Fakta-fakta Menarik Seputar Unta

unta

BIBLIOTIKA - Unta adalah raja padang pasir, karena hewan berpunuk ini merupakan penjelajah yang tangguh di padang pasir. Berbeda dengan manusia yang mudah mengalami dehidrasi di bawah terik matahari, unta mampu bertahan hidup berhari-hari tanpa minum. Karena kemampuannya, hewan ini pun dijadikan sarana transportasi yang andal ketika manusia melakukan perjalanan di gurun pasir.

Berikut ini beberapa fakta menarik seputar unta yang perlu kita tahu:

Di musim panas, rata-rata unta akan minum sebanyak 20 liter air dalam sekali minum. Namun, ketika menghadapi keadaan tanpa air, unta sanggup kehilangan 100 liter air dalam jaringan tubuhnya, tanpa mengalami gangguan kesehatan.

Unta mampu meminum air sebanyak sepertiga berat badannya (sekitar 130 liter) hanya dalam waktu sepuluh menit.

Unta memiliki 3 kelopak mata, yang memungkinkannya tidak “kelilipan” ketika berada di lingkungan berpasir yang penuh debu. Kelopak mata unta juga tembus pandang alias transparan, sehingga unta tetap dapat melihat meski dengan mata tertutup. Bulu matanya yang tebal dan panjang juga khusus dirancang untuk mencegah masuknya debu ke dalam mata.

Pada hidung unta terdapat fitur khusus, yang memungkinkan unta untuk menutup hidungnya ketika badai pasir menerpa.

Unta dapat mengatur temperatur tubuhnya. Pada pagi hari, suhu tubuh unta berkisar 34,4 derajat Celcius. Pada siang hari, unta dapat menaikkan temperatur tubuhnya hingga 40,5 derajat Celcius. Pada suhu itu, biasanya manusia akan mengalami demam tinggi.

Selain mampu bertahan hidup tanpa air hingga berhari-hari, unta juga sanggup bertahan tidak makan selama dua minggu. Cadangan makanan diambil dari punuknya yang terdiri dari jaringan lemak. Seekor unta dikatakan sehat jika memiliki punuk seberat 35 kilogram.

Punuk unta berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan. Berbeda dengan manusia dan hewan lain yang menyimpan cadangan makanan di jaringan otot atau di bawah kulit, unta menyimpan cadangan makanannya di atas punggung.

Unta dewasa memiliki berat mencapai 318 sampai 680 kilogram, dengan tinggi 2,1 meter. Umur unta dapat mencapai 50 tahun.

Unta dapat berjalan hingga 40 kilometer dalam sehari, dan dapat mengangkut beban hingga 181 kilogram.

Ketika jengkel, unta dapat meludahi orang atau sesuatu yang membuatnya jengkel.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.