Hewan-hewan Kutub yang Dapat Berubah Warna

cerpelai

BIBLIOTIKA - Selama ini, mungkin bunglon menjadi hewan paling terkenal yang dapat mengubah warna kulitnya. Namun, ternyata, beberapa hewan yang hidup di daerah kutub juga dapat melakukan hal itu, khususnya ketika terjadi pergantian musim. Hewan-hewan yang tadinya berkulit cokelat dapat berubah menjadi putih, dan hal itu diyakini sebagai mekanisme pertahanan diri mereka dalam menghadapi perubahan cuaca.

Berikut ini beberapa hewan kutub yang dapat berubah warna.

Cerpelai

Cerpelai (Mustela erminea) adalah mamalia kecil dari famili Mustelidae. Hewan ini dikenal pula sebagai musang ekor pendek atau Ermine, anggota paling kecil dari famili musang.

Cerpelai adalah hewan malam, meski kadang mereka juga muncul di siang hari. Hewan ini dapat ditemukan di daerah kutub Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Kulit mereka berwarna cokelat. Namun, pada musim dingin, mereka dapat mengubah warna kulitnya menjadi keputih-putihan.

Rusa kutub

Rusa kutub atau karibu umumnya memiliki kulit yang berwarna antara cokelat dan putih, namun tidak pernah seluruhnya cokelat atau putih.

Pada waktu musim panas, warna dominan hewan ini adalah cokelat, namun lehernya tetap berwarna keputih-putihan. Sedangkan di musim dingin, warna putihnya akan menyebar dan menjadi jelas, meski warna cokelatnya tidak lenyap sepenuhnya. Tingkat perubahan warna itu juga tergantung pada kondisi habitat sekitarnya.

Belibis kutub

Burung belibis kutub (ptarmigan), yang juga dikenal dengan sebutan ptarmigan gunung di Amerika Utara, adalah burung populer yang dapat berubah warna dari cokelat menjadi putih, dengan pengecualian warna ekornya yang tetap seperti aslinya—cokelat atau hitam.

Burung ini lebih suka berada di ketinggian dan area yang tandus, dan sering bertengger di batu-batu atau berdiam (bersembunyi) di salju daripada di pepohonan yang menjadikan mereka mudah terlihat di musim dingin.

Kelinci kutub

Pada waktu musim panas, kulit kelinci kutub berwarna cokelat dengan flek-flek hitam. Namun, ketika memasuki musim dingin, warna bulunya akan berubah menjadi putih bersih. Perubahan warna kulit menjadi putih tersebut tidak hanya membantunya tetap hangat, namun juga menjadikannya terkamuflase di tengah salju ketika mereka keluar dari sarang atau liangnya.

Serigala kutub

Memasuki bulan September, bulu serigala kutub yang berwarna cokelat akan berubah menjadi putih untuk membantunya menghadapi musim dingin. Ketika musim panas datang, warna kulitnya akan kembali berubah menjadi cokelat, yang membantunya bersembunyi lebih baik di habitatnya.

Serigala kutub hidup lebih jauh di sebelah utara daripada jenis serigala lainnya, dan mereka memburu tikus-tikus kutub untuk santapannya.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.