Panduan Menghitung Anggaran Bulanan

Anggaran Bulanan

BIBLIOTIKA - Memang mudah menemukan orang yang tak berdisiplin dengan anggaran bulanannya, karena lebih sedikit orang yang benar-benar memperhatikan serta mencermati anggaran bulanannya dengan baik. Menabung, sebagai contoh gampang, ada lebih banyak orang yang tidak melakukannya dibanding yang melakukannya.

Padahal, dengan perencanaan anggaran bulanan yang baik, orang dapat hidup secara lebih baik pula. Dengan adanya perencanaan, kita dapat melihat seberapa besar yang kita butuhkan untuk kebutuhan sehari-hari dalam sebulan, berapa yang dapat kita sisihkan, berapa yang dapat kita simpan sebagai dana cadangan, juga berapa yang dapat kita tabungkan.

Dengan pemikiran seperti itu, hidup akan menjadi terasa lebih aman, karena setidaknya kita telah mempersiapkan sesuatu (dana) ketika hal-hal yang tak terbayangkan muncul dalam hidup kita. Sebaliknya, tanpa adanya perencanaan dan persiapan, orang pun kemudian cenderung lari pada hutang ketika kebutuhan akan uang muncul secara mendesak dan tidak ada dana cadangan untuk itu.

Untuk mengetahui jumlah pendapatan perbulan memang lebih mudah dibanding untuk dapat mengetahui berapa jumlah pengeluaran perbulan kita. Namun, untuk mengetahui hal tersebut kita bisa melakukan beberapa cara untuk memudahkan penghitungannya. Langkah-langkah berikut ini akan cukup membantu:

Pertama, kumpulkanlah semua rekening pembayaran yang terjadi dalam satu bulan sebelumnya, mulai dari rekening listrik, rekening telepon, rekening air, telepon seluler, kartu kredit dan rekening-rekening lainnya yang ada, plus dengan tanda pembayaran tunai yang telah kita lakukan terhadap barang-barang tertentu yang juga menjadi kebutuhan kita dalam sebulan, misalnya kartu pembelian pulsa prabayar ponsel kita dan nota-nota belanja yang telah kita lakukan.

Dengan adanya rekening tagihan dan nota pembayaran tersebut, kita akan bisa menghitung berapa total sesungguhnya jumlah pengeluaran yang harus kita lakukan dalam setiap bulannya.

Kedua, kumpulkanlah penghasilan yang diperoleh dalam satu bulan ke dalam suatu rekening yang dikhususkan untuk itu. Kemudian buatlah rekening khusus lainnya, baik untuk tabungan, untuk keadaan darurat, dan rekening investasi.

Rekening penghasilan berfungsi sebagai semacam tempat penampungan, rekening tabungan berfungsi sebagai simpanan, rekening keadaan darurat berfungsi sebagai dana cadangan ketika hal-hal mendesak yang membutuhkan dana terjadi, dan rekening investasi berfungsi sebagai tabungan yang ditujukan untuk jangka panjang, seperti tujuan pembelian mobil, renovasi rumah dan lain-lain semacamnya. Untuk menjaga keamanan dari rekening-rekening khusus, sebaiknya tidak menggunakan kartu ATM agar tidak gatal untuk mengambilnya sewaktu-waktu.

Ketiga, masukkan semua kebutuhan yang ada dalam satu bulan ke dalam tanggungan pembayaran dari rekening penghasilan atau rekening penampungan, sementara sisanya disebarkan ke rekening-rekening lainnya. Dengan begitu, secara tidak sadar kita akan melihat bahwa jumlah uang yang ada dalam rekening penghasilan memang minim, sehingga kita tidak tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak kita butuhkan.

Keempat, anggaran belanja dalam setiap bulan memang tidak terjamin memiliki jumlah yang tetap atau sama dalam besarnya, karena kadang-kadang ada kenaikan atau penurunan pada hal-hal tertentu seperti tagihan listrik, tagihan telepon atau yang lainnya. Karenaya, untuk mengantisipasi kalau-kalau ada kenaikan, alokasikan sejumlah dana untuk tujuan itu, namun tidak perlu terlalu besar. Sesuaikan saja dengan tingkat penghasilan yang ada.

Apapun yang terjadi di dalam hidup, kita selalu bisa menghadapinya sekaligus juga mengelolanya, kalau kita mau belajar bijak untuk itu. Seringkali, hidup ini tidak bergantung sepenuhnya pada berapa banyak penghasilan kita, namun lebih pada bagaimana kita mengelola penghasilan kita dalam menjalani hidup.

Bagaimana kita memandang hidup, itu tidak tergantung pada bagaimana kita mengelola penghasilan bulanan kita. Namun bagaimana kita mengelola penghasilan bulanan kita, itu tergantung pada bagaimana kita memandang hidup.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.