Dinosaurus-dinosaurus Terbesar Berdasarkan Jenisnya

Sarcosuchus

BIBLIOTIKA - Dinosaurus adalah reptil yang hidup berjuta-juta tahun yang lalu, dan merupakan hewan bertulang belakang dominan di ekosistem darat selama lebih dari 160 juta tahun, dari periode Trias Tua (sekitar 230 juta tahun yang lalu) sampai dengan akhir periode Kapur (sekitar 65 juta tahun yang lalu), ketika banyak dari mereka punah pada peristiwa kepunahan Kapur-Tersier.

Berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan, berikut ini daftar dinosaurus-dinosaurus yang dianggap terbesar dalam jenisnya:

Kadal air terbesar adalah Shonisaurus, dengan berat mencapai 50 ton, dan panjangnya mencapai 70 kaki. Dinosaurus ini hidup pada zaman akhir Triassic, atau 230 juta tahun yang lalu. Fosilnya ditemukan di Nevada, Amerika, pada 1984.

Buaya terbesar adalah Sarcosuchus, dengan berat mencapai 8 ton, dan panjangnya mencapai 40 kaki. Dinosaurus ini hidup pada zaman pertengahan Cretaceous, atau 110 juta tahun yang lalu. Fosilnya ditemukan di Rivers of Africa.

Reptil mamalia terbesar adalah Therapsid, dengan berat mencapai 2 ton, dan panjangnya mencapai 16 kaki. Dinosaurus ini hidup pada zaman akhir Permian, atau 255 juta tahun yang lalu. Fosilnya ditemukan di hutan Afrika bagian Selatan, Rusia, Nevada, dan di Amerika.

Raptor terbesar adalah Utahraptor, dengan berat mencapai 1.500 pon atau 3/4 ton, dan panjangnya mencapai 20 kaki. Dinosaurus ini hidup pada zaman Cretaceous, atau 130-120 juta tahun yang lalu. Fosilnya ditemukan di Utah, USA.

Hadrosaur atau herbivora terbesar adalah Shantungosaurus, dengan berat mencapai 15 ton, dan panjangnya mencapai 50 kaki. Dinosaurus ini hidup pada zaman akhir Cretaceous atau 70-65 juta tahun yang lalu. Fosilnya banyak ditemukan di Cina.

Plesiosaurus atau dinosaurus terbesar adalah Liopleurodon, dengan berat mencapai 30 ton, dan panjangnya mencapai 50 kaki. Dinosaurus ini hidup pada zaman akhir Jurassic, atau 165-150 juta tahun yang lalu. Fosilnya ditemukan di lautan.

Reptil terbang terbesar adalah Quetzalcoatlus, dengan berat mencapai 200 pon, dan rentangan sayapnya mencapai 30 kaki. Dinosaurus ini hidup pada zaman akhir Cretaceous, atau 80 sampai 65 juta tahun yang lalu. Fosilnya ditemukan di Amerika Utara.

Karnivora terbesar adalah Spinosaurus, dengan berat mencapai 7 ton, dan panjangnya mencapai 50 kaki. Dinosaurus ini hidup pada zaman pertengahan Cretaceous, atau 100-90 juta tahun yang lalu. Fosilnya ditemukan di dekat sungai dan rawa-rawa Afrika Utara.

Sauropoda terbesar adalah Amphicoelias Fragillimus, dengan berat mencapai 135 ton, dan panjangnya mencapai 131-196 kaki. Dinosaurus ini hidup pada zaman pertengahan Cretaceous, atau 100-90 juta tahun yang lalu. Fosilnya ditemukan di Colorado.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.