Panduan Sebelum Mencari Pekerjaan (2)

persiapan mencari kerja

BIBLIOTIKA - Di artikel sebelumnya (Panduan Sebelum Mencari Pekerjaan 1), kita telah mempelajari hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum mulai mencari pekerjaan, yaitu mengenali potensi yang dimiliki, mengetahui apa yang diinginkan, tidak takut gagal, selalu berpikir positif, dan selalu percaya diri. Artikel ini melanjutkan langkah-langkah tersebut, dan berikut ini uraiannya.

Bertindaklah, dan jangan menunda-nunda

Salah satu cara untuk gagal adalah tidak bertindak, dan selalu menunda-nunda keputusan untuk bertindak. Sukses tidak menunggu. Ia datang kepada orang yang berani dan percaya diri untuk bertindak melakukan sesuatu yang ia yakini sebagai jalan yang harus ditempuh.

Kadang orang menunggu ‘waktu yang tepat’ untuk bertindak, atau ‘tempat yang tepat’, tetapi sekali lagi, sukses tidak pernah menunggu. Karenanya, jika segalanya telah diperhitungkan dan dipertimbangkan secara matang, bertindaklah sekarang juga!

Lakukan apapun yang ingin kita lakukan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Berkomitmenlah untuk selalu bertindak. Jangan menunda-nunda, mulai sekarang. Satu-satunya cara untuk sukses adalah jika kita bertindak…sekarang. Ketika suatu hari kita menemukan pemberitahuan suatu lowongan kerja yang tepat, segera bertindak! Buatlah surat lamaran, siapakan resume, kemudian kirimkan lamaran itu, tidak usah menunggu!

Bayangkan pekerjaan yang diinginkan

Segalanya berawal dari pikiran. Orang-orang yang sukses dalam bidang apapun selalu membayangkannya dan mengimpikannya di dalam pikiran mereka terlebih dahulu sebelum kemudian mewujudkannya di dalam realitas kehidupannya.

Ketika menginginkan sesuatu, suatu pekerjaan tertentu, bayangkanlah itu dalam pikiran, terus bayangkan, dan yakini bahwa itu akan terwujud menjadi kenyataan.

Dunia yang kita tinggali ini memberlakukan hukum tarik-menarik seperti medan magnet, dan pikiran kitalah magnetnya. Jika kita memikirkan sesuatu, maka sesuatu itu pun akan tertarik ke dalam hidup kita. Jika kita memikirkan suatu pekerjaan tertentu, maka pekerjaan itu pun akan tertarik kepada kita.

Bayangkan pekerjaan yang kita inginkan. Katakan pada diri sendiri seberapa ingin kita memiliki dan mendapatkan pekerjaan itu dan apakah kita senang melakukan pekerjaan itu. Yakinilah bahwa impian kita akan menjadi kenyataan. Bayangkan sukses dalam pikiran kita sebaik mungkin hingga seperti benar-benar nyata.

Gigih dan jangan menyerah

Lampu pijar yang sekarang kita nikmati hari ini adalah hasil kreasi dari seorang ilmuwan bernama Thomas Alfa Edison. Ketika berusaha menciptakan lampu pijar ini, Edison harus mengalami ribuan kegagalan untuk akhirnya berhasil menemukan sumbu yang paling tepat hingga dapat menyalakan lampu pijar yang diciptakannya.

Apa artinya itu? Artinya sedemikian jelas, bahwa segala sesuatu yang bersifat kesuksesan dan keberhasilan membutuhkan kegigihan yang tak kenal kata menyerah. Semua pekerjaan, semua prestasi, semua kesuksesan, semuanya itu akan menjadi sesuatu yang dapat kita banggakan jika kita mau gigih untuk terus memperbaikinya.

Gigihlah untuk melakukan yang lebih baik. Apapun pekerjaan bernilai adalah melakukan pekerjaan bernilai itu lagi, dan lagi, dan lagi. Jangan berhenti dari target yang telah kita tetapkan. Cobalah terus dan kita akan sampai pada kesuksesan. Tak ada seorang pun yang berhasil pada saat pertama kali ia melakukan. Semuanya melalui kegagalan demi kegagalan. Karenanya, coba terus dan terus dan jangan berhenti hingga kita mendapat yang apa yang kita inginkan.

Beranilah untuk membayarnya

Di dalam dunia keberhasilan, ada pepatah yang menyatakan, ‘tidak ada makan siang gratis’. Artinya, segala bentuk keberhasilan dan kesuksesan hidup memang menuntut siapapun yang menginginkannya untuk berani membayar harganya. Tentu saja harganya adalah perjuangan, kerja keras, kegigihan, pembelajaran dan semangat untuk terus mencoba hingga berhasil.

Tak ada makan siang gratis. Jika kita menginginkan sesuatu, kita harus membayarnya. Segalanya memang mungkin terasa sukar ketika kita berusaha untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, tapi itu akan menjadi sangat bernilai ketika kita berhasil melewati kesukarannya dan sampai pada titik suksesnya. Pepatah bijak menyatakan, “Hal terbaik dalam hidup adalah sesuatu yang sulit”.

Jangan ragu untuk belajar pada orang lain

Sebagaimana yang kita tahu, di dunia ini tidak ada apapun yang dapat dilakukan seorang diri. Segalanya membutuhkan bantuan dan uluran tangan orang lain untuk melakukannya, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Karenanya, jangan ragu untuk melibatkan orang lain dalam upaya untuk menuju ke puncak kesuksesan.

Jangankan dalam hal-hal yang berskala besar, bahkan dalam hal-hal yang tergolong kecil pun kita seringkali terbantu oleh orang lain. Mendapatkan informasi lowongan kerja, misalnya, tidak jarang kita mendapatkannya dari orang lain, entah kawan atau sahabat, atau saudara dan rekanan.

Selalulah untuk meyakini bahwa orang akan membantu kita untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Selamanya tidak akan mudah jika melakukannya sendirian. Orang lain dapat mengajari kita dan membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik, orang lain dapat memberitahu kita apa yang menjadi kekurangan-kekurangan kita selama ini, orang lain dapat membantu menunjukkan jalan yang paling tepat untuk kita lalui.

Dengarkan orang lain... kita akan belajar banyak dari mereka.

Percayailah, dan itu akan terwujud

Seperti yang telah disinggung di atas, dunia ini hanya memberikan apa yang kita yakini, apa yang terbesar di dalam pikiran kita, karena dunia ini memberlakukan hukum daya tarik-menarik. Apa yang ada dalam pikiran kita, itulah yang akan tertarik. Dunia akan membayar sebanyak yang kita inginkan, asalkan kita tahu bagaimana cara memintanya dan apakah kita yakin ketika memintanya.

Ketika kita menuntut lebih banyak, kita akan mendapatkan lebih banyak. Pengharapan kita dari orang lain dan diri sendiri akan menjadi kenyataan jika kita berharap itu akan menjadi kenyataan. Apa yang kita harapkan untuk menjadi kenyataan, itu akan terwujud, jika kita meyakininya. Jika kita berusaha keras, kita akan mulai melihat hasilnya.

Minta dan percayailah, dan kita akan menerimanya.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.