Hewan-hewan Monster Terkenal di Dunia

monster nessie

BIBLIOTIKA - Selama ribuan tahun, peradaban manusia mengenal kisah-kisah tentang monster—biasanya berbentuk hewan—yang diyakini menghuni tempat-tempat tertentu, semisal hutan lebat, pegunungan tinggi, atau danau-danau yang dalam.

Keberadaan monster-monster itu bisa saja imajinasi, atau memang fakta, atau fakta yang dibumbui imajinasi. Yang jelas, dari semua legenda mengenai monster yang pernah diceritakan, memang ada yang bisa dibuktikan kebenaran atau keberadaannya, namun lebih banyak yang tidak.

Di masa kini, kisah mengenai keberadaan monster semacam itu pun masih ada, dan diyakini menghuni beberapa tempat tertentu di dunia. Berikut ini adalah monster-monster yang masih diyakini di zaman ini, yang dipercaya menghuni beberapa danau terkenal di dunia.

Nessie, monster Danau Lochness

Di Skotlandia ada sebuah danau terkenal, bernama Danau Lochness. Yang menjadikan danau itu sangat terkenal, karena diyakini ada monster penunggu danau tersebut, yang dinamai Nessie. Legenda mengenai monster itu telah dimulai sejak seribu lima ratus tahun yang lalu, dan digambarkan sebagai makhluk berleher panjang, memiliki punuk di bagian punggung, panjangnya antara 15 sampai 20 kaki, serta beratnya diperkirakan sekitar 2.500 pon.

Pada tahun 1950-an, seseorang yang kebetulan berada di danau itu sempat mengambil potret Nessie melalui tustel, namun yang tertangkap hanya bagian punggungnya. Kemudian, pada tahun 1972, seorang mantan kapten angkatan laut bernama Frank Searle juga membuat beberapa foto mengenai monster tersebut, bahkan foto-fotonya beredar di berbagai surat kabar dan majalah. Namun, foto-foto itu diragukan kebenarannya, dan diyakini hanya sebagai foto kayu terapung. Sampai sekarang masih belum jelas apakah monster terkenal itu benar-benar ada atau tidak.

Nahuelito, monster Danau Nascardi

Jika di Skotlandia ada Danau Lochness, di Argentina ada danau yang sama terkenalnya, bernama Danau Nascardi. Sama seperti di Skotlandia, danau terkenal di Argentina itu juga diyakini dihuni oleh sesosok monster mengerikan. Seorang pria yang pernah menyaksikan monster itu menggambarkannya sebagai seekor ular besar yang belum pernah ia saksikan sebelumnya.

Kabar keberadaan monster itu pun berhembus kencang, dan berbagai spekulasi merebak. Beberapa kalangan meyakini bahwa makhluk di Danau Nascardi itu adalah Nahuelito (makhluk air yang juga sering terlihat di danau Nahuel Huapi). Sementara sebagian kalangan yang lain berpendapat bahwa monster itu sebenarnya adalah seekor Plesiosaurus yang berhasil selamat dari zaman purba.

Ogopogo, monster Danau Okanagan

Mula-mula, monster yang disebut Ogopogo itu terlihat pada tahun 1872, di sebuah danau di Kanada, yakni Danau Okanagan. Kabar keberadaan makhluk misterius yang diyakini sebagai monster itu semula tidak terlalu dipercaya. Namun, pada tahun 1926, makhluk itu muncul kembali di danau, dan kebetulan waktu itu ada sekitar 30 mobil yang sedang ada di sekitar danau. Orang-orang dalam mobil pun menyaksikan keberadaan monster itu.

Para saksi mata yang melihat monster itu mendeskripsikan makhluk itu sebagai hewan besar dengan panjang antara 5 sampai 6 meter, dan memiliki bentuk kepala seperti kambing atau kuda. Para ilmuwan yang mengkonfirmasi keberadaan makhluk itu lalu mengidentifikasinya sebagai salah satu Plesiosaurus yang berhasil selamat dari kiamat dino.

Champ, monster Danau Champlain

Keberadaan monster yang disebut Champ telah dimulai sejak ratusan tahun yang lalu. Monster itu diyakini menghuni Danau Champlain, yang terletak di dekat Oakledge Park, Burlington. Namun, selama ratusan tahun itu pula belum pernah ada seorang pun yang bisa membuktikan keberadaannya.

Pada tahun 1880, P.T. Barnum, seorang pemilik sirkus terkenal, menawarkan hadiah sebesar 50 ribu dolar bagi siapa pun yang bisa menangkap monster Champ hidup atau mati, tetapi hasilnya nihil.

