Tips Menghadirkan Ruang Kerja di Rumah

Ruang Kerja di Rumah

BIBLIOTIKA - Terkadang, karena tuntutan pekerjaan, ada banyak orang yang membutuhkan suatu ruang kerja di rumah agar dapat mengerjakan tugas-tugas atau pekerjaannya meski tidak berada di kantor. Menghadirkan ruang kerja di rumah, kadang tak semua orang bisa mewujudkannya.

Padahal, untuk membuat ruang kerja di rumah tak selalu memerlukan ruang khusus. Jika Anda mau membuat rencana yang relatif cermat, ruang kerja yang fungsional tetap bisa Anda hadirkan, meski dengan ruang yang tak seberapa luas.

Sebagai alternatif, Anda bisa saja memanfaatkan salah satu sudut ruangan di rumah Anda. Misalnya, sudut di ruang keluarga atau di ruang makan. Namun gagasan ini menuntut disiplin yang tinggi dari Anda. Sebab, karena ruangan itu juga digunakan untuk fungsi lainnya, maka setiap kali Anda usai menggunakan sudut untuk bekerja, maka Anda hatus mau membereskan semua perlengkapan kerja itu, sehingga ruangan kembali ke fungsi asalnya.

Kecuali sudut ruang, Anda juga bisa menggunakan celah, misalnya ruang di bawah tangga. Yang pasti, apapun pilihan tempatnya, ruang kerja atau area kerja itu harus dirancang ringkas dan menggunakan seminimal mungkin perabot.

Untuk itu, maka Anda harus memanfaatkan ruang kosong pada dinding sudut untuk meletakkan lemari dinding yang dirancang khusus dan bisa maksimal penggunaannya. Kemudian meja diletakkan di bawah rak dengan laci penyimpan atau laci keyboard (jika Anda menggunakan komputer) yang bisa disimpan ke bawah meja ketika Anda sedang tidak menggunakan komputer.

Jika Anda ingin membuat ruang kerja itu memiliki batas yang lebih tegas, Anda bisa saja menggunakan rak buku sebagai pembatas semu. Dengan begitu, Anda tetap bisa memiliki ruang kerja meski bukan dalam bentuk kamar kerja.

Bila Anda sepakat dengan pilihan ini, ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda ikuti untuk membuat ruang kerja di sudut rumah.

Gunakalah komputer jinjing (laptop) dari pada Anda menggunakan PC. Laptop relatif memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada PC, meski secara fisik ia lebih kecil. Bentuknya yang mungil itu memungkinkan meja kerja Anda tak tersita hanya untuk tempat komputer.

Selain itu, bila selesai, Anda bisa melipat atau menyimpannya di dalam laci. Ringkas dan bersih, daripada Anda meletakkan PC yang tentunya sulit dipindahkan ketika Anda memerlukan kerja untuk menulis.

Tempatkan saluran telepon di dekat meja kerja. Ini akan memudahkan bila Anda akan menggunakan internet atau memasang mesin faks.

Jika Anda menggunakan komputer desktop (PC), tempatkan keyboard pada laci yang bisa disimpan ke bawah meja, bila komputer selesai digunakan. Lebih bagus lagi jika Anda menggunakan monitor yang datar (yang kini sudah banyak dijual di pasaran) untuk komputer Anda. Dengan begitu, meja kerja tak banyak tersita hanya untuk menempatkan komputer.

Gunakan lampu yang kecil tapi berdaya besar, misalnya lampu halogen, untuk menerangi meja kerja. Lampu ini hanya dihidupkan pada saat Anda menggunakan meja kerja saja.

Upayakan untuk menyimpan seluruh berkas kerja Anda dengan menggunakan laci. Dengan begitu, meja kerja akan terlihat bersih setiap kali habis digunakan karena semua berkas disimpan dalam laci yang selalu tertutup.

Menyiasati ruang kerja yang sempit

Ruang kerja Anda terasa sempit? Tidak usah berkecil hati. Ada kiat untuk menciptakan ruang kerja yang praktis meskipun ruangan kerja Anda tidak terlalu besar. Simak saja beberapa tips berikut:
  1. Belilah komputer laptop daripada desktop. Laptop sama baiknya dengan desktop, dan menghemat tempat pada meja kerja Anda. Laptop juga dapat dipindahkan dengan mudah jika Anda menginginkan tempat untuk tumpukan arsip pada meja kerja Anda.
  2. Pasanglah penyangga telepon pada dinding ruang kerja, sehingga telepon dapat dipasang di dinding.
  3. Jika Anda mempunyai komputer desktop, tempatkan keyboard pada laci meja yang bisa ditarik.
  4. Gunakan lampu halogen kecil untuk penerangan saat Anda bekerja.
  5. Jika ada lemari kabinet kecil tergantung di dinding di atas meja kerja Anda, maka lampu bisa dipasang di bawah lemari untuk menerangi meja kerja Anda.
  6. Gunakan lemari kabinet dorong yang dapat diletakkan dekat jangkauan sehingga memudahkan Anda jika memerlukan data setiap saat.
  7. Letakkan printer atau mesin fax di bagian lain ruang Anda. Jika diperlukan, pasang kabel listrik untuk alat tersebut sehingga bisa tersambung ke ruang kerja Anda.
  8. Gantung papan buletin di dinding untuk mencatat pesan penting, kartu bisnis atau kartu telepon yang mudah Anda lihat.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.