Fakta-fakta Menarik Seputar Koala

koala

BIBLIOTIKA - Melihat ukuran koala yang biasa kita saksikan, mungkin jarang terpikir oleh kita bahwa koala dilahirkan hanya dalam ukuran 1 inci. Pada waktu lahir, berat seekor koala hanya seberat lebah, dan bayi koala akan tetap berada di kantung induknya hingga dia berusia 6 bulan atau saat dia masih menyusu.

Koala adalah salah satu hewan yang dilindungi. Karena itu, menjadikan koala sebagai hewan peliharaan dapat membuat pemiliknya dituntut hukum. Di Australia, siapa pun yang memelihara koala akan mendapat hukuman penjara. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang koala yang perlu kita ketahui.

Koala adalah salah satu dari beberapa mamalia yang memiliki sidik jari manusia. Sangat sulit membedakan sidik jari manusia dengan sidik jari koala, bahkan di bawah mikroskop.

Koala memiliki dua jempol atau dua ibu jari, sehingga memudahkannya memegang makanannya. Selain koala, hanya panda yang juga memiliki dua jempol.

Koala terkenal sebagai hewan yang suka tidur. Setiap hari, ia mampu tidur hingga 18 jam.

Pada waktu tidak tidur, koala menggunakan waktunya untuk makan, atau berpindah dari satu pohon ke pohon lain. Mereka juga bisa melompat hingga sejauh 150 kaki (45,72 meter), diukur dari puncak pohon.

Nama koala memiliki arti “jarang minum”, meski dia tetap membutuhkan air. Namun, hewan ini memang jarang terlihat sedang minum, karena dia mendapatkan air dari daun-daun eucalyptus yang dimakannya.

Koala adalah hewan penyendiri, dan jarang terlihat berkelompok. Mereka juga sangat melindungi daerah tempat tinggalnya. Koala menandai tempat tinggal dengan meninggalkan aroma tubuhnya di pohon, dengan cara menggosok dada mereka ke pohon.

Koala adalah hewan yang sangat tenang dan tidak banyak bergerak. Mereka hanya aktif selama dua jam per hari. Namun, koala bisa mengeluarkan suara menggeram yang sangat keras dan agresif jika merasa terancam.

Meskipun terlihat tenang, koala juga bisa berlari. Ia bisa berlari dengan sangat cepat. Kecepatannya hampir sama dengan kecepatan lari seekor kelinci.

Koala memiliki ekor. Ekornya berfungsi sebagai tempat duduk mereka ketika duduk di ranting pohon selama berjam-jam.

Koala jarang sekali turun dari pohon. Hal itu disebabkan hewan ini memiliki beberapa predator, terutama anjing. Agar terhindar dari predator dan menjaga diri supaya tetap aman, mereka terus menetap di atas pohon.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.