Spesies-spesies Semut yang Aneh dan Unik

Honeypot myrmecocystus

BIBLIOTIKA - Semut adalah serangga yang berasal dari keluarga Formisidae. Bersama lebah dan tawon, semut termasuk dalam ordo Himenoptera. Semut terbagi atas lebih dari 12.000 kelompok, dengan perbandingan jumlah yang besar di kawasan tropis.

Hewan kecil ini dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang terkadang terdiri dari ribuan semut per koloni. Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Satu koloni semut dapat menguasai dan memakai sebuah daerah luas untuk mendukung kegiatan mereka. Koloni semut juga kadang disebut superorganisme, dikarenakan koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Di antara banyak spesies semut, berikut ini adalah spesies-spesies yang paling jarang diketahui, beserta keunikan mereka.

Honeypot myrmecocystus

Spesies ini hidup di padang pasir Amerika Utara. Di waktu-waktu tertentu, khususnya musim kering, makanan sukar diperoleh karena langka. Menyiasati hal itu, Honeypot myrmecocystus menggunakan tubuh mereka sebagai wadah atau lumbung makanan, tempat mereka menyimpan cairan sebagai cadangan jika makanan langka. Karena itu, semut ini pun sering tampak bertubuh bengkak.

Harpegnathos saltator

Disebut semut pelompat India, semut ini memang tinggal di India, dan memiliki kemampuan melompat—sesuatu yang tidak dimiliki spesies semut lain. Harpegnathos saltator juga merupakan semut pertama yang memiliki genom sequencing.

Podomyrma

Semut ini bermukim di Australia Selatan, dan mengembangkan hubungan unik dengan ulat lycaenid yang juga ada di Australia Selatan. Semut podomyrma suka mendekati ulat lycaenid, karena ulat tersebut mengeluarkan zat-zat yang menarik bagi semut. Sebagai timbal balik, semut podomyrma akan memberikan perlindungan dari parasit kepada ulat lycaenid.

Malagasi

Semut ini merupakan penghuni hutan hujan Amazon, dan biasa ditemukan di sampah-sampah daun. Semut ini dianggap aneh dan misterius, karena pola hidupnya yang dapat dibilang berbeda dengan semut lainnya, sehingga disebut Mystrium spesies. Malagasi adalah semut predator. Bersama koloninya, semut ini dapat menyerang hewan-hewan yang jauh lebih besar.

Cecropia

Cecropia (Azteca alfaroi) adalah semut penjaga pohon. Sekali mereka mendiami sebuah pohon, mereka akan menjaga wilayah kekuasaannya tersebut, dan sangat waspada terhadap penyusup. Bekerja bersama-sama, mereka akan mengepung dan melumpuhkan lawan-lawan mereka dengan cara mengurung dan menjepitnya hingga lemas.

Thaumatomyrmex

Thaumatomyrmex adalah semut Amerika tropis yang dianggap aneh sekaligus langka di dunia. Semut ini merupakan predator khusus hewan kaki seribu. Dengan rahang panjang yang dimilikinya, semut ini dapat menangkap dan melumpuhkan mangsa, meski si mangsa memiliki ukuran yang berkali lipat dari dirinya.

Paratrechina longicornis

Semut ini hidup di Panama, dan menjalin hubungan saling menguntungkan dengan pohon-pohonan di sana. Semut pekerja ini suka memakan nektar dari daun, dan banyak tanaman di sana yang menarik semut dengan nektarnya. Sebagai imbal balik, semut Paratrechina longicornis akan membantu menghilangkan hama pada tanaman tersebut.

Dinoponera

Semut ini hidup di Amerika Selatan. Spesies dinoponera dapat tumbuh hingga mencapai panjang 1 inci, sehingga dianggap sebagai semut terbesar di dunia. Tubuh semut ini hitam kemerahan, dan biasa memangsa semut-semut yang lebih kecil.

Pogonomyrmex rugosus

Spesies ini memiliki kebiasaan yang aneh sekaligus langka. Semut-semut dari sarang yang berdekatan biasanya suka mengadakan “perang-perangan”. Mereka akan terlihat saling berperang, saling mendorong, tetapi tidak ada yang benar-benar melukai satu sama lain. Diperkirakan, koloni semut itu menggunakan perang bohong-bohongan tersebut untuk menjalin hubungan, sekaligus menetapkan batas wilayah tanpa kehilangan kehidupan.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.