Hewan-hewan dengan Daya Tahan Hidup Tinggi

giant snail

BIBLIOTIKA - Dalam bayangan kita, hewan-hewan yang memiliki daya tahan hidup tinggi mungkin harimau, gajah, singa, atau hewan-hewan lain yang berukuran besar dan mengerikan. Tapi ternyata tidak. Di dunia ini, ada hewan-hewan yang mungkin tidak terlalu terkenal besar sebagaimana gajah atau singa, tetapi memiliki kemampuan yang luar biasa—berdaya tahan hidup tinggi, sehingga juga sulit mati.

Berikut ini adalah hewan-hewan yang sangat unik, karena dianggap memiliki kemampuan menakjubkan dalam daya tahan hidup.

Giant snail

Nama lengkapnya adalah East african giant snail. Seperti namanya, hewan ini hidup di Afrika timur, dan dapat tumbuh hingga sepanjang 8 inci. Hewan ini sulit mati, yang artinya daya tahan hidupnya luar biasa hebat.

Penduduk Afrika pernah mencoba berbagai cara untuk mematikan hewan ini—dari menggunakan pestisida hingga racun mematikan—namun hewan ini tetap tidak mati, dan tampak sehat-sehat saja.

Water bears

Merupakan hewan mikroskopik, water bears dapat bertahan hidup di suhu -273 derajat Celcius. Artinya, hewan ini tidak bisa dibekukan. Ketika berada di dalam air yang paling dingin sekalipun dia tetap hidup, meski makhluk-makhluk lain pasti akan mati.

Yang lebih menakjubkan, hewan ini juga tahan bom nuklir. Mereka memiliki kekebalan terhadap radiasi, nitrogen cair, juga asam mineral. Pernah dicoba mengirim water bears ke luar angkasa, untuk melihat apakah hewan ini bisa hidup di ruang hampa udara. Hasilnya, hewan ini mampu bertahan hingga 10 hari.

Tree weta

Di dalam darah hewan ini terdapat protein spesial yang menjadikan darah mereka tidak bisa dibekukan. Artinya, meski hewan ini dimasukkan ke dalam tempat yang bersuhu sangat dingin sekalipun, mereka akan tetap hidup, karena darah mereka tetap mengalir—tidak membeku sebagaimana makhluk hidup lainnya.

Bahkan, meski tubuh tree weta membeku sekalipun, darah mereka akan tetap mengalir. Ketika berada di tempat yang amat dingin, mereka akan terlihat seperti mati karena membeku. Tetapi, ketika telah keluar dari tempat dingin itu, mereka akan hidup kembali.

Lungfish

Lungfish merupakan salah satu spesies hewan air tertua. Seperti ikan umumnya, habitat mereka ada di air. Namun, yang menakjubkan, lungfish dapat bertahan hidup meski tanpa air atau tanpa udara, hingga 6 bulan—sesuatu yang pasti akan membunuh ikan-ikan lain, atau bahkan hewan-hewan lain.

Ketika berada di tempat yang tidak memiliki air, lungfish akan tampak diam seperti mati. Tetapi, hanya dengan diberi sedikit air, mereka akan segera tampak hidup lagi.

Immortal jellyfish

Dari namanya saja, kita seperti diberitahu kalau makhluk ini memang sulit mati. Immortal jellyfish adalah spesies ubur-ubur istimewa karena dapat dikatakan bisa hidup abadi. Mereka lahir dan berkembang sebagaimana ubur-ubur lainnya.

Namun, kehidupan mereka tak pernah berakhir. Ketika usia mereka menua, mereka akan memutar siklus hidupnya menjadi polyp atau bayi ubur-ubur lagi, lalu memulai hidup dari awal lagi, dan begitu seterusnya.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.