Hewan-hewan dengan Suara Paling Keras

paus biu

BIBLIOTIKA - Beberapa hewan memiliki keistimewaan dalam hal suara yang amat keras. Suara yang dihasilkannya itu bisa untuk mengirimkan suatu pesan kepada sesamanya—misalnya sebagai tanda bahaya atau undangan kawin—bisa pula karena ketakutan atau merasa terancam. Ada yang berteriak keras di dalam air, ada pula yang suaranya merambat melalui tanah di darat. Berikut ini adalah hewan-hewan dengan suara paling keras di dunia.

Paus biru

Suara paling keras di bumi adalah suara paus biru, karena mencapai 188 desibel. Sebagai perbandingan, konser rock yang biasa kita dengar “hanya” mencapai 100 desibel. Itu artinya suara paus biru hampir dua kali lipatnya. Paus biru jantan biasa menggunakan suara kerasnya untuk menarik pasangan yang jaraknya ratusan mil jauhnya.

Monyet howler

Monyet howler (Howler monkey) dapat ditemukan di hutan hujan Amerika. Hewan ini bisa tumbuh hingga setinggi 4 kaki, dan biasa hidup berkelompok. Ketika melolong, suara lolongan monyet ini bisa terdengar sampai jarak sejauh 10 mil, dan masuk Guiness Book of World Records sebagai “the loudest land animal”.

Gajah

Ketika seekor gajah menghentakkan kakinya, getarannya dapat terdengar hingga sejauh 20 mil melalui tanah. Gajah juga melakukan komunikasi dengan sesamanya melalui hentakan kaki yang menghasilkan getaran tersebut.

Penelitian di Afrika menyebutkan bahwa gajah mengirimkan pesan untuk peringatan, menyapa, atau mengumumkan sesuatu kepada sesamanya. Getaran itu berkekuatan 80 sampai 90 desibel—lebih keras dibanding rata-rata teriakan manusia.

Katak Amerika Utara

Katak Amerika Utara (North American bullfrog), khususnya yang jantan, memiliki suara teriakan yang dapat terdengar hingga sejauh satu setengah mil. Suara itu menimbulkan kesan yang jauh lebih besar sekaligus lebih ganas dari wujud asli mereka.

Untuk menghasilkan suara beresonansi yang digunakan sebagai panggilan kawin itu, katak jantan memompa udara bolak-balik antara paru-paru dan mulut di seberang pita suaranya.

Hyena

Ketika merasa terancam, dikejar, atau diserang, hyena akan mengeluarkan rangkaian suara bernada tinggi. Suaranya bisa terdengar “hee-hee-hee”, sehingga para ahli hewan menyebutnya “suara cekikikan”. Suara tawa yang mengganggu itu bisa terdengar hingga sejauh delapan mil.

Singa Afrika

Suara auman singa mungkin suara hewan yang paling mudah dikenali di antara suara hewan lain. Raungan singa jantan digunakan untuk memburu saingan dan untuk menunjukkan dominasi. Sedangkan singa betina meraung untuk melindungi anaknya dan menarik perhatian singa jantan. Auman singa bisa terdengar hingga jarak sejauh 5 mil.

Gajah laut California

Gajah laut California (Northern elephant seal bull) adalah gajah laut bermuka aneh, dengan moncong besar, dan bergerak terhuyung-huyung. Mereka dapat ditemukan di garis pantai California. Ketika akan kawin, yang jantan akan mengeluarkan suara panggilan yang mirip suara gajah. Panggilan itu bisa terdengar hingga beberapa mil, memungkinkan betina yang dituju dapat mendengarnya.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.