Syarat dan Prosedur Mendapat Beasiswa

Prosedur Mendapat Beasiswa

BIBLIOTIKA - Seiring dengan makin tingginya tingkat inflasi, biaya pendidikan pun mau tak mau ikut naik dan hal itu tentunya memberatkan cukup banyak orang, khususnya bagi warga masyarakat yang kurang mampu. Padahal, pendidikan (entah pendidikan sekolah ataupun pendidikan perguruan tinggi) sangat diharapkan dapat membantu perkembangan seseorang, sehingga nantinya dapat mengembangkan hidupnya secara lebih baik.

Karena pentingnya fungsi belajar dan pendidikan, sampai-sampai pemerintah pun menggalakkan wajib belajar sembilan tahun bagi setiap anak Indonesia, juga memberikan bantuan BOS atau Biaya Operasional Sekolah. Tetapi hal itu pun tidak bisa dikatakan seratus persen telah menjamin semua pihak yang membutuhkannya telah terpenuhi kebutuhannya.

Bagi kalangan mahasiswa, misalnya, mereka banyak yang harus terpaksa memutuskan pendidikannya karena tidak adanya biaya untuk melanjutkan pendidikan dan karena tidak adanya pihak yang dapat membantu dalam hal finansial. Selain itu juga masih banyak pihak lain yang terpaksa tidak bisa meneruskan pendidikan selepas SMA karena alasan yang sama, yakni tidak adanya biaya.

Di dalam kenyataan semacam itulah, peran beasiswa sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat. Beasiswa adalah suatu program bantuan dalam bentuk finansial atau materi dalam hal pembiayaan pendidikan. Dengan memperoleh beasiswa, maka orang-orang yang tidak dapat melanjutkan pendidikannya karena ketiadaan biaya dapat terbantu karena program bantuan beasiswa memang ditujukan untuk membantu siapapun yang ingin meneruskan atau melanjutkan pendidikan namun terbentur oleh masalah biaya.

Lalu bagaimana cara memperoleh beasiswa dan bagaimana prosedurnya? Berikut ini uraian yang perlu Anda tahu seputar beasiswa.

Masa berlaku beasiswa

Berapa lamakah masa berlakunya bantuan beasiswa? Hal ini akan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing pihak yang memberikan bantuan beasiswa.

Ada yang memberikan bantuan beasiswa sampai si penerimanya menyelesaikan pendidikannya, namun ada pula yang hanya sampai setengah dalam masa pendidikan.  Sekali lagi, hal ini akan bergantung pada kebijakan yang diputuskan oleh pihak si pemberi bantuan beasiswa.

Tentang pemberi bantuan beasiswa

Siapa sajakah yang biasanya memberikan bantuan beasiswa? Ada banyak pihak yang saat ini telah ikut membantu memberikan bantuan dalam bentuk beasiswa. Pihak-pihak itu bisa berupa perorangan, yayasan, lembaga organisasi tertentu, perusahaan BUMN, atau bahkan perusahaan-perusahaan swasta.

Selain itu, sekolah-sekolah dan juga kampus-kampus banyak pula yang mengulurkan bantuan beasiswa, biasanya ditujukan untuk siswa atau para mahasiswa yang memiliki suatu prestasi tertentu, atau yang memang kurang mampu dalam memenuhi biaya pendidikannya.

Yang diperoleh dari beasiswa

Apa saja yang diperoleh atau didapatkan dari beasiswa? Tentu saja yang paling utama adalah bantuan berupa biaya untuk melanjutkan atau meneruskan pendidikan, baik di sekolah atau di kampus. Dalam bidang materi, yang diperoleh dari bantuan beasiswa adalah membantu si penerimanya untuk melanjutkan atau meneruskan pendidikannya tanpa harus terlalu dipusingkan dengan masalah biaya.

Selain itu, di dalam bidang non materi, penerimaan beasiswa akan dapat membantu seseorang merasa lebih bangga terhadap dirinya, khususnya kalau bantuan beasiswa itu diberikan karena adanya prestasi tertentu.

Syarat-syarat penerimaan beasiswa


Apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk dapat memperoleh bantuan beasiswa? Ada cukup banyak persyaratannya, dan biasanya bervariasi tergantung pada kebijakan atau peraturan yang ditetapkan oleh pihak si pemberi bantuan beasiswa, juga tergantung pada jenjang pendidikan apa yang ingin dimintakan bantuan beasiswa.

Ada lembaga pemberi bantuan beasiswa yang mempersyaratkan nilai pendidikan atau prestasi seseorang (minimal harus mencapai nilai tertentu), ada yang mensyaratkan tingat ekonomi keluarga (harus benar-benar dari keluarga kurang mampu), ada pula yang mempersyaratkan tingkat atau jenjang pendidikan tertentu (misalnya hanya mau membiayai tingkat pendidikan SMA dan sederajat) dan lain-lain.

Karena bervariasinya masing-masing persyaratan yang diberlakukan oleh masing-masing lembaga pemberi bantuan beasiswa ini, maka satu-satunya jalan untuk dapat mengetahui secara lebih jelas dan lebih lengkap adalah dengan menghubungi masing-masing lembaga tersebut untuk mendapatkan informasi secara lebih lanjut.

Prosedur mendapatkan beasiswa

Secara umum, bantuan beasiswa dapat diperoleh dengan cara mengajukan diri kepada pihak yang memberikan bantuan beasiswa. Setelah Anda mengetahui persyaratan yang diminta oleh calon pemberi beasiswa, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah mengajukan diri Anda kepada pihak atau lembaga tersebut dengan memenuhi semua persyaratan yang diminta.

Biasanya Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran atau formulir permohonan, lalu menyerahkan dokumen atau berkas-berkas yang menjadi persyaratan, semisal surat keterangan tidak mampu yang disahkan oleh kelurahan, surat keterangan berprestasi yang dilegalisir oleh pihak sekolah, dan lain-lain.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.