Hewan-hewan Aneh yang Jarang Kita Tahu

sloth

BIBLIOTIKA - Banyak sekali ragam dan jenis hewan di dunia ini, sehingga banyak pula hewan-hewan yang belum kita ketahui. Hewan-hewan yang masih jarang diketahui itu bisa karena populasinya yang sangat langka, bisa karena tempat hidupnya yang sulit dijangkau, bisa pula karena hewan-hewan itu tidak hidup di sembarang tempat. Di antara hewan-hewan yang masih jarang diketahui, berikut ini beberapa di antaranya.

Sloth

Sloth adalah mamalia berukuran sedang yang tinggal di Amerika Tengah dan Selatan, yang merupakan anggota keluarga Megalonychidae dan Bradypodidae. Sloth adalah hewan omnivora yang memakan serangga, kadal kecil, dan lainnya, namun juga memakan daun atau tunas pohon yang lembut.

Yang unik, hewan ini membutuhkan waktu hingga sebulan untuk dapat mencerna makanannya. Karenanya, hewan ini pun terkenal dengan tingkat adaptasinya serta kemampuannya dalam bertahan hidup.

Tapir

Tapir adalah mamalia besar, kira-kira seukuran babi, namun lebih pendek dan memiliki moncong. Mereka mendiami kawasan hutan Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Asia Tenggara. Kerabat terdekat mereka adalah ungulates, kuda, dan badak.

Hagfish

Hagfish adalah hewan laut kelas Craniates myxini, yang juga dikenal sebagai Hyperotreti. Hewan yang hidup di laut ini terkenal dengan julukan sebagai hewan yang menjijikkan, karena dapat memproduksi lendir yang berbau busuk.

Hagfish berbentuk panjang, seperti ulat, dan dapat memancarkan lendir dalam jumlah banyak sekaligus lengket. Secara biologi, lendir tersebut merupakan senjata yang dimiliki hagfish untuk melawan dan menghindar dari musuh atau predator.

Alpaca

Alpaca (Vicugna pacos) memiliki penampilan menyerupai domba, namun lebih besar dan memiliki leher tegak panjang serta warna yang beragam. Alpaca hidup di wilayah tinggi Andes, Ekuador, Peru Selatan, Bolivia Utara, dan utara Chili pada ketinggian 3.500 sampai 5.000 meter di atas permukaan laut. Alpaca hanya memiliki serat bulu, bukan serat wol, yang sering digunakan untuk membuat barang rajutan dan anyaman.

Tarsier

Tarsier adalah primata dari genus Tarsius, yang masuk dalam keluarga Tarsiidae, dan merupakan satu-satunya keluarga yang masih ada dalam ordo Tarsiiformes. Tarsier memiliki mata besar dan kaki yang panjang.

Mereka memangsa serangga dengan cara melompat ke arah mereka. Selain itu, mereka juga diketahui memangsa burung dan ular. Ketika melompat dari pohon ke pohon, tarsier bahkan dapat menangkap burung yang sedang bergerak.

Shoebill

Shoebill (Balaeniceps rex) adalah burung yang sangat besar, rata-rata berukuran 1,2 meter panjangnya, dengan berat sekitar 5,6 kilogram, sedang sayapnya memiliki bentangan sepanjang 2,33 meter. Hewan yang juga dikenal dengan nama Whalehead ini masih terkait erat dengan bangau, dan tinggal di Afrika Timur, juga di rawa-rawa besar dari Sudan hingga Zambia.

Blobfish

Blobfish (Psychrolutes marcidus) adalah ikan yang mendiami kedalaman perairan laut lepas di pantai Australia dan Tasmania. Karena tidak dapat diakses habitatnya, hewan ini pun jarang dilihat manusia.

Blobfish dapat ditemukan pada kedalaman yang memiliki tekanan puluhan kali lebih tinggi daripada permukaan laut. Tubuh hewan ini mirip agar-agar, dan hewan ini biasa melayang-layang di dasar laut tanpa mengeluarkan energi untuk berenang.

Pygmy

Pygmy (Callithrix pygmaea) adalah monyet kecil yang merupakan hewan asli di hutan hujan Brazil, tenggara Kolombia, Ekuador Timur, dan Peru. Sebagai primata kecil, Pygmy memiliki panjang tubuh berkisar 14 sampai 16 sentimeter (tidak termasuk ekor), dan merupakan monyet terkecil. Pygmy jantan umumnya lebih berat dibanding yang betina.

Hewan ini berwarna cokelat, dan cakar mereka biasa digunakan untuk memanjat pohon. Mereka memakan buah, daun, serangga, dan kadang-kadang reptil kecil. Monyet kecil ini dapat hidup hingga 11 tahun.

Narwhal

Narwhal (Monodon monoceros) adalah spesies ikan paus dari lautan Arktik. Makhluk air ini jarang ditemukan, karena biasa hidup di sebelah selatan lintang 70° N. Narwhal adalah satu dari dua spesies ikan paus putih dalam keluarga Monodontidae.

Nama “Narwhal” berasal dari bahasa Denmark, yang artinya “mayat”, karena hewan ini kadang muncul di permukaan air dengan penampilan mirip bangkai yang terapung. Di beberapa bagian dunia, Narwhal juga disebut Reamfish.

Aye-aye

Aye-aye (Daubentonia madagascariensis) adalah spesies strepsirrhine yang hidup di Madagaskar. Aye-aye merupakan hewan pengerat yang memiliki gigi panjang, jari-jari tipis, dan biasa hidup di hutan-hutan Madagaskar.

Axolotl

Axolotl adalah hewan paling terkenal di Meksiko, yang merupakan bagian dari keluarga Salamander. Spesies ini berasal dari danau-danau yang ada di Mexico City. Dalam dunia keilmuwan, Axolotl digunakan secara ekstensif dalam penelitian ilmiah, karena kemampuan mereka untuk menumbuhkan sebagian besar bagian tubuhnya, kemudahan berkembang biak, dan embrio yang besar.

Di beberapa negara, semisal Amerika Serikat, Britania Raya, Australia, dan Jepang, Axolotl sering dijadikan sebagai hewan peliharaan.

The star-nosed mole

The Star-nosed mole (Condylura cristata) adalah hewan kecil di Amerika Utara yang ditemukan di bagian timur Kanada dan utara-timur Amerika Serikat. Hewan ini adalah satu-satunya anggota suku Condylurini dan genus Condylura.

The Star-nosed mole biasa tinggal di daerah dataran rendah yang basah, dan memakan invertebrata kecil, serangga air, cacing, dan moluska. Mereka adalah perenang yang baik, dan dapat mencari makanan di sepanjang bagian bawah sungai dan kolam. Hewan ini menggali terowongan di permukaan dangkal untuk mencari makan.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.