Hewan-hewan Herbivora yang Berbahaya

gelada baboon

BIBLIOTIKA - Sebutan berbahaya sering kali ditujukan pada hewan-hewan karnivora (pemakan daging), semisal singa, harimau, buaya, dan lainnya, karena mereka dapat membunuh atau mencelakakan manusia. Namun bukan berarti hewan herbivora (pemakan tumbuh-tumbuhan) tidak berbahaya.

Sebagaimana hewan karnivora, hewan herbivora juga bisa sangat berbahaya. Mereka bisa menjadi sangat liar dan buas ketika keadaan terdesak, seperti saat diserang atau ketika anak-anak mereka diganggu.

Berikut ini adalah hewan-hewan herbivora yang perlu diwaspadai, karena bisa berbahaya.

Gelada baboon

Gelada baboon adalah salah satu primata berbadan besar yang berasal dari Afrika Timur, terutama Ethiopia. Mereka biasa memakan rumput dan daun-daunan. Hewan ini biasa hidup damai bersama kelompoknya.

Namun, ketika salah satu anak atau anggota kelompoknya merasa terancam, baik oleh manusia atau hewan lain, mereka akan segera menyerang secara membabi-buta. Gelada baboon memiliki cakar dan gigi tajam, dan dengan itu mereka akan menyerang apa pun yang dianggap mengganggu.

Bison Amerika

Bison adalah salah satu hewan ternak liar yang berasal dari Amerika. Berat seekor bison mencapai 1 ton. Mereka akan sangat berbahaya jika ada manusia atau hewan lain yang menunjukkan tanda-tanda menyakiti anak-anak mereka, atau memasuki wilayah mereka. Bison mengandalkan tanduk kuat yang dimilikinya sebagai senjata, dan dengan itu mereka akan menyerang siapa pun secara serempak dan membabi-buta.

Gorila

Gorila memiliki lengan besar, dan gigi taring mereka sangat tajam seperti pisau. Selain itu, gorila dapat berjalan lebih cepat melebihi manusia. Seekor gorila yang jengkel dapat membunuh manusia atau hewan dalam waktu beberapa detik hanya dengan menggigit serta mancabik-cabik kulit dan daging musuhnya.

Kasuari

Burung kasuari adalah salah satu spesies burung terbesar di wilayah Papua Nugini dan Australia. Burung vegetarian ini biasanya menggemari wortel dan pepaya. Mereka memiliki paruh yang runcing, dan tendangan kaki yang sangat kuat, yang dilengkapi dengan cakar yang tajam. Kombinasi ketiga hal itu dapat berakibat fatal bagi apa atau siapa pun yang diserangnya.

Badak

Karena ukurannya yang besar, badak terkesan berbahaya, dan memang begitulah kenyataannya. Selain besar dan kuat, hewan herbivora ini juga dapat berlari dengan sangat cepat. Ketika merasa terancam, badak akan menyerang musuhnya dengan cara menyeruduknya dengan keras, dan bisa dipastikan nasib musuhnya tidak akan menyenangkan.

Babi hutan

Dalam keadaan terdesak, babi hutan terkadang juga memakan daging, namun mereka hewan herbivora sejati. Hewan ini memiliki ukuran tubuh yang besar, dengan bobot mencapai lebih dari 250 kilogram.

Selain itu, mereka juga memiliki gigi-gigi yang sangat tajam. Kekuatan fisik dan tajamnya gigi-gigi babi hutan dapat mengoyak-ngoyak musuh yang mencoba bermain-main dengannya.

Cape buffalo

Cape buffalo adalah hewan herbivora paling berbahaya di Afrika. Tubuh mereka dapat berbobot setengah ton, dengan dilengkapi tanduk yang panjang sekaligus tajam. Kekuatan tubuh dan tajamnya tanduk itu sangat ditakuti para pemburu di Afrika.

Yang lebih menakutkan, hewan ini juga sering menyerang secara bersamaan. Ketika sekawanan hewan ini menyerang serempak, maut pun hampir dapat dipastikan.

Gajah

Meski bertubuh besar, gajah dianggap sebagai hewan yang damai dan bersahabat. Gerakan mereka yang lambat semakin memperkuat kesan itu. Namun, jika sudah jengkel, kemarahan hewan ini sulit dihentikan. Dia bisa melempar musuh dengan belalainya, menusuk dengan gadingnya, atau kemungkinan terburuk dia akan menginjak musuh dengan kakinya yang besar hingga hancur dan remuk.

White lipped peccary

Hewan ini mirip babi hutan, dan merupakan hewan khas Amerika Selatan dan Meksiko. White lipped peccary memiliki gigi yang sangat tajam, sama seperti babi hutan. Ketika merasa terancam, hewan ini akan menggunakan gigi-gigi tajamnya untuk menyayat kulit dan merobek-robek tubuh musuhnya.

Kuda nil

Hewan gendut ini sering kali dianggap tidak berbahaya. Tetapi, ketika ada ancaman terhadap anggota keluarganya, atau ada yang mencoba memasuki wilayah kekuasaannya, mereka akan menyerang dengan ganas, tak peduli siapa pun musuhnya. Dengan gigi-gigi besar dan mulut yang bisa menganga hampir seukuran tubuhnya, kuda nil bisa menjadi pembunuh yang sangat kejam.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.