Hewan-hewan Mamalia Terbesar Berdasarkan Klasifikasi

gajah laut

BIBLIOTIKA - Hewan mamalia terbagi dalam beberapa ordo, di antaranya karnivora, cetacea lagomorpha, marsupilia, primata, dan sirenia. Gajah laut adalah mamalia terbesar dalam ordo karnivora, sementara paus biru adalah mamalia terbesar dalam ordo cetacea.

Berikut ini adalah jenis-jenis mamalia terbesar berdasarkan klasifikasi, mencakup hewan berkuku genap terbesar, hewan berkuku ganjil terbesar, hewan berprobosis terbesar, dan hewan pengerat terbesar.

Karnivora terbesar

Karnivora terbesar diduduki oleh gajah laut yang merupakan spesies terbesar dalam ordo karnivora. Panjang tubuhnya mencapai ukuran 4,2 sampai 6 meter, dengan berat 2,2 sampai 5 ton. Gajah laut jantan memiliki berat antara empat sampai lima kali dari yang betina.

Sebelum gajah laut masuk dalam ordo karnivora (mereka sebelumnya masuk ordo Pinnepediar) karnivora yang terbesar adalah beruang kutub. Karnivora besar lainnya di antaranya adalah beruang cokelat dan harimau Siberia.

Cetacea terbesar

Paus biru adalah anggota terbesar dari ordo Cetacea. Ukuran tubuhnya bisa mencapai panjang 20 sampai 30 meter, dengan berat 110 sampai 176 ton. Dengan ukuran dan berat seperti itu, paus biru dianggap sebagai hewan terbesar yang pernah hidup.

Selain itu, hewan ini juga dapat menghasilkan suara yang amat keras, sehingga juga dinobatkan sebagai hewan pemilik suara paling keras. Dalam hal ukuran, paus sirip (fin whale) berada di tempat kedua setelah paus biru.

Hewan berkuku genap terbesar

Kuda nil adalah hewan terberat dari hewan berkuku genap. Ukuran panjangnya mencapai 2,7 meter, sementara bobotnya antara 1,4 sampai 1,5 ton.

Di bawah kuda nil, jerapah menduduki tempat kedua, meski ia adalah hewan tertinggi dari semua hewan darat. Anggota hewan berkuku genap yang lebih kecil, baik dalam hal berat maupun tinggi dari kuda nil dan jerapah, adalah unta, babi, rusa, sapi, dan antelop.

Hewan berkuku ganjil terbesar

Di antara hewan berkuku ganjil adalah kuda, zebra, keledai, tapir, dan badak. Dari semua spesies dalam kelompok tersebut, badak putih adalah yang terbesar. Beratnya mencapai 2,5 ton, sementara panjangnya mencapai 3,7 sampai 4 meter.

Badak putih memiliki dua tanduk, leher pendek, dan punuk di belakang leher. Meski dinamai badak putih, tetapi hewan ini tidak berwarna putih, melainkan cokelat hingga abu-abu. Badak putih mendiami habitat yang berumput, dataran terbuka, dan savana yang memiliki beberapa semak dan pohon. Badak putih merupakan saingan kuda nil dalam hal besar tubuh, setelah gajah di darat.

Lagomorpha terbesar

Kelinci Eropa menduduki peringkat pertama sebagai hewan lagomorpha terbesar. Setelah gajah laut, paus biru, kuda nil, dan badak, kelinci tentu terlihat kecil dalam hal ukuran tubuh. Namun, dari semua anggota ordo lagomorpha, yang terbesar adalah kelinci Eropa. Panjang hewan ini sekitar 68 sentimeter, dengan berat 3 sampai 6,5 kilogram.

Marsupilia terbesar

Dalam ordo marsupial, kanguru merah menempati peringkat paling atas sebagai hewan paling besar. Ukuran hewan ini mencapai bobot 25 sampai 90 kilogram, dengan panjang 1 sampai 1,6 meter, dan ekor sepanjang 75 sampai 120 sentimeter.

Kanguru merah jantan bisa lebih besar dua kali lipat dari berat kanguru betina. Jenis kelamin mereka dapat dibedakan dengan warna bulu mereka—jantan berwarna merah berkarat, sementara betina berwarna biru abu-abu.

Primata terbesar

Gorila dataran rendah adalah primata hidup yang terbesar. Kadang-kadang, gorila ini dipamerkan di kebun binatang, sehingga diketahui bobotnya. Beratnya mencapai 225 kilogram, dengan panjang 1,83 meter.

Gorila dataran rendah terbesar yang pernah tercatat, yang dinamai Phil, berada di kebun binatang St. Louis, antara tahun 1941-1958. Phil memiliki berat 388 kilogram, dan tinggi 180 sentimeter.

Hewan berprobosis terbesar

Dalam ordo proboscids, hanya ada dua spesies, yaitu gajah Afrika, dan gajah Asia. Untuk ukuran terbesar, gajah Afrika mengalahkan gajah Asia. Gajah Afrika memiliki bobot 4 sampai 7 ton, dengan panjang 4 sampai 5 meter.

Gajah Afrika bukan hanya hewan proboscid yang terbesar, tetapi juga hewan darat terbesar. Urutan di bawahnya adalah gajah Asia, diikuti badak putih dan kuda nil.

Hewan pengerat terbesar

Hewan pengerat terbesar adalah kapibara, yang memiliki ukuran berat 35 sampai 66 kilogram, dan panjang antara 1,1 sampai 1,3 meter. Kapibara adalah mamalia semi-akuatik yang hidup di banyak tempat di Amerika Selatan, termasuk Kolombia, Ekuador, Bolivia, Venezuela, Brazil, Argentina, Guyana, Uruguay, Peru, Paraguay, Suriname, Guyana, dan Prancis.

Kapibara mendiami hutan lebat yang berdekatan dengan danau, kolam, sungai, dan rawa-rawa. Hewan ini memiliki tubuh besar, bulu kasar, dan sebagian kaki berselaput.

Sirenia terbesar

Manatee adalah hewan yang terbesar dalam ordo sirenia, ordo mamalia laut yang mencakup dugong dan tiga jenis manatee. Manatee memiliki ukuran 200 sampai 600 kilogram, dengan panjang 2,5 sampai 4,5 meter.

Manatee mencakup dua subspesies, yaitu manatee Florida dan manatee Karibia. Manatee pernah lebih kerdil dari spesies sirenia lain, yaitu sapi laut Steller. Sapi laut Steller sebelumnya berlimpah di Pasifik Utara, namun sapi laut itu diburu dan mengalami kepunahan pada tahun 1768, hanya 27 tahun setelah spesies itu ditemukan oleh orang Eropa.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.