfish (Sternoptychidae) adalah ikan yang hidup di perairan dalam, dan biasa ditemukan di semua samudera, kecuali di daerah yang paling dingin. Ikan ini menghabiskan seluruh hidupnya di kedalaman laut yang gelap, dan memiliki penampilan yang sangat mengerikan. Tubuhnya tampak kotor, dan terlihat hanya melayang-layang di antara air—tidak begerak lincah sebagaimana umumnya ikan.

Di dalam kegelapan lingkungan hidupnya, ikan ini melihat sekelilingnya dengan mengandalkan sebuah organ penghasil cahaya yang terdapat pada sisi-sisi tubuhnya, yang memungkinkannya menangkap mangsa.

Kepiting berbulu

Kepiting berbulu (Kiwa hirsuta) dikenal pula dengan nama kepiting yeti. Hewan dari jenis krustasea ini tubuhnya ditutupi sesuatu yang tampak seperti bulu, namun sebenarnya merupakan penutup setae yang padat, sebagaimana yang biasa ditemukan pada kaki beberapa jenis udang.

Bulu-bulu yang terdapat pada tubuhnya itu berfungsi sebagai filter, yaitu mendetoksifikasi air tempat mereka hidup, sehingga kotoran tidak masuk ke pori-porinya. Kemampuan itu diperlukan, karena kepiting ini buta, dan hidup di dalam kegalapan laut.

Naga laut berdaun

Naga laut berdaun (Phycodurus eques) adalah spesies ikan yang masih berhubungan dengan kuda laut. Yang sangat unik, kawanan ikan ini menjalani hidupnya dengan berpura-pura menjadi ranting-ranting laut yang mengapung. Mereka biasa berenang sangat lambat. Sementara dorsal insang pektoralnya sangat transparan, sehingga hampir tidak bisa dilihat. Kebanyakan predator di laut bahkan tidak tahu kalau hewan ini ada.

Selain menjalani gaya hidup yang aneh, ikan ini juga memiliki kebiasaan reproduksi yang sama anehnya. Ketika bertelur, si betina akan meletakkan telurnya di badan si jantan, melalui sebuah tabung panjang. Si jantan akan membawa telur itu kemana-mana, sampai menetas. Ikan unik ini dapat ditemukan di pantai Australia wilayah selatan dan barat.

Tokek siluman berekor daun

Tokek siluman berekor daun (Uroplatus phantasticus) memiliki penampilan yang lebih mirip daun kering daripada seekor tokek. Karenanya, para predator pun sering kali sulit mengetahui keberadaannya. Tokek aneh ini hanya dapat ditemukan di wilayah Madagaskar, dan biasa tinggal di hutan bersama reptil-reptil aneh lainnya.

Hewan ini memiliki penampilan yang menakutkan, meski tidak berbahaya bagi manusia. Mereka termasuk pemakan serangga di habitatnya. Pada saat ini, spesies yang sangat unik ini terancam punah, karena banyak diburu penduduk dan karena rusaknya habitat alami mereka.

Ulat hemeroplanes

Ulat hemeroplanes sangat jarang terlihat, dan hanya dapat ditemukan di hutan hujan tropis di Meksiko dan Amerika Tengah. Hewan ini berukuran kecil, dan terlihat normal. Warna tubuhnya juga tampak kusam dan biasa-biasa saja.

Namun, ketika terancam predator—misal manusia atau hewan lain—ular ini akan berubah menjadi sosok yang mengundang perhatian. Ia akan menggantung pada sebuah cabang pohon dengan bagian belakang tubuhnya, kemudian mengangkat bagian depan tubuhnya hingga terlihat seperti ular berbisa yang siap mengeluarkan racunnya.

Tidak hanya mengancam, ular itu benar-benar akan menyerang musuhnya. Ajaibnya, meski ukurannya kecil, banyak hewan lain yang berukuran jauh lebih besar ketakutan kepadanya. Pada saat ini, ular aneh itu mulai terancam eksistensinya karena penggundulan hutan yang merusak habitatnya.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.