Bahasa yang Paling Sedikit Dikuasai Orang di Dunia

Bahasa yang Paling Sedikit Dikuasai Orang di Dunia

BIBLIOTIKA - Menurut penelitian para pakar bahasa di dunia, bahasa Ibrani adalah bahasa paling sulit di dunia, ditinjau dari segi gramatikal dan kompleksitasnya. Bahasa Yunani menduduki peringkat kedua sebagai bahasa tersulit, diikuti bahasa Latin, bahasa Jepang, dan Korea. Bahasa Indonesia dianggap bahasa tersulit ke-3 di Asia, dan ke-15 di dunia.

Tetapi bahasa yang paling sedikit dikuasai orang di dunia bukan bahasa Ibrani, meski dianggap sebagai bahasa tersulit. Di Meksiko, ada bahasa asli bernama bahasa Ayapaneco, dan itulah bahasa yang sekarang paling sedikit dikuasai orang. Pada saat ini, hanya ada dua orang yang menguasai bahasa tersebut, yaitu Manuel Segovia (75 tahun) dan Isidro Velazquez (69 tahun). Yang lebih parah, kedua orang itu tidak mau berkomunikasi dan menolak untuk saling bicara.

Manuel Segovia dan Isidro Velazquez hidup di desa Ayapa, Tabasco, dan mereka bertetangga. Jarak rumah mereka hanya sekitar 500 meter.

Sebelumnya, Manuel Segovia hidup dengan keluarga dan saudaranya. Mereka biasa berkomunikasi menggunakan bahasa Ayapaneco, meski anak dan istri Segovia hanya mengerti sepatah dua patah kata. Hanya saudara Segovia yang cukup fasih berbahasa Ayapaneco. Namun, seiring makin bertambahnya usia, keluarga Segovia meninggal dunia satu demi satu.

Begitu pula dengan Isidro Velazquez. Ia juga berkomunikasi dengan keluarganya menggunakan bahasa Ayapaneco, namun kemudian keluarganya meninggal dunia seiring usia yang makin menua. Sementara anak-anaknya tidak bisa berbahasa Ayapaneco. Setelah saudara dan istrinya meninggal dunia, praktis Velazquez tidak pernah lagi menggunakan bahasa Ayapaneco.

Di Meksiko, berdasarkan survai, tinggal dua orang di atas—Manuel Segovia dan Isidro Velazquez—yang diketahui menguasai bahasa Ayapaneco. Namun, karena perselisihan antartetangga, keduanya tidak sudi berbicara satu sama lain. Para tetangga di sana menyatakan Segovia “sedikit berduri”, sementara Velazquez “lebih tenang”. Apa pun penyebab perselisihan mereka, yang jelas kini tak ada lagi orang yang berkomunikasi menggunakan bahasa Ayapaneco, karena dua orang yang menguasainya justru tidak saling bicara.

Kenyataan aneh itu terungkap ketika Daniel Suslak, antropolog linguistik dari Indiana University, terlibat dalam proyek pembuatan kamus bahasa Ayapaneco. Ada sekitar 70 bahasa asli di Meksiko yang terbagi menjadi 364 variasi. Pengenalan pendidikan Spanyol di abad ke-20 tampaknya telah mempercepat kematian bahasa Ayapaneco.

Ketika diwawancarai, Manuel Segovia menyatakan, “Pada waktu aku masih kanak-kanak, semua orang menggunakan bahasa Ayapaneco. Namun kemudian menghilang sedikit demi sedikit. Sekarang, kurasa bahasa itu akan mati bersamaku.”

Fakta:
  1. Ada sekitar 41.806 bahasa yang digunakan di dunia saat ini.
  2. Bahasa Indonesia adalah bahasa dengan jumlah penutur terbanyak ke-7 di dunia, mengalahkan bahasa Prancis yang ada di urutan ke-10.
  3. Pada saat ini ada 45 negara yang mengajarkan bahasa Indonesia, di antaranya Australia, Amerika, Kanada, dan Vietnam.
  4. Di Australia, ada sekitar 500 sekolah yang mempelajari bahasa Indonesia. 
  5. Ada 18.840 kata kerja dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  6. Sedikitnya terdapat 365 macam bahasa digunakan di Indonesia.
  7. Bahasa Sunda digunakan sekitar 27 juta orang, dan merupakan bahasa dengan penutur terbanyak ke-2 di Indonesia, setelah bahasa Jawa.
  8. Wikipedia berbahasa Indonesia menduduki peringkat ke-26 dari 250 Wikipedia bahasa lainnya.
  9. Bahasa Indonesia adalah bahasa ketiga yang paling banyak digunakan di Wordpress (situs layanan blog di internet).

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.