Panduan Sebelum Memutuskan Membeli Rumah

membeli rumah

BIBLIOTIKA - Memiliki rumah sendiri menjadi idaman bagi setiap orang. Tapi untuk mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginan hati, tentunya gampang-gampang susah.

Saat memutuskan membeli rumah, biasanya suasana hati menjadi begitu riang sekaligus diliputi kecemasan. Maklum, rumah akan menjadi tempat yang setiap hari dihuni oleh keluarga Anda. Karena itu, pertimbangkan dengan baik berbagai kemungkinan dan peluang yang bisa didapatkan. Bersikap cermat, perhatikan tipe yang sesuai dengan kemampuan, dan bila perlu mintalah nasihat dari ahli di bidang perumahan.

Pertimbangan pertama yang harus ditanamkan adalah rumah tersebut bisa menjamin keamanan finansial dalam jangka panjang.

Mungkin saja saat melihat sebuah rumah, Anda sudah merasa cocok sehingga akhirnya melupakan beberapa pertanyaan penting yang perlu diajukan. Padahal, beberapa patokan daftar pertanyaan yang harus diajukan dan dicari jawabannya bisa menjadi jaminan masa depan finansial keluarga Anda. Karena itu, meski sudah kadung cinta pada rumah tersebut, tetaplah berkepala dingin.

Tanyakan dan amati, apakah rumah itu dekat dengan pertokoan dan sarana transportasi? Bagaimana kemungkinan perjalanan Anda ke kantor di kemudian hari? Apakah jalan masuk di tempat itu cukup baik? Apakah ruangan yang tersedia cukup besar untuk keluarga Anda? Bagaimana penerangan alami yang dimiliki?

Lihat juga, apakah ada gangguan kebisingan yang mungkin pada saat tertentu tidak bisa ditolelir. Untuk mengetahui hal ini, kunjungi rumah tersebut pada saat yang berlainan.

Lihat pula bagaimana keamanan di kawasan tersebut. Kemudian, bagaimana dengan dapurnya, apakah berfungsi cukup baik? Bagaimana pula dengan aliran air? Perlukah perbaikan rumah secara berkala, dan bagaimana dengan sambungan listrik serta telepon yang ada?

Setiap agen rumah (khususnya real estate) biasanya akan mengatakan kepada Anda soal tiga hal penting dalam investasi properti, yaitu lokasi, lokasi dan lokasi. Ingatlah, meski mungkin perlu keluar banyak uang banyak untuk lokasi rumah, namun nantinya Anda akan menikmati keuntungan dari lokasi yang bagus itu.

Karena itu, cari tahulah bagaimana prospek lokasi rumah yang dibeli, agar kelak tetap memiliki daya tarik bila kelak dijual kembali, hingga bisa mendapatkan harga yang tinggi.

Soal bagaimana mendapatkan sumber keuangan untuk membeli rumah juga perlu mendapat perhatian. Periksa selalu setiap perjanjian pinjaman, pembayaran ekstra, asuransi, dan biaya lainnya, jika memutuskan untuk meminjam uang dari bank atau institusi lainnya. Hal ini perlu agar Anda bisa menentukan pinjaman lewat pilihan yang paling ekonomis.

Jika telah membeli, maka jangan lupa untuk tetap melakukan perawatan properti untuk menjaga nilai investasinya.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.