Cara Mendapatkan Uang dengan Park Domain

park domain

BIBLIOTIKA - Internet adalah sebuah dunia yang bisa dikatakan mirip atau hampir sama dengan dunia nyata kita, hanya saja berbentuk maya. Jika masyarakat di dunia kita adalah orang-orang yang berlalu-lalang di atas bumi, maka masyarakat dunia maya adalah orang-orang yang terhubung dengan internet setiap harinya dari seluruh dunia.

Jika kita membangun rumah, toko, kantor atau perusahaan di atas tanah, maka orang-orang di internet membangun rumah atau domisilinya melalui e-mail, dan mereka mendirikan kantor-kantor atau toko dan perusahaan melalui domain.

Jika kita di dunia nyata melakukan aktivitas bisnis dan perdagangan dengan menggunakan toko, warung ataupun supermarket dan swalayan, maka di internet semua aktivitas itu terjadi di tempat yang disebut website atau situs.

Karenanya, jangan heran kalau di internet pun ada istilah ‘tuan tanah’. Definisi ‘tuan tanah’ di internet tidak jauh beda dengan definisi ‘tuan tanah’ yang ada di dunia kita. Kalau tuan tanah di dunia kita berarti memiliki lahan atau tanah yang amat luas atau ada dimana-mana, maka tuan tanah di internet pun memiliki banyak domain dengan berbagai macam nama.

Nah, kalau tuan tanah di dunia kita dapat menjadi seorang yang kaya-raya jika menjual tanah-tanahnya, begitu pula tuan tanah di internet. Sebuah lahan tanah di dunia kita bisa berharga amat mahal jika berada di tempat yang ramai atau strategis, begitu pula ‘tanah’ (domain) di internet bisa memiliki harga yang luar biasa mahal jika berada di tempat yang strategis.

Apakah Anda tertarik ingin berinvestasi dengan modal yang ringan namun memiliki kemungkinan keuntungan yang amat besar? Kalau ya, maka investasi dalam bentuk Park Domain dapat dijadikan alternatif pilihan. Apa yang disebut sebagai Park Domain ini adalah kepemilikan atas suatu nama domain di internet.

Jadi, secara mudahnya seperti ini gambarannya: Anda hanya perlu memiliki (membeli) sebuah domain di internet dan memberi nama bagi domain tersebut. Anda tidak perlu menyewa hosting, tidak perlu memahami bahasa pemrograman HTML, bahkan Anda tidak perlu mengisi content atau isi halaman.

Yang Anda perlukan hanyalah memiliki sebuah domain dengan nama yang telah Anda tentukan, misalnya www.situshebat.com (atau nama lain yang Anda inginkan, yang Anda rasa bagus untuk digunakan).

Nah, kemudian, Anda jadikan domain Anda tersebut sebagai park domain, yaitu Anda menyewakan domain milik Anda tersebut sebagai tempat parkir bagi domain-domain lain. Nantinya, Anda akan memperoleh pembayaran yang dihitung berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung situs atas link yang telah diparkirkan di domain milik Anda tersebut. Uang itu dibayarkan dari para pengelola situs yang memarkir link situsnya di domain Anda.

Mengapa ada orang (pengelola situs) yang mau memarkir atau memasang link situsnya di domain Anda? Hal itu bisa terjadi apabila nama domain Anda merupakan nama yang bagus serta sering dicari oleh para pengakses internet.

Jadi, para pengelola situs yang memasang link di domain Anda tersebut berharap situsnya dikunjungi oleh orang-orang yang masuk ke alamat domain Anda. Jadi di sini yang menjadi nilai lebih dari domain milik Anda adalah nama domainnya yang dianggap sebagai nama yang paling banyak dicari oleh para pengguna internet.

Nah, memiliki suatu domain dengan nama yang bagus juga akan memungkinkan Anda untuk menjadi kaya-raya dalam waktu singkat, khususnya apabila ada pihak-pihak yang berminat dengan nama domain Anda dan berniat membelinya.

Di internet, ada cukup banyak kisah mengenai pembelian suatu domain yang melibatkan uang jutaan dolar hanya karena nama domain yang bagus. Situs www.business.com terjual seharga 7,5 juta dolar karena memiliki nama yang dianggap bagus dan si pembelinya kebetulan menginginkan nama domain itu. Begitu pula dengan www.loans.com yang terjual sampai 3 juta dolar karena alasan yang sama. Padahal, pemiliknya dulu hanya menggunakan dana yang minim untuk memiliki domain dengan nama-nama itu.

Karenanya, apabila Anda berminat untuk memiliki investasi yang bisa dibilang bermodal ringan namun memiliki kemungkinan keuntungan yang besar, Anda dapat memilih alternatif ini, yakni memiliki domain di internet. Yang perlu Anda lakukan di sini hanyalah membeli sebuah atau beberapa buah domain, lalu memberinya nama yang bagus dan kemudian memarkirkannya di beberapa alamat situs yang ada di internet.

