Pengertian dan Macam-macam Beasiswa

Macam-macam Beasiswa

BIBLIOTIKA - Pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting di dalam hidup setiap orang, karena melalui pendidikan itulah seseorang akan dapat semakin berkembang di dalam kehidupannya. Dengan pendidikan yang baik, maka orang diharapkan akan dapat menjalani dan melayani hidup secara lebih baik pula.

Memang tidak selamanya bahwa seseorang yang bergelar atau bertitel tinggi pastilah lebih pintar atau lebih cerdas dibanding orang yang tidak memiliki gelar atau titel. Tingginya tingkat pendidikan formal juga tidak menjamin seseorang akan lebih sukses dibanding orang lain yang tidak mengenyam pendidikan formal.

Tetapi melalui pendidikan yang baik, maka seseorang akan lebih terbantu dalam hal mengembangkan wawasannya, memperdalam pengetahuannya, serta lebih jauh mengetahui minat serta potensi-potensi yang dimilikinya.

Bagaimana pun juga, pendidikan formal akan memberikan sesuatu yang positif bagi perkembangan seseorang. Karena itulah kemudian pemerintah pun memberlakukan wajib belajar bagi setiap anak Indonesia, dengan harapan agar anak-anak itu dapat memperoleh pendidikan yang baik secara semestinya.

Yang masih menjadi kendala atau masalah dalam hal pendidikan ini adalah mahalnya biayanya. Ada cukup banyak orang yang masih mengeluhkan biaya pendidikan yang mahal dan tak terjangkau, ada pula sekian banyak anak yang terpaksa tidak bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi karena tidak adanya biaya yang mencukupi. Masalah biaya pendidikan sepertinya merupakan masalah yang tidak sedikit dihadapi orang kebanyakan.

Karena menyadari bahwa banyak orang yang merasa kesulitan memenuhi biaya pendidikan itu pulalah yang kemudian mendorong beberapa pihak untuk mengulurkan tangan, memberikan bantuannya. Beberapa pihak memilih untuk menolong secara pribadi, sementara beberapa pihak lain menyalurkan bantuannya melalui yayasan-yayasan atau lembaga yang memang secara khusus menangani urusan dan bantuan dalam bidang pendidikan.

Di Indonesia sendiri ada cukup banyak yayasan yang membantu memberikan bantuan beasiswa kepada orang-orang yang memang membutuhkannya. Keberadaan yayasan-yayasan pemberi bantuan beasiswa ini sebenarnya sudah ada semenjak lama, tetapi sepertinya keberadaannya kurang diketahui oleh masyarakat kebanyakan.

Akibatnya, banyak orang yang sebenarnya dapat memperoleh bantuan beasiswa dari yayasan atau lembaga tersebut, tetapi tak memperolehnya karena kurangnya informasi yang didapatkannya.

Pada saat sekarang ini, ketika era teknologi telah menyentuh segala hal dalam kehidupan, yayasan atau lembaga-lembaga yang memberikan bantuan beasiswa itu pun mulai memperkenalkan dirinya melalui internet. Dengan media internet ini, maka diharapkan masyarakat akan lebih mudah dalam mengakses informasi mengenai yayasan atau lembaga itu, dengan harapan pula masyarakat akan lebih mudah dalam memanfaatkannya.

Pengertian Beasiswa

Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan beasiswa itu? Secara definitif, kita dapat menyebut beasiswa sebagai bantuan yang diberikan oleh suatu pihak tertentu kepada perorangan yang ditujukan atau digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Pihak pemberi bantuan beasiswa itu bisa peroangan, bisa pula sebuah lembaga organisasi atau yayasan.

Macam-macam Beasiswa


Ada beberapa macam bentuk dan jenis beasiswa yang selama ini dijalankan atau diberikan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Beasiswa yang diberikan secara penuh atau seratus persen. Untuk jenis beasiswa ini, maka orang yang menerimanya tidak perlu memikirkan hal lain selain hanya belajar dan mengurusi pendidikannya, karena seluruh biaya akan ditanggung oleh si pemberi beasiswa. Beasiswa semacam ini meliputi biaya pendidikan, biaya makan sehari-hari, uang saku, bahkan biaya kost dan biaya-biaya lain yang berhubungan dengan praktek pendidikan yang dijalani.

Beasiswa yang diberikan untuk meringankan. Untuk jenis beasiswa ini, pihak yang menerima beasiswa masih harus mengeluarkan biaya untuk pendidikannya, hanya saja akan mendapatkan keringanan yang disesuaikan dengan kebijakan si pemberi beasiswa.

Bisa saja si pemberi beasiswa hanya memberikan bantuannya sebanyak separuh dari seluruh jumlah biaya pendidikan, atau enam puluh persen, atau lain-lain semacamnya. Pendeknya, untuk beasiswa jenis ini, si penerima hanya mendapatkan semacam keringanan dalam hal biaya pendidikan.

Beasiswa yang diberikan secara berkala atau rutin. Untuk jenis beasiswa ini, pihak pemberi beasiswa akan memberikan bantuannya secara berkala atau tidak secara sekaligus kepada si penerima beasiswa.

Beasiswa dalam bentuk ini biasanya akan diberikan satu bulan sekali, tiga bulan sekali, atau bisa pula satu semester atau enam bulan sekali, yang jumlahnya bisa saja bervariasi. Beasiswa yang diberikan secara berkala ini pun bisa saja mencakup semua kebutuhan pendidikan, namun bisa pula hanya pada urusan pendidikan semata-mata (tidak mencakup biaya kebutuhan sehari-hari).

Beasiswa insidental. Yang dimaksud dengan beasiswa yang diberikan secara insidental ini adalah beasiswa yang diberikan sewaktu-waktu atau tidak secara rutin. Pihak-pihak yang memberikan beasiswa jenis ini biasanya adalah perusahaan-perusahaan tertentu yang sengaja mengadakan suatu acara tertentu, misalnya lomba, dan kemudian memberikan hadiah dalam bentuk beasiswa kepada pemenangnya.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.