Arti 1G, 2G, 2.5G, 3G, dan 3.5G

Arti 1G, 2G, 2.5G, 3G, dan 3.5G

BIBLIOTIKA - Di dunia ponsel, ada istilah-istilah tertentu yang mungkin sudah familier di telinga kita, namun belum kita pahami arti atau maknanya. Di antara istilah terkenal di dunia ponsel adalah 1G, 2G, 2.5G, 3G, dan 3.5G. Apa sebenarnya arti di balik angka-angka itu? Jika Anda termasuk yang bertanya-tanya seperti itu, uraian berikut ini dapat membantu.

1G

Istilah 1G digunakan untuk menyebut ponsel generasi pertama. Pada setiap channel di dalam teknologi 1G dipisahkan untuk frekuensi pengirim dan penerima yang bertujuan untuk mencegah interferensi antara satu dengan yang lain. Ada beberapa standar dari teknologi 1G, seperti AMPS, NMT, TACS, JTACS dan lain-lain. Namun di antara semuanya itu, yang paling populer adalah AMPS, yang kemudian berkembang menjadi CDMA untuk generasi kedua. Layanan pada generasi 1G hanya berupa suara.

Pada saat ini, ponsel generasi pertama mungkin sudah dianggap ketinggalan jaman karena buruknya sambungan percakapan, kurangnya keamanan dan kapasitas memori yang rendah atau minim. Mungkin sudah jarang sekali orang yang menggunakannya. Tetapi, meski begitu, ponsel generasi pertama yang disebut 1G ini memiliki jasa besar karena dari sinilah cikal bakal ponsel yang lebih canggih terus tumbuh—hingga di masa sekarang.

2G

Sebutan atau istilah 2G digunakan untuk menyebut ponsel generasi kedua. Jaringan ponsel 2G ini sering dikaitkan dengan GSM, dan ponsel jenis ini masih digunakan di berbagai belahan dunia. Lebih baik dibanding ponsel generasi pertama, 2G telah mampu menawarkan kualitas suara yang baik dengan bit rate tinggi, tingkat enkripsi yang berbeda dan pengiriman teks SMS, meski masih terbatas dalam soal komunikasi data.

Teknologi komunikasi jenis 2G ini sudah mulai memakai teknologi digital yang melakukan perubahan atau konversi dari suara menjadi informasi biner (1 dan 0) dan melakukan kompresi data. Kompresi ini berguna untuk dapat melayani panggilan tiga sampai sepuluh telepon digital seperti pada space ruang di dalam panggilan analog. 2G ini juga dianggap sebagai standar teknologi 3G yaitu GSM, CDMA dan TDMA. Sedangkan layanan pada generasi 2G sudah berupa suara dan data terbatas, seperti SMS dan akses internet.

2.5G

Dikenal juga dengan istilah Second Generation Enhanched, yaitu suatu standar yang berada di antara 2G dan 3G. 2G merupakan fitur utama dari teknologi GSM seperti GPRS, HSCSD dan EDGE, voice mail, faksimili, mengirim dan menerima email, serta juga akses situs internet. Sedangkan fitur untuk CDMA ada yang lebih lengkap lagi, yaitu dengan kemampuan video streaming untuk menonton televisi, download file-file video, serta juga tampilan video arus lalu-lintas secara real time.

Ponsel 2.5G adalah ponsel generasi transisi, antara teknologi 2G dan 3G. Ponsel jenis ini telah mampu menawarkan kapasitas transmisi data yang lebih besar, sehingga meningkatkan layanan data seperti GPRS. GPRS memungkinkan penyedia layanan jaringan atau operator untuk menarik biaya berdasarkan jumlah data yang dikirim dan bukan dari lamanya waktu koneksi.

3G

Disebut juga sebagai third generation, ini merupakan teknologi yang menambah kemampuan di dalam layanan akses ke situs web, video interaktif, dengan kualitas suara yang jernih, hingga teknologi kamera video yang diintegrasikan ke dalam ponsel. Jenis-jenis teknologi 3G diantaranya; W-CDMA (UMTS), CDMA2000 1x-ev, TDS-CDMA dan TD-CDMA.

Ini dianggap sebagai salah satu pencapaian puncak di dunia ponsel. 3G adalah sebutan untuk ponsel generasi ketiga. Jaringan 3G pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 2001, dan sejak saat itu secara bertahap menyebar ke seluruh dunia. Ponsel generasi ketiga ini mampu menerima data pada tingkat yang jauh lebih tinggi dibanding teknologi sebelumnya.

3G juga mendukung aplikasi yang cukup menyita dalam penggunaan bandwidth, seperti video conference, akes internet dengan kecepatan tinggi, mendownload MP3 dengan cepat, juga streaming audio dengan kualitas prima.

3,5G

Di atas 3G, ini adalah teknologi seluler yang memberikan tambahan kemampuan teknologi di dalam kecepatan akses data. Di GSM, jenis teknologi ini bernama HSDPA yang menawarkan akses data berkecepatan tinggi hingga 14,4 mbps atau 5 mhz, dan HSUPA yang mampu melakukan transfer data berkecepatan hingga 5,8 mbps. Sedangkan di CDMA bernama Ev-Do, yang menawarkan kecepatan hingga 3,1 mbps atau 1,25 mhz.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.