Communicator dan Aplikasi Penyelamat Data

Communicator dan Aplikasi Penyelamat Data

BIBLIOTIKA - Di masa sekarang, ketika handphone rata-rata sudah sangat canggih, penggunaannya pun sangat beragam, untuk berbagai tujuan—dari bertelepon, mengirim pesan tertulis, membaca e-mail, sampai mengakses internet. Namun, di masa lalu, handphone belum secanggih sekarang. Penggunaan handphone di masa lalu masih sangat terbatas. Karenanya, ketika muncul perangkat yang disebut communicator, keberadaan perangkat itu pun segera sangat populer.

Untuk flasbhack mengenang kemunculan communicator yang pernah mewarnai hari-hari pengguna handphone di masa lalu, berikut ini sekilas uraiannya.

Ketika handphone sudah multimedia, dalam hal ini telah dapat digunakan untuk mengakses internet, maka perangkat handphone pun seringkali dijadikan sebagai tempat penyimpanan begitu banyak data penting. Kalau dulu sebuah handphone secara standar hanya digunakan untuk menyimpan SMS yang masuk dan nomor-nomor telepon (yang terbatas jumlah dan kapasitasnya), maka sekarang handphone juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan data dalam jumlah besar.

Penggunaan handphone sebagai media penyimpanan data ini tentu saja lebih praktis karena mudah dibawa, mudah dibuka dan mudah diaplikasikan. Dengan perangkat handphone yang pintar ini, maka orang dapat menyimpan jadwal-jadwal rapat dan pertemuan penting, dokumen-dokumen kerja yang dapat dikerjakan dimana pun selama dalam perjalanan, e-book atau buku elektronik yang dapat dibaca dan dinikmati setiap saat, dan lain-lainnya.

Nah, pertanyaannya, bagaimana kalau suatu saat handphone yang dijadikan media penyimpanan begitu banyak data penting ini sampai hilang? Tentu saja pemilik atau pemakainya akan pusing bukan kepalang. Bukan hanya bingung karena handphone miliknya hilang, namun juga pusing memikirkan banyaknya data penting di dalamnya yang bisa saja diakses oleh orang lain. Tentu saja tidak akan terlalu berbahaya kalau data-data dalam dokumen itu tidak tergolong rahasia. Tapi bagaimana kalau data-data yang tersimpan itu tergolong ‘rahasia perusahaan’?

Untuk mengatasi masalah semacam itulah, InTouch Wireless Service merancang AirGuard, yaitu suatu aplikasi yang sangat berguna untuk penyelamatan data di dalam handphone. Pertama kali dirilis, aplikasi ini ditujukan untuk para pengguna handphone model Communicator.

Bagaimana cara kerjanya? AirGuard akan secara otomatis mengirimkan SMS (ke nomor yang sudah ditentukan oleh pemakai sebelumnya) sehingga pemiliknya dapat menghubungi orang yang menemukan Communicator miliknya yang hilang itu, meskipun kartu SIM-nya telah diganti dengan nomor lain. Selanjutnya, pemilik pun dapat memberikan intruksi melalui SMS kepada AirGuard untuk memback-up dan menghapus data dalam Communicator miliknya tersebut. Fasilitas ini tentu saja diperlukan untuk menyelamatkan dan menjaga kerahasiaan informasi dalam Communicator.

Untuk sekedar flashback, Communicator pertama kali diluncurkan pada bulan September 1996 dengan tipe Nokia 9000. Kategori Communicator adalah produk flagship dari Nokia Enterprise Solution yang dalam satu dasawarsa terakhir telah melahirkan lima generasi, mulai dari 9000, 9110, 9110i, 9500, 9300 dan 9300i.

Setiap generasi Nokia Communicator selalu menawarkan teknologi komunikasi yang paling canggih pada jamannya. Mobile fax, long atau concatenated SMS, group SMS, multy-party voice conference call adalah beberapa contoh fitur canggih yang dipelopori oleh Communicator.

Selama sepuluh tahun semenjak diluncurkan pertama kali, Nokia Communicator telah melahirkan puluhan ribu pemakai setia yang bernaung dalam sebuah komunitas, yakni Communicator Community. Ini adalah organisasi nirlaba yang dibuat oleh para pemakai Communicator, dari pemakai dan untuk pemakai Communicator.

Para anggota dari komunitas ini biasanya saling sharing dan bertukar informasi di milis (mailing list) ataupun chat group di internet, atau bahkan terkadang berjumpa secara langsung dalam acara gathering yang diadakan secara rutin di berbagai kota besar di Indonesia.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.