Hewan-hewan dengan Kemampuan Lari Tercepat

cheetah

BIBLIOTIKA - Kecepatan lari dalam dunia hewan bisa memiliki dua fungsi—untuk memburu, atau untuk menyelamatkan diri dari predator. Dalam urusan lari, cheetah merupakan hewan darat paling cepat yang rekornya belum terpecahkan oleh hewan lain sampai saat ini. Cheetah dapat berlari hingga kecepatan 120 kilometer per jam, dengan kemampuan akselerasi yang menakjubkan.

Selain cheetah, hewan lain yang juga memiliki kemampuan lari sangat cepat di antaranya adalah antelop, singa, kuda, dan coyote. Berikut ini adalah hewan-hewan darat yang memiliki kecepatan lari paling cepat.

Cheetah

Cheetah merupakan hewan darat paling cepat untuk urusan lari. Hewan ini mampu mencapai kecepatan 112 sampai 120 kilometer per jam pada lintasan yang hanya sepanjang 460 meter. Kemampuannya dalam hal akselerasi juga tidak bisa ditandingi makhluk hidup apa pun. Cheetah bisa mencapai kecepatan dari 0 kilometer per jam sampai 110 kilometer per jam hanya dalam waktu 3 detik.

Antelop

Antelop dianggap hewan darat tercepat kedua setelah cheetah. Kecepatan lari hewan ini sulit dipastikan secara akurat, karena tiap individu memiliki kemampuan berbeda-beda. Namun, diperkirakan hewan ini dapat mencapai kecepatan 80 kilometer per jam. Selain itu, antelop juga memiliki kemampuan sprint lebih lama, karena didukung ruang paru-paru dan jantung yang lebih besar.

Wildebeest

Wildebeest adalah hewan lain yang menggantungkan keselamatan hidupnya pada kecepatannya dalam berlari. Hewan ini merupakan mangsa favorit para kucing besar, sehingga lari bagi wildebeest adalah keharusan untuk dapat selamat. Hewan yang biasa hidup secara berkelompok di daratan terbuka Afrika ini mampu berlari dengan kecepatan hingga 80 kilometer per jam, dan dapat hidup hingga 20 tahun.

Singa

Singa dianggap sebagai raja hutan, sekaligus pemburu dari segala pemburu, sehingga kecepatan lari bisa dibilang tidak terlalu diperlukannya. Selain itu, dalam berburu untuk melangsungkan hidup umumnya dilakukan oleh singa betina. Namun, singa jantan yang sedang marah bisa berlari hingga kecepatan 80 kilometer per jam.

Rusa Thompson

Hewan ini dinamai dengan nama penemunya, Joseph Thompson, dan dianggap sebagai rusa terbaik, dari segi fisik, kecepatan, juga kecerdikannya, dibanding jenis rusa lainnya. Dalam hal menghindari musuh utamanya, yaitu cheetah, rusa ini bisa mencapai kecepatan 80 kilometer per jam, disertai dengan pergerakan zig-zag yang membingungkan. Rusa ini juga memiliki ketahanan yang lebih baik dibanding cheetah, alias tidak mudah letih.

Kuda

Kuda paling cepat di dunia adalah jenis Quarter horse, yang mendapatkan nama “quarter” karena kemampuannya dalam memimpin pacuan hampir seperempat panjang trek. Misal dalam lintasan 100 meter, kuda ini dapat mencapai finish sejauh 25 meter di depan kuda nomor 2 yang dari kuda jenis biasa. Dalam berlari, kuda ini dapat mencapai kecepatan maksimal 76 kilometer per jam.

Rusa besar

Sering dianggap sebagai rusa terbesar kedua di dunia, rusa ini juga salah satu mamalia terbesar di Amerika Utara dan Asia Timur. Hewan ini mampu berlari dengan kecepatan 73,6 kilometer per jam.

Berbeda dengan hewan berkecepatan tinggi lainnya, hewan ini justru menggunakan kecepatannya untuk menghindari pemangsa. Meski begitu, mengingat ukurannya yang sangat besar dan kecepatan larinya, banyak predator yang lebih suka mencari mangsa lain.

Anjing pemburu

Dalam memburu mangsa, anjing ini menggabungkan kecerdikan dan kecepatan larinya. Mereka biasa berburu secara berkelompok dan sangat terorganisir. Salah satu anjing akan mengarahkan mangsanya ke suatu tempat, dan anjing lainnya bersiap menyerang silih berganti sampai si mangsa tak berdaya. Seekor anjing pemburu dapat berlari hingga kecepatan 72 kilometer per jam.

Coyote

Coyote biasa hidup berkelompok, dan berburu sepanjang musim. Hewan pemakan daging ini menggunakan kecepatan larinya untuk berburu hewan mamalia kecil, semisal kelinci, tikus-tikus, tupai, rusa, dan ternak. Coyote mampu berlari hingga kecepatan 68,8 kilometer per jam.

Rubah

Rubah adalah pemburu yang mengkonsumsi daging dan sayur-sayuran. Mereka menggunakan kecepatan mereka untuk berburu kelinci, tikus-tikus, bahkan burung-burung. Dalam memburu mangsa, rubah dapat berlari hingga kecepatan 67,2 kilometer per jam.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.