Spesies-spesies Serangga Terbesar di Dunia

titan beetle

BIBLIOTIKA - Serangga (insecta) adalah kelompok utama dari hewan beruas (Arthropoda) yang bertungkai enam (tiga pasang), karena itulah mereka disebut pula Hexapoda (dari bahasa Yunani yang berarti “berkaki enam”).

Serangga merupakan hewan beruas dengan tingkat adaptasi yang sangat tinggi. Rata-rata serangga yang kita lihat memiliki ukuran kecil, namun ada beberapa spesies serangga yang ukurannya berkali-kali lipat dari yang biasa kita saksikan. Berikut ini adalah spesies-spesies serangga yang dianggap terbesar di dunia.

Titan beetle

Hutan hujan Amazon adalah rumah bagi banyak kumbang besar, salah satunya adalah kumbang titan (Titanus giganteus), yang merupakan serangga terbesar. Serangga ini dapat tumbuh hingga lebih dari dua kaki panjangnya.

Mereka memiliki rahang yang dapat mematahkan pensil, dan dilaporkan dapat merobek daging manusia. Seperti umumnya kumbang lain, kumbang titan juga dapat memancarkan suara mendesis keras ketika terancam.

Giant stick insects

Masih di hutan Amazon, Giant stick insects adalah serangga besar lain, dengan ukuran panjang mencapai 2 kaki. Meski berukuran raksasa, serangga ini mampu menyembunyikan diri dari pemangsa di antara cabang, ranting, dan dedaunan.

Beberapa spesies serangga ini dapat menghasilkan zat semprot berbau menyengat, namun kebanyakan tidak berbahaya bagi manusia, dan serangga ini sering disimpan sebagai hewan peliharaan.

Giant weta

Serangga ini dapat mencapai panjang sekitar 4 inci (tidak termasuk kaki dan antena), dengan berat lebih dari 70 gram (sekitar 2,5 ons) atau setara dengan bobot seekor burung gereja. Serangga yang terdapat di Selandia Baru ini adalah serangga besar yang memiliki kekerabatan dengan jangkrik.

Goliath beetle

Berdasarkan ukuran berat dan besarnya, kumbang goliath termasuk serangga terbesar. Pada tahap larvanya saja, bobot mereka bisa mencapai 100 gram (3,5 ons). Panjang kumbang jantan dapat tumbuh hingga lebih dari 4 inci. Meski vegetarian di alam bebas, namun kumbang asal Afrika ini juga sering memakan makanan anjing dan makanan kucing.

Atlas moth

Serangga yang dapat ditemukan di kepulauan Melayu ini memiliki ukuran sebesar burung. Sebegitu besarnya, hingga kepompongnya kadang-kadang digunakan sebagai dompet di Taiwan. Luas total sayap serangga ini dapat mencapai 60 inci persegi, dan lebarnya sekitar 1 kaki. Bahkan ulatnya saja bisa lebih dari 1 inci tebalnya.

Tarantula hawk

Tawon besar ini sangat ganas, dan biasa berburu serta memangsa laba-laba. Mereka memiliki kait pada kaki yang mereka gunakan untuk mendapatkan mangsa, juga memiliki penyengat yang panjangnya sepertiga inci, dan merupakan sengat paling menyakitkan di dunia. Sebagian besar serangga ini jinak, kecuali kalau diganggu.

Giant burrowing cockroach

Disebut pula kecoa badak, serangga ini merupakan kecoa terberat di dunia, dan sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Ditemukan di Australia, serangga ini dapat hidup selama 10 tahun, dan dapat tumbuh hingga lebih dari 3 inci panjangnya.

Queen Alexandra’s birdwing

Merupakan kupu-kupu terbesar di dunia, Queen Alexandra’s birdwing dapat memiliki sayap yang lebarnya mencapai 1 kaki. Dapat ditemukan di daerah terpencil di Papua Nugini, dan sekarang hewan lembut ini telah terancam punah.

Giant water bug

Disebut juga kutu buaya, karena sangat besar, dan panjangnya bisa mencapai 2 kaki. Di kolam dan sungai tempat mereka tinggal, serangga ini merupakan predator berbahaya karena memiliki gigitan yang menyakitkan. Meski demikian, di Thailand mereka dianggap sebagai makanan yang baik, dan sering dipanen serta dikumpulkan dengan menggunakan lampu khusus penarik serangga.

Acteon beetle

Acteon beetle adalah spesies lain dari kumbang raksasa di hutan hujan Amazon, Amerika Selatan. Kumbang ini dapat mencapai lebih 5 inci panjangnya, dan dapat tumbuh hingga setebal 1,6 inci. Selain itu, serangga ini juga memiliki cangkang yang sangat kuat.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.