Langkah-langkah

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan pembelian domain di internet adalah menentukan kata kunci atau keyword yang bagus. Semakin bagus kata kunci yang Anda miliki, maka semakin besar pula peluangnya nanti untuk menghasilkan keuntungan.

Kalau Anda ingin mengetahui kata kunci atau keyword apa saja yang paling banyak dicari oleh orang di internet, maka Anda bisa mengeceknya melalui alamat-alamat situs berikut ini. (Catatan: Saat artikel ini ditulis, situs-situs berikut ini masih aktif):
  1. www.buzz.yahoo.com
  2. www.google.comtrends
  3. www.spyfu.com
  4. www.50.lycos.com
  5. www.adsense-tool.com
  6. www.adwords.google.com
  7. www.freekeywords.wordtracker.com
  8. www.keywordsdiscovery.comsearch.html
  9. www.wordtracker.com

Selain menggunakan kata kunci atau keyword yang bagus untuk domain, Anda juga bisa menggunakan nama-nama tertentu yang dirasa memiliki daya jual yang tinggi, entah karena popularitasnya, atau karena hal lain.

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan nama-nama domain yang sudah tidak digunakan lagi. Nama-nama domain yang sudah tidak digunakan lagi ini biasanya karena terhapus dari dunia maya internet, dan hal itu bisa disebabkan karena pemiliknya tidak memperpanjang kepemilikannya.

Menggunakan nama dari suatu nama domain yang sudah terhapus atau tidak digunakan lagi ini bisa saja menguntungkan, khususnya kalau nama domain tersebut tadinya telah memiliki traffic yang bagus, sehingga bisa dikatakan Anda hanya tinggal meneruskannya.

Kalau Anda berminat untuk menggunakan nama-nama dari domain yang telah terhapus dan sudah tak digunakan lagi, Anda bisa mencarinya melalui beberapa situs berikut ini. (Catatan: Saat artikel ini ditulis, situs-situs berikut ini masih aktif):
  1. www.domainbroadcasting.com
  2. www.expireddomainsearch.net
  3. www.justdropped.com
  4. www.drophunt.com/search.php

Nah, setelah Anda menemukan atau menentukan suatu nama domain yang ingin Anda gunakan, maka langkah selanjutnya adalah membeli domain untuk diparkirkan. Untuk tujuan memarkirkan domain ini, Anda tidak memerlukan hosting.

Harga rata-rata sebuah domain pada saat ini adalah sekitar seratus ribu rupiah. Anda tentu saja boleh membeli satu buah domain saja, atau beberapa buah domain jika Anda memang menginginkannya. Proses pembelian domain ini dapat dilakukan dengan mengunjungi situs yang menyediakan layanan pembelian domain, dan kemudian mendaftarkan pembelian di situs tersebut.

Untuk keperluan pembelian domain ini, Anda akan diminta untuk mengisi formulir, dimana di dalamnya ada data-data yang harus Anda isi menyangkut identitas dan domisili Anda. Kemudian, setelah formulir telah selesai diisi dan pendaftaran pembelian diterima, Anda akan diberitahu mengenai cara pembayarannya dan kemana uangnya harus dikirimkan.

Setelah pembayarannya telah Anda lakukan, maka domain Anda pun akan diaktifkan, dan Anda akan memperoleh username serta password untuk mengakses domain yang telah Anda beli tersebut.

Daftar situs penjual domain di internet

Berikut ini adalah beberapa alamat situs yang dapat digunakan untuk membeli domain di internet. (Catatan: Saat artikel ini ditulis, situs-situs berikut ini masih aktif):
  1. www.hostgator.com
  2. www.indosite.com
  3. www.idwebhost.com
  4. www.manchesterdomain.com
  5. www.godaddy.com

Sekarang Anda telah memiliki sebuah domain yang juga telah memiliki suatu nama dengan keyword yang Anda inginkan. Apa lagi yang sekarang harus Anda lakukan?

Yang perlu Anda lakukan setelah memiliki suatu domain adalah memarkirkannya di situs-situs yang memberikan pelayanan parkir domain. Nantinya, apabila ada orang yang berminat untuk menggunakan domain Anda sebagai tempat parkir bagi situs lain, maka Anda akan dapat menyewakannya. Atau, kalau ada orang yang berminat untuk membelinya, Anda pun dapat menjualnya.

Daftar situs penyedia layanan park domain

Berikut ini adalah alamat-alamat situs yang menyediakan lahan parkir yang dapat Anda gunakan untuk memarkir domain Anda. (Catatan: Saat artikel ini ditulis, situs-situs berikut ini masih aktif):
  1. www.goldkey.com
  2. www.parkingpanel.com
  3. www.adshack.com
  4. www.smartname.com
  5. www.activeaudience.com
  6. www.dotzup.com
  7. www.parked.com
  8. www.namedrive.com
  9. www.sedo.com
  10. www.domainsponsor.com
  11. www.imonetize.com
  12. www.trafficvalet.com
  13. www.fabulous.com
  14. www.domainsponsor.com
  15. www.parkingdots.com

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.