Sampai kemudian, pada tahun 1977, seorang wanita bernama Sandra Mansi berhasil memotret monster itu ketika ia dan keluarganya kebetulan sedang berpiknik di dekat Danau Champlain. Foto-foto yang dibuat Sandra Mansi dinyatakan asli, dan foto-foto itu bahkan dimuat dalam majalah Time serta ditampilkan di harian The New York Times. Tetapi sampai sekarang keberadaan monster itu juga masih tidak jelas, karena belum ada lagi yang melihatnya.

Van Golu Canavari, monster Danau Van

Di bagian timur Turki, dekat perbatasan dengan Iran, ada sebuah danau besar bernama Danau Van, yang dianggap sebagai danau terbesar di Turki. Danau itu memiliki lebar 74 mil, dengan kedalaman 1.480 kaki, dan dikelilingi pengunungan curam yang sebagian di antaranya tertutup salju. Di danau itulah diyakini monster raksasa bernama Van Golu Canavari berdiam.

Pada tahun 1995, beberapa orang menyaksikan kemunculan monster itu, dan mendeskripsikannya sebagai makhluk besar dengan panjang sekitar 15 meter, yang bagian punggungnya penuh dengan benda tajam mirip paku. Sejak itu, setidaknya ada seribu orang yang mengklaim pernah melihat monster tersebut, meski tidak ada bukti yang meyakinkan.

Pada tahun 1997, seorang asisten universitas lokal bernama Unal Kozak berhasil merekam keberadaan monster itu dengan video ketika kebetulan ia melihatnya. Sejak itu, pemerintah Turki pun mulai memerintahkan ekspedisi ilmiah terkait kemunculan monster tersebut.

Storsjoodjuret, monster Danau Ostersund

Keberadaan monster yang disebut Storsjoodjuret di Swedia telah dimulai sejak ribuan tahun yang lalu. Sebuah legenda yang ditulis pada tahun 1635 menceritakan bahwa pada zaman dulu ada dua penyihir yang membuat ramuan ajaib, yang mengakibatkan penciptaan raksasa ganas, yang kemudian hidup di Danau Ostersund, Swedia. Di masa sekarang, ada cukup banyak orang yang mengklaim pernah menyaksikan keberadaan monster itu.

Pada abad ke-19, ekspedisi atas monster itu telah mulai dilakukan, namun hasilnya sia-sia. Sementara orang-orang yang mengklaim pernah melihatnya, mendeskripsikan monster itu sebagai ular besar, dengan panjang 7 sampai 15 meter, dan memiliki kepala yang mirip anjing atau kucing.

Meski gambaran mengenai monster itu terkesan mengerikan, namun orang-orang Swedia menyukai legenda monster mereka, dan meyakini bahwa monster itu benar-benar ada di Danau Ostersund, di kedalaman yang sangat indah.

Selma, monster Danau Seljordsvatnet

Danau Seljordsvatnet terletak di dekat Telemark, Norwegia, dan merupakan danau yang sangat dingin. Danau itu diyakini terbentuk oleh gletser ketika zaman es mencair. Beberapa ratus tahun yang lalu, mulai berhembus kabar bahwa danau itu dihuni monster mengerikan, yang kemudian populer disebut Selma.

Beberapa orang yang pernah melihatnya menceritakan bahwa monster bernama Selma itu berbentuk ular besar mirip anaconda, namun kepalanya menyerupai kepala anak sapi. Sampai saat ini, ada cukup banyak cerita orang yang pernah melihat monster danau itu, namun kebenaran ceritanya masih diragukan.

Pada tahun 2000, sebuah ekspedisi pernah disiapkan untuk melacak kebenaran cerita keberadaan monster terkenal tersebut, namun rencana itu kemudian dibatalkan karena dianggap hanya buang-buang waktu.

Memphre, monster Danau Memphremagog

Danau Memphremagog terletak di perbatasan antara Vermont di Amerika Serikat dan Quebec di Kanada. Danau itu pun melintasi batas kedua negara, dengan luas sekitar 27 mil panjangnya, dan kedalamannya diperkirakan mencapai 285 kaki.

Pada tahun 1816, para penduduk setempat, yang biasa berenang di danau itu, mengaku telah menyaksikan seeekor ular raksasa yang muncul dari Danau Memphremagog. Sejak itu, para penduduk pun tidak berani lagi berenang atau bermain-main di sana. Sejak itu pula, ada sekitar 170 kisah atas penampakan monster itu yang telah dilaporkan.

Pada tahun 2003, muncul lagi kisah terkenal atas keberadaan monster itu. Seorang pria yang kebetulan sedang ada di dekat danau itu menyaksikan cahaya cemerlang di danau, lalu seekor ular raksasa muncul dari dalamnya. Makhluk itu hanya muncul sesaat, lalu menghilang lagi. Ketika ia menyelam kembali ke dasar danau, efek yang muncul adalah gelombang besar yang membuat air danau membuncah ke atas.